home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Plus Minus IPL Hair Removal untuk Hilangkan Bulu

Plus Minus IPL Hair Removal untuk Hilangkan Bulu

Siapa yang tidak mau kulit mulus, tidak berbintik hitam, bebas dari kerutan, serta tak dipenuhi bulu-bulu? Saat ini, telah banyak perawatan serta terapi kecantikan yang katanya bisa mewujudkan keinginan Anda tersebut. Salah satunya yaitu IPL hair removal.

IPL merupakan singkatan dari intense pulsed laser. Perawatan IPL dapat difungsikan untuk menghilangkan bulu. Perawatan ini difavoritkan banyak orang terutama wanita karena dipercaya bisa bikin kulit mulis. Seberapa ampuh perawatan ini?

IPL hair removal banyak digemari, tapi amankah?

Perawatan IPL memanfaatkan cahaya lampu xenon berintensitas tinggi untuk meremajakan jaringan kulit. Banyak orang yang terkecoh dan menganggap kalau IPL merupakan terapi yang sama seperti terapi laser. Padahal, keduanya berbeda.

Pada perawatan IPL untuk menghilangkan bulu (IPL hair removal), besar gelombang yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi kulit dan seberapa banyak area kulit yang akan diobati.

Menurut American Society for Dermatologic Surgery, perawatan IPL merupakan terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti:

Tak hanya itu, bahkan Food and Drugs Administration atau badan pengendali obat dan makanan AS (setara dengan Badan POM di Indonesia) telah menyetujui penggunaan IPL untuk menghilangkan bulu-bulu di tubuh.

Sampai di sini, terapi IPL masih cenderung terbukti aman dilakukan walaupun tetap harus dalam pengawasan dokter spesialis kulit.

Seberapa ampuh terapi IPL hair removal?

Meski masih sedikit penelitian ilmiah yang telah mengakui kemampuan IPL dalam mengatasi masalah pada kulit, beberapa di antaranya menyatakan bahwa perawatan ini cukup membantu obati gangguan yang muncul pada kulit Anda.

Penelitian skala kecil yang diterbitkan Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology membuktikan bahwa IPL hair removal mampu mencegah pertumbuhan bulu hingga 70 – 90% pada peserta penelitian yang terdiri dari 22 wanita.

Sementara pada penelitian lain, IPL digunakan untuk menghilangkan bercak kemerahan (ruam) pada permukaan kulit. Hasilnya, diketahui bahwa perawatan menggunakan metode ini cukup mampu membantu menghilangkannya.

Perawatan ini biasa dilakukan lebih dari sekali untuk mendapatkan hasil optimal. Masing-masing orang mungkin akan mendapatkan anjuran berbeda terkait frekuensi perawatan yang harus dilakukan.

Perbedaan anjuran tersebut disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan kulit yang dialami.

Apakah ada risiko dari IPL hair removal?

IPL hair removal memang relatif aman. Namun, sama seperti tindakan medis lainnya, prosedur ini tetap saja memiliki risiko dapat menimbulkan beberapa gejala yaitu:

  • rasa sakit saat melakukan perawatan,
  • timbul bengkak,
  • warna kulit jadi tidak merata,
  • luka,
  • infeksi, hingga
  • perdarahan.

Meski demikian, risiko-risiko tersebut jarang terjadi. Pasalnya, gelombang cahaya yang digunakan cukup aman untuk semua tipe kulit. Bila khawatir, Anda dapat berdiskusi dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang Anda percayai.

Pastikan juga, Anda melakukan perawatan untuk kulit ini di klinik kecantikan yang terbukti dan terpercaya alias klinik tersebut memiliki tenaga medis dan ahli yang bersertifikat di bidangnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Goldberg, D. J. (2012). Current Trends in Intense Pulsed Light. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 5(6), 45–53.

Gold, M. H., Foster, A., & Biron, J. A. (2010). Low-Energy Intense Pulsed Light for Hair Removal at Home. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 3(2), 48–53.

Gaede, S. (2017). Johns Hopkins Dermatology and Cosmetic Center at Green Spring Station: Intense Pulsed Light (IPL) Photorejuvenation. [online] Hopkinsmedicine.org. Available at: http://www.hopkinsmedicine.org/dermatology/specialty_areas/cosmetic/intense_pulsed_light.html  [Accessed 29 Sep. 2017].

WebMD. (2017). Beyond Lasers: Pulse-Light Therapy for That Fantasy Face. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/beauty/news/20000727/beyond-lasers-pulse-light-therapy-for-that-fantasy-face  [Accessed 29 Sep. 2017].

Asds.net. (2017). American Society for Dermatologic Surgery. [online] Available at: https://www.asds.net/Intense-Pulsed-Light-Therapy-for-Aging-Skin/  [Accessed 29 Sep. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 06/05/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus