backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Selain untuk Tubuh, Benarkah Teh Hijau Bisa Menghilangkan Jerawat?

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 28/02/2024

Selain untuk Tubuh, Benarkah Teh Hijau Bisa Menghilangkan Jerawat?

Teh hijau atau green tea memang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan karena kandungan antioksidan tinggi, terutama katekin. Namun, selain untuk kesehatan, benarkah teh hijau juga efektif menghilangkan jerawat?

Benarkah teh hijau efektif untuk jerawat?

Selain untuk kesehatan tubuh, teh hijau efektif untuk menyembuhkan kulit berjerawat. Hal ini karena kandungan polifenol di dalamnya yang disebut katekin.

Katekin yang terkandung dalam teh hijau bersifat antioksidan yang mampu mengatasi jerawat

Berikut cara kerja green tea dalam meredakan jerawat yang diketahui beberapa penelitian.

1. Melawan peradangan dan bakteri

Katekin di dalam teh hijau membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan dan merusak sel-sel kulit. 

Pasalnya, peradangan kulit sering kali menjadi penyebab jerawat.

Selain itu, green tea kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), polifenol yang bersifat antimikroba. 

EGCG dapat menghambat berbagai aktivitas bakteri, termasuk Propionibacterium acnes, yang merupakan bakteri penyebab jerawat.

2. Menurunkan hormon androgen

Green tea juga bersifat antiandrogenik atau menurunkan hormon androgen dalam tubuh secara alami. Pasalnya, kadar androgen yang tinggi merangsang kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih banyak sebum. 

Hal inilah yang dapat menyumbat pori-pori, meningkatkan pertumbuhan bakteri, dan menimbulkan jerawat hormonal.

Salah satu penelitian dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine melakukan penelitian efek teh hijau terhadap jerawat. Penelitian ini dilakukan pada 80 wanita yang mengalami jerawat dengan tingkat keparahan sedang hingga parah. 

Hasilnya, 64 dari 80 wanita yang mengonsumsi suplemen ekstrak teh hijau tanpa kafein diketahui memiliki lebih sedikit jerawat di T-Zone, yaitu di sekitar hidung, mulut, dan dagu.

3. Mempercepat penyembuhan jerawat

Penelitian lain dalam jurnal Phytotherapy research juga mengatakan bahwa teh hijau bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan jerawat. 

Hasil penelitian membandingkan teh hijau secara topikal dan oral. Hasilnya, teh hijau yang digunakan secara topikal efektif mengurangi jumlah jerawat, dan mempercepat penyembuhan.

Penggunaan teh hijau secara oral masih efektif untuk kulit jerawatan, tetapi efeknya tidak sekuat saat dioleskan.

Sayangnya, penelitian tersebut juga mengatakan efek penyembuhan jerawat berdampak berbeda-beda pada setiap orang.

Manfaat teh hijau untuk jerawat memang sudah banyak yang meneliti. Akan tetapi, jangan menggantungkan pengobatan jerawat Anda hanya pada teh hijau saja. 

Pasalnya, bukti bahwa kemanjuran ekstrak teh hijau untuk kulit berjerawat masih harus ditinjau lebih jauh lagi. 

Yang harus dipahami, cara merawat kulit berjerawat adalah dengan menghindari segala macam hal yang dapat pemicu jerawat. 

Jadi, bisa disimpulkan green tea baik untuk kulit berjerawat karena sifat antioksidan, antiradang, antimikroba, antiandrogenik, dan EGCG yang efektif mengurangi produksi sebum pada kulit sehingga mengurangi jerawat.

Apakah teh hijau bisa menghilangkan beruntusan?

Selain jerawat, teh hijau bisa menghilangkan beruntusan pada kulit karena kandungan katekin di dalamnya. Namun, efeknya mungkin berbeda-beda pada setiap orang, tergantung tipe kulit yang dimiliki.

Cara menggunakan teh hijau untuk kulit berjerawat

manfaat masker teh hijau

Cara penggunaan teh hijau untuk kulit berjerawat bisa dengan oral atau topikal. Berikut beberapa caranya.

  • Masker teh hijau. Cara penggunaan ini bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya cukup basahi teh hijau kering dengan air hangat kemudian tempelkan pada kulit yang berjerawat, biarkan selama 10 menit.
  • Minuman green tea. Untuk menikmati manfaat ini, bisa juga dilakukan dengan cara meminum segala hal yang mengandung teh hijau.
  • Face mist teh hijau. Cara ini cukup dengan melarutkan teh hijau dengan air, kemudian air hasil ekstraksi dimasukkan ke botol spray untuk dijadikan face mist.
  • Produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau. Manfaat ini bisa diperoleh dengan menggunakan berbagai produk perawatan kulit, seperti sheet mask, serum, pelembap, dan toner yang mengandung green tea.
  • Suplemen green tea. Manfaat green tea juga bisa dinikmati dengan cara mengonsumsi suplemen. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui dosis dan efek sampingnya.

Nah, jadi sekarang Anda sudah mengetahui bahwa teh hijau mampu mengatasi kulit berjerawat. 

Namun, harus diingat untuk menggunakan teh hijau dengan cara yang tepat, konsisten, dan dosisnya sesuai untuk kondisi tubuh Anda.

Hal ini agar manfaat green tea yang dirasakan maksimal sehingga jerawat pun segera hilang dari kulit Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 28/02/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan