home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yuk, Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Bahan-Bahan Alami Ini!

Yuk, Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Bahan-Bahan Alami Ini!

Mengusung produk ramah lingkungan dan ramah untuk kulit, ini saatnya lakukan perawatan eksfoliasi dari bahan alami. Tidak harus menggunakan produk khusus ekfoliator, kulit bisa terjaga kesehatannya hanya dengan bahan-bahan alami.

Penasaran bagaimana cara eksfoliasi wajah secara natural, simak penjelasannya di bawah, yuk.

Eksfoliasi wajah dengan menggunakan bahan alami

Pasti Anda sudah tahu fungsi eksfoliasi sebagai cara untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga mendukung kulit yang sehat. Sel kulit mati yang dibiarkan membuat kulit jadi tampak kusam.

Kulit yang tampak cerah membuatmu kian percaya diri untuk tampil di depan publik. Dengan perawatan eksfoliasi, Anda akan mencapai tipe kulit tersebut.

Perawatan ini tidak harus selalu mahal. Bahan-bahan alami juga menawarkan fungsi yang efektif untuk mengangkat sel kulit yang mati sebagai eksfoliator. Berikut beberapa bahan alami untuk eksfoliasi wajah.

1. Madu mentah

Madu mentah mengandung komponen eksfoliasi alami yang mendukung kesehatan kulit. Bahan ini menghilangkan kulit yang kering dan kusam, serta memunculkan sel-sel kulit baru yang sehat.

Madu mentah juga mampu menyeimbangkan bakteri pada kulit untuk mengatasi jerawat. Selain itu, madu juga mampu mempercepat penyembuhan sel-sel kulit.

2. Lidah buaya

Lidah buaya juga dapat menjadi bahan alami eksfoliasi yang cocok untuk segala jenis kulit. Lidah buaya mudah diserap kulit dan membantu melembapkan kulit. Di samping itu, lidah buaya dapat mengatasi jerawat yang meradang.

Tanaman yang satu ini mengandung vitamin A dan C untuk menyehatkan kulit. Kandungan enzim di dalamnya juga membantu mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah dan membuatnya jadi lebih halus.

3. Tea tree oil

Ini juga menjadi pilihan bahan alami yang tepat untuk eksfoliasi wajah. Tea tree oil biasanya hadir dalam bentuk serum. Bahan yang satu ini punya sifat antiradang dan mengurangi pertumbuhan jerawat.

Tea tree oil, salah satu bahan kecantikan yang populer untuk mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan peradangan pada jerawat. Ia juga membantu menghaluskan kulit dan mengurangi bekas jerawat.

Membuat eksfoliator dari bahan alami

Bagi Anda yang suka produk kecantikan DIY (do it yourself), pasti mengasyikkan bisa membuat ramuan dari bahan alami untuk eksfoliasi wajah.

Biasanya untuk melakukan eksfoliasi wajah, Anda membutuhkan partikel kecil kasar seperti garam laut, gula, atau kopi. Namun, pilihan tersebut mungkin bukan yang terbaik karena bisa menimbulkan gesekan yang keras.

Madu, lidah buaya, dan tea tree oil bisa menjadi bahan alami utama sebagai cara eksfoliasi wajah di rumah. Ketiga bahan ini memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mendukung kesehatan kulit.

Siap untuk membuat eksfoliasi dari bahan alami yang lebih ramah untik kulit Anda? Kumpulkan bahan-bahan yang harus disiapkan di bawah ini.

  • 2 sdm baking soda
  • 2 sdt madu
  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 2 tetes tea tree oil

Cara membuat:

  • Kombinasikan semua bahan di dalam wadah kecil dan aduk rata
  • Sebelum mengaplikasikan campuran tersebut, cuci wajah dulu dengan sabun cuci muka
  • Ambil sedikit campuran dan dengan menggunakan ujung jari, terapkan gerakan melingkar secara lembut ke seluruh wajah
  • Pijat wajah secara lembut dengan gerakan melingkar. setidaknya 1-2 menit
  • Diamkan selama 2 menit
  • Bilas wajah hingga bersih dengan air suam-suam kuku
  • Aplikasikan minyak pelembap setelah membilas wajah

Anda bisa menerapkan cara ini di rumah secara praktis. Lalu, seberapa sering eksfoliasi wajah perlu dilakukan? Eksfoliasi alami bisa dilakukan satu sampai dua kali setiap minggu pada wajah Anda.

Jangan melakukan eksfoliasi berlebihan karena bisa menghilangkan minyak alami pada wajah. Ketika wajah kehilangan minyak alaminya, jerawat mungkin saja timbul dan menyebabkan kulit teriritasi. Selamat mencoba!

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Natural Exfoliants for Your Body, Face, Lips: Which Ones Work Best? (n.d.). Retrieved March 17, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/natural-exfoliant

Cronkleton, E. (2018, May 2). How Does Tea Tree Oil Help the Skin? Retrieved March 17, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/tea-tree-oil-for-skin

Aloe Vera for Face: 10 Benefits, Side Effects, and More. (n.d.). Retrieved March 17, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face

Honey for Face: Uses and Benefits. (n.d.). Retrieved March 17, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/honey-for-face

Removing dead skin from the face: 6 ways and what to avoid. (n.d.). Retrieved March 17, 2020, from www.medicalnewstoday.com website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/327394

Tea tree oil: Benefits and uses. (n.d.). Retrieved March 17, 2020, from www.medicalnewstoday.com website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/262944#benefits

Vitamin E for Face Benefits, Precautions, and Most Effective Uses. (n.d.). Retrieved March 17, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-face

How Often Should Actually You Exfoliate Your Face? (n.d.). Retrieved March 17, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-exfoliate-your-face

Sanchez, J. (2018, March 21). Using Aloe Vera has multiple benefits. Retrieved from Baylor College of Medicine website: https://www.bcm.edu/news/skin-and-hair/benefits-of-using-aloe-vera

Hammer, K. A. (2015). Treatment of acne with tea tree oil (melaleuca) products: A review of efficacy, tolerability and potential modes of action. International Journal of Antimicrobial Agents45(2), 106–110. https://doi.org/10.1016/j.ijantimicag.2014.10.011

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 25/02/2021
x