home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Manfaat Unik Baking Soda untuk Kecantikan

6 Manfaat Unik Baking Soda untuk Kecantikan

Tidak hanya sebagai pengembang kue, baking soda ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan dan membuat penampilan diri lebih baik lagi. Lalu apa saja manfaat baking soda untuk kecantikan?

Ragam manfaat baking soda untuk kecantikan

Baking soda memiliki tingkat keasaman (pH) 9. Angka tersebut menunjukkan bahwa bahan ini termasuk ke dalam golongan basa. Dengan ciri-ciri tersebut, baking soda memiliki khasiat untuk beberapa tujuan kecantikan di bawah ini.

1. Baking soda mampu mengangkat kulit mati

Setelah melakukan aktivitas fisik di luar ruangan, permukaan kulit Anda pasti dipenuhi dengan kotoran. Ditambah lagi dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk, membuat kulit semakin kusam.

Namun, Anda tidak perlu membeli berbagai jenis lulur untuk menghilangkannya, sebab baking soda ternyata dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat permukaan kulit Anda kusam selama ini.

Tidak percaya? Cobalah untuk membuat adonan lulur dari baking soda, yaitu dengan mencampurkan 3 sendok baking soda dengan satu sendok air. Scrubbing dengan adonan ini bisa diandalkan untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersih.

2. Mencegah rambut cepat lepek

Tak perlu sedih jika Anda memiliki rambut mudah lepek, sebab salah satu manfaat baking soda yakni mencegah rambut cepat lepek. Baking soda yang bersifat basa ini, mampu untuk mengendalikan produksi minyak pada akar rambut.

Bila ingin mencoba, Anda bisa campurkan dua sendok teh baking soda dengan sampo Anda dan kemudian buktikan sendiri bagaimana efeknya bagi rambut Anda.

3. Menghaluskan bagian tumit dan telapak kaki

Bila tumit atau telapak kaki Anda terasa selalu kasar, Anda tidak perlu membeli salep atau obat khusus untuk membuatnya halus.

Anda hanya perlu menggunakan campuran baking soda dengan air. menghaluskan permukaan kulit memang menjadi salah satu manfaat dari baking soda selain sebagai pengembang kue.

4. Bisa dijadikan untuk bahan membuat deodoran sendiri

Manfaat baking soda untuk kecantikan lainnya yaitu dapat dijadikan bahan untuk deodoran. Baking soda bersifat asam yang dianggap dapat menghilangkan bau badan.

Tak hanya sampai di situ, menggunakan deodoran dari baking soda juga tidak akan menimbulkan bercak pada pakaian dan cocok digunakan untuk orang yang memiliki kulit yang sensitif.

5. Membuat kuku lebih mengkilap

Kuku adalah salah satu bagian yang juga sangat diperhatikan oleh wanita. Banyak wanita yang sengaja datang ke salon kecantikan hanya untuk manicure dan pedicure agar kuku terlihat indah.

Sekarang, tak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak hanya untuk mendapatkan kuku yang cantik dan mengkilap. Sebab, Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan baking soda.

Anda dapat mengoleskan campuran baking soda tersebut pada kuku Anda kemudian membilasnya dengan air hangat setelah beberapa saat kemudian.

6. Memutihkan gigi

Mungkin, manfaat baking soda yang satu ini sudah sering Anda dengar. Baking soda bisa membuat Anda lebih percaya diri lagi untuk tersenyum lebar, karena kemampuannya yang dapat memutihkan gigi secara alami.

Bila ingin mencoba memutihkan gigi dengan baking soda, Anda hanya perlu menaburkan sedikit butiran baking soda pada pasta gigi yang akan Anda gunakan. Kemudian sikat gigi seperti biasa dan berkumur-kumur dengan air bersih.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

EverydayHealth.com. (2017). 6 Unexpected Ways to Use Baking Soda. [online] Available at: http://www.everydayhealth.com/pictures/unexpected-ways-to-use-baking-soda/#07  [Accessed 15 May 2017].

Babies 411. (2017). Natural Beauty – Reducing Toxins in Your Cosmetics. [online] Available at: http://www.babies411.com/babies411/articles/natural-beauty-reducing-toxins-in-your-cosmetics.html [Accessed 15 May 2017]

Kasonde, M. (2014). Baking Soda Hair Treatment. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/133655-baking-soda-hair-treatment/  [Accessed 15 May 2017].

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui seminggu yang lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x