home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tangan Anda Terlihat Tua? 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Tangan Anda Terlihat Tua? 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan biasanya akan mulai bermunculan satu per satu. Sama seperti wajah, kulit di bagian tangan pun tak luput dari penuaan. Bila demikian, Anda tentu jadi kurang percaya diri saat bercengkerama bersama teman sepermainan. Mau tak mau Anda harus rela menyembunyikan tangan agar tak terlihat orang lain. Memangnya, apa saja yang bisa menyebabkan kulit tangan terlihat tua? Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai penyebab kulit tangan terlihat lebih tua dari biasanya

Anda mungkin berpikir jika kulit tangan akan mengalami penuaan kalau sudah memasuki usia dewasa. Jangan salah, hal ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan yang kurang cocok atau kurangnya perawatan kulit, lho.

Selain itu, ada penyebab lain yang membuat kulit tangan Anda terlihat lebih tua, di antaranya:

1. Bintik noda pada kulit (age spot)

cara mengatasi flek hitam

Ketika Anda menemukan adanya flek hitam atau bintik noda pada kulit, Anda mungkin merasa bahwa Anda sudah memasuki masa penuaan. Namun nyatanya, munculnya bintik noda pada kulit tangan tidak ada hubungannya dengan usia.

Seorang spesialis kulit klinis dari New York Hospital Cornell Medical Center, dr. Eileen Lambroza mengungkapkan pada Prevention bahwa hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Itulah sebabnya, bintik noda pada kulit juga bisa terjadi pada orang usia muda. Jadi, ini bukanlah pertanda bahwa Anda sudah menua, ya.

Untuk mengatasinya, pastikan untuk selalu memakai tabir surya setiap keluar rumah dan sarung tangan setiap mengendarai motor atau sepeda. Hal ini dapat mengurangi risiko bintik noda di kulit tangan.

2. Kulit tipis dan kendur

Salah satu penyebab kulit tangan terlihat menua bisa jadi karena Anda memiliki kulit tipis dan kendur. Biasanya, kulit yang cenderung tipis akan lebih mudah terlihat berkerut, tidak kenyal, dan tampak seperti kertas krep.

Kulit kendur dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari secara berlebihan. Pasalnya, sinar matahari dapat memecah kolagen yang membuat kulit tetap kenyal dan kencang.

Menurut dr. Deborah Sarnoff, seorang profesor klinis dermatologi asal New York University, hal ini dapat diatasi dengan penggunaan krim retinoid. Fungsinya adalah untuk memperbaiki tekstur kulit dan memicu pertumbuhan kolagen, yaitu suatu bahan yang bisa membuat kulit terlihat lebih kenyal.

3. Vena menonjol

kesehatan lansia

Coba perhatikan punggung tangan Anda, apakah terdapat tonjolan-tonjolan pembuluh vena di sana? Jika ya, inilah penyebab tangan Anda terlihat lebih tua.

Pembuluh vena yang terlalu besar dapat menyembunyikan lemak-lemak yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit. Biasanya, dokter akan melakukan perawatan laser untuk membantu mengurangi tonjolan pembuluh darah. Lama-lama, tonjolan pembuluh darah tersebut akan menipis sehingga tangan Anda terlihat lebih awet muda.

4. Kulit bersisik

Kulit bersisik umumnya ditandai dengan kulit kasar dan terkadang menimbulkan gatal. Hati-hati, masalah kulit yang satu ini bisa menjadi penyebab tangan Anda mengalami penuaan lebih cepat dari biasanya.

Bagi Anda yang mengalaminya, segera kunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan saran yang tepat. Biasanya, dokter akan menyarankan Anda memakai scrub lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan sisik-sisik pada kulit tangan.

5. Kuku berwarna kuning atau cokelat

diabetes penyebab kuku kuning

Kuku adalah salah satu bagian penting yang perlu diperhatiakn perawatannya. Tanpa disadari, kondisi kuku Anda bisa menjadi penentu tua atau tidaknya tangan Anda, lho!

Pasalnya, kuku yang tampak kekuningan atau kecokelatan membuat kulit Anda ikut terseret dan tampak tua. Bila kuku kuning tersebut terus berlanjut, maka bisa jadi ini disebabkan oleh infeksi jamur.

Namun, jika nyatanya bukan karena infeksi jamur, kuku kuning kemungkinan disebabkan oleh efek samping obat psoriasis atau cat kuku berwarna gelap. Alhasil, kuku Anda tampak lebih cokelat dan tidak lagi bening bersinar.

Gosokkan irisan lemon pada kuku selama 15 sampai 20 menit untuk menghilangkan sisa-sisa noda di kuku. Bila tak kunjung hilang, segera konsultasikan pada spesialis kulit.

6. Kuku rapuh

ganti kuku, apa penyebabnya

Kuku rapuh dan rentan patah dapat disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya pengaruh bahan kimia, cuaca, bahkan genetik (keturunan). Tanpa Anda sadari, kondisi kuku yang gampang patah dan rapuh bisa membuat tangan Anda tampak lebih tua.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology, suplemen vitamin B dosis 2,5 mg dapat membantu meningkatkan kekuatan kuku dan mengurangi kerapuhan selama 6-9 bulan. Selain itu, perhatikan kesehatan kuku Anda dengan perawatan rutin supaya tetap terlihat cantik.

7. Cara manikur yang salah

cara manicure di rumah

Perawatan kuku yang tidak benar juga bisa menjadi penyebab tangan Anda terlihat tua dari biasanya. Misalnya saja, alat-alat yang digunakan tidak steril dan kotor, cat kuku atau kutek yang mengandung bahan kimia berbahaya, dan sebagainya.

Ketimbang merogoh kocek dalam-dalam untuk manikur di salon, ada baiknya Anda coba untuk manicure sendiri di rumah yang lebih praktis dan ekonomis. Dengan demikian, Anda juga bisa memastikan bahwa alat-alat yang digunakan steril dan produk kecantikannya aman dipakai.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

7 Reasons Your Hands Look Old – And How to Fix Them. https://www.prevention.com/beauty/a20473036/anti-aging-tips-for-hands/. Accessed 31/5/2018.

What Can Make My Hands Look Younger? https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/anti-aging-skin-care/younger-looking-hands. Accessed 31/5/2018.

4 Reasons Your Hands Look Older Than They Are – And What You Can Do About It. https://www.prevention.com/beauty/a20468151/anti-aging-hand-solutions/. Accessed 31/5/2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 22/04/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus