home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Tak Terduga dari Mengunyah Permen Karet

5 Manfaat Tak Terduga dari Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet ternyata tidak hanya membantu Anda membersihkan gigi dan membuat napas menjadi lebih segar. Masih ada banyak manfaat tak terduga yang akan Anda peroleh dari mengunyah permen karet, baik bagi kesehatan mulut, tubuh, hingga pikiran.

Keuntungan mengunyah permen karet

Beberapa jenis permen karet mengandung bahan yang bermanfaat bagi kesehatan gigi. Selain itu, gerakan mulut saat mengunyah juga akan memberikan efek tidak langsung bagi kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengunyah permen karet:

1. Mencegah gigi berlubang

Mengunyah permen karet dapat memicu produksi air liur. Air liur akan membersihkan sisa makanan pada celah gigi, menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri, serta membawa antibodi untuk melawan kuman penyebab gigi berlubang.

Anda dapat memperoleh manfaat tersebut dengan mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setiap hari. Anda juga bisa memilih permen karet dengan pemanis buatan yang aman bagi gigi seperti aspartam, xylitol, sorbitol, atau mannitol.

2. Mencegah bau mulut

Masalah bau mulut bersumber dari gigi berlubang dan membusuk, kotoran pada mulut, serta zat buangan yang dihasilkan dari pencernaan bakteri. Kombinasi ketiganya menghasilkan senyawa kimia yang menimbulkan bau tidak sedap.

Manfaat lain yang tak terduga dari makan permen karet adalah mencegah bau mulut. Produksi liur yang meningkat saat mengunyah permen karet akan menjaga mulut dan gigi bersih dari bakteri sehingga Anda terhindar dari bau mulut.

3. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menemukan bahwa makan permen karet selama beraktivitas dapat meningkatkan berbagai fungsi otak. Fungsi tersebut antara lain kewaspadaan, ingatan, pemahaman, hingga kemampuan mengambil keputusan.

Hubungan antara manfaat mengunyah permen karet dan fungsi otak belum dipahami secara pasti. Namun, para pakar meyakini bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju otak. Jika aliran darah memadai, otak bisa bekerja secara optimal.

4. Mengurangi stres dan rasa cemas

Mengunyah permen karet dapat meredakan stres dan cemas dengan cara mengurangi hormon kortisol yang menjadi pemicunya. Selain itu, mengunyah juga memberikan efek menenangkan dan secara alamiah mengurangi rasa cemas berlebihan.

Beberapa orang mungkin melakukan kebiasaan tertentu seperti menggigit kuku atau gemetar saat stres dan cemas. Manfaat lain dari mengunyah permen karet adalah menjadi pengganti dari kebiasaan-kebiasaan ini sehingga Anda menjadi lebih rileks.

5. Mencegah naiknya asam lambung (refluks asam lambung)

Refluks asam lambung terjadi ketika asam lambung naik menuju kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi pada saluran tersebut. Gejala utamanya adalah perih pada perut bagian atas serta rasa asam pada mulut.

Saat makan permen karet, produksi liur akan meningkat. Bertambahnya produksi liur dapat mengubah pH liur menjadi basa dan membuat Anda lebih sering menelan. Hasilnya, asam lambung menjadi netral jika asam tersebut naik ke kerongkongan sehingga iritasi pada kerongkongan ikut berkurang.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari mengunyah permen karet. Namun, pastikan Anda memilih permen karet tanpa gula dan tidak mengunyahnya secara berlebihan.

Terlalu sering makan permen karet bisa memperparah clicking, atau munculnya suara ‘klik’ saat menggerakkan rahang. Jika Anda memiliki masalah pada rahang, batasi kebiasaan mengunyah permen karet guna menghindari efek samping ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chewing Gum to Prevent Cavities. https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/c/chewing-gum Diakses pada 12 Agustus 2019.

Surprising Benefits of Chewing Gum. https://selecthealth.org/News%20and%20Articles/2017/04/surprising-benefits-of-chewing-gum/ Diakses pada 12 Agustus 2019.

Chewing Gum: Good or Bad? https://www.healthline.com/nutrition/chewing-gum-good-or-bad#section1 Diakses pada 12 Agustus 2019.

9 Surprising Benefits of Chewing Gum. https://www.rd.com/health/wellness/benefits-of-chewing-gum/ Diakses pada 12 Agustus 2019.

Mouth Health: Is Chewing Gum, Good Or Bad ? https://www.huffpost.com/entry/mouth-health-is-chewing-g_b_561067 Diakses pada 12 Agustus 2019.

Hirano, Y. and Onozuka, M. (2015). Chewing and Attention: A Positive Effect on Sustained Attention. BioMed Research International, 2015, pp.1-6.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari
Tanggal diperbarui 10/09/2019
x