home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sampo Kuda Ampuh Memanjangkan Rambut, Mitos atau Fakta?

Sampo Kuda Ampuh Memanjangkan Rambut, Mitos atau Fakta?

Siapa sangka sampo yang semula ditujukan untuk kuda malah jadi salah satu produk yang digunakan untuk merawat rambut manusia. Sampo kuda digadang-gadang efektif untuk memanjangkan dan menebalkan rambut. Benarkah hal tersebut?

Kandungan sampo kuda

sampo antiketombe untuk jenggot ketombean

Hampir semua produk sampo yang ada di pasaran mengandung air sekitar 80 – 90 persen. Kandungan 10 – 20 persen sisanya adalah senyawa kimia. Hal ini juga berlaku pada komposisi sampo kuda.

Di bawah ini adalah daftar bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam sampo untuk hewan yang beredar di pasaran.

Keratin

Keratin adalah protein alami yang ada di rambut, kuku, dan gigi. Protein alami ini bertuga menjaga kesehatan rambut manusia. Sayangnya, seiring bertambahnya usia dan rambut yang terpapar zat kimia, jumlah keratin ikut berkurang.

Itulah sebabnya, kandungan keratin yang ada pada sampo kuda bantu menumbuhkan rambut. Bahkan, keratin juga menghasilkan rambut yang lebih lembut dan mudah diatur.

Minyak nabati

Selain keratin, kandungan lainnya yang ada di dalam sampo kuda adalah minyak nabati. Minyak nabati terdiri dari minyak biji bunga matahari, minyak zaitun untuk rambut, dan minyak alpukat yang bertugas untuk menghaluskan rambut.

Selain itu, kandungan minyak nabati dalam sampo ini juga membantu mempertahankan kelembapan kutikula. Hasilnya, rambut Anda pun lebih berkilau dengan bantuan minyak nabati.

Panthenol

Panthenol adalah senyawa kimia yang terbuat dari asam pantotenat atau vitamin B-5. Vitamin ini dibuat secara organik dan dapat berasal dari tumbuhan serta hewan. Banyak produk kosmetik, termasuk perawatan rambut, yang menggunakan panthenol sebagai zat aditif.

Kandungan panthenol dalam sampo kuda dipercaya dapat melembapkan dan menjaga rambut agar tidak mudah lepek dan kering. Tidak hanya itu, penelitian dari British Journal of Dermatology menunjukkan bahwa senyawa ini bantu menyembunyikan tampilan rambut yang menipis.

https://wp.hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/perawatan-rambut/keramas-yang-benar/

Pyrithione zinc

Pyrithione zinc adalah bahan aktif bersifat antibakteri, antimikroba, dan antijamur, sehingga sering digunakan dalam produk perawatan rambut, termasuk sampo.

Sampo dengan kandungan ini biasanya digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit kepala, seperti ketombe, psoriasis, hingga dermatitis seboroik. Oleh sebab itu, pengguna sampo ini percaya bahwa sampo ini dapat bantu mengobati masalah ketombe.

Benzalkonium klorida

Tidak hanya pyrithione zinc, benzalkonium klorida di sampo juga bersifat antimikroba. Maka dari itu, kandungan aktif ini digunakan unutk membantu melawan jamur atau ragi penyebab dermatitis seboroik.

Klaim khasiat sampo kuda untuk rambut

mitos keramas dan sampo

Kandungan aktif dalam sampo kuda tersebut lantas membuat banyak orang yang percaya bahwa khasiatnya dapat membuat rambut sehat dan kuat. Awalnya, testimoni datang dari para peternak kuda yang merawat rambut kuda mereka dengan pembersih khusus untuk bulu badan dan surai kuda.

Seiring waktu, beberapa orang iseng menggunakan sampo kuda ini pada rambutnya demi mendapatkan hasil yang sama. Alhasil, sampo yang semula untuk hewan ini ternyata menghasilkan khasiat sama. Itu sebabnya, sampo kuda kini laris manis di pasaran.

Manfaat sampo kuda yang diklaim dapat merawat kesehatan rambut manusia adalah:

  • bantu menumbuhkan rambut,
  • bantu memperbaiki rambut yang bercabang,
  • cegah kerusakan rambut lebih lanjut,
  • bantu membuat rambut lebih lembut dan berkilau,
  • bantu melindungi warna rambut, serta
  • bantu mencegah rambut lepek.

Benarkah klaim manfaat tersebut?

Sampo kuda yang beredar di pasaran memang dipercaya dapat memanjangkan rambut. Ketika rambut kekurangan asam amino sebagai bahan untuk memanjangkan rambut, Anda akan mendapatkan manfaat tersebut dari kandungan minyak nabati di dalam si sampo.

Selain itu, sampo ini juga dapat membantu memperbaiki rambut bercabang. Akan tetapi, Anda perlu rajin memotong ujung rambut setiap 6 – 8 minggu sekali untuk mendapatkan hasil ini.

Meski begitu, belum ada penelitian yang cukup kuat untuk membuktikan manfaat sampo ini. Sejauh ini hanya ada laporan terbatas tentang efek penggunaan sampo untuk hewan tersebut dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Oleh sebab itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan responden yang lebih banyak untuk mengetahui manfaat dan efek samping dari sampo ini.

https://wp.hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/perawatan-rambut/tips-mengatasi-rambut-kering/

Efek samping sampo kuda

Meski memiliki bahan aktif yang sama dengan sampo biasa, senyawa kimia dalam sampo hewan ini tentu berisiko menimbulkan berbagai efek samping, yaitu sebagai berikut.

  • Rambut jadi mudah kering.
  • Warna rambut akan cepat memudar pada rambut yang diwarnai.
  • Rambut mengembang tidak karuan, terutama pemilik rambut keriting.
  • Rambut rusak akibat terlalu banyak terpapar keratin dalam sampo.
  • Kulit kepala gatal dan muncul ruam karena kandungan benzalkonium klorida.

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Schwartz J. R. (2016). Zinc Pyrithione: A Topical Antimicrobial With Complex Pharmaceutics. Journal of drugs in dermatology : JDD, 15(2), 140–144. Retrieved 21 October 2020. 

The original mane n tail daily control anti dandruff – pyrithione zinc. (2020). DailyMed. Retrieved 21 October 2020, from https://dailymed.nlm.nih.gov/dailymed/drugInfo.cfm?setid=eb6695eb-5144-4237-8920-947a5a2bac87 

Davis, M., Thomas, J., van de Velde, S., Boissy, Y., Dawson, T., Iveson, R., & Sutton, K. (2011). A novel cosmetic approach to treat thinning hair. British Journal Of Dermatology, 165, 24-30. https://doi.org/10.1111/j.1365-2133.2011.10633.x. Retrieved 21 October 2020. 

Mane ‘n Tail & Body The Original Shampoo (2014 Formulation). (2014). EWG’s Skin Deep. Retrieved 21 October 2020, from https://www.ewg.org/skindeep/products/463494-Mane_n_Tail__Body_The_Original_Shampoo_2014_formulation/ 

Gavazzoni Dias M. F. (2015). Hair cosmetics: an overview. International journal of trichology, 7(1), 2–15. https://doi.org/10.4103/0974-7753.153450. Retrieved 21 October 2020

Chiriac, A., Mares, M., Podoleanu, C., Moldovan, C., & Stolnicu, S. (2016). Horse Shampoo for Human Hair?. Journal Of Interdisciplinary Medicine, 1(3), 305-306. https://doi.org/10.1515/jim-2016-0062. Retrieved 21 October 2020.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 25/11/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x