Intip 7 Trik Supaya Tidak Iritasi Saat Mencukur Bulu Ketiak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 5 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bulu-bulu halus yang tumbuh di ketiak kita terkadang mengganggu penampilan. Keinginan untuk memakai baju tanpa lengan terhambat karena takut dipandang jelek oleh orang-orang yang melihatnya. Namun, menghilangkan bulu pada ketiak ternyata memiliki langkah tersendiri agar terhindar dari iritasi. Bagaimana ya cara kita mencukur bulu ketiak agar kulitnya tidak terkena iritasi.

Cara mencukur bulu ketiak yang baik dan benar

Sebenarnya, metode yang paling jitu untuk menghilangkan bulu pada ketiak Anda adalah waxing. Namun, cara tersebut terkadang membutuhkan waktu dan uang yang lebih banyak ketimbang mencukurnya sendiri. Oleh karena itu, mari kita simak bagaimana cara mencukur bulu ketiak yang benar agar terhindar dari iritasi kulit.

1. Memilih pisau cukur yang benar

Pertama-tama, Anda tentunya membutuhkan alat cukur untuk mencukur, bukan? Akan tetapi, jangan asal pilih. Pemilihan pisau cukur yang cocok dengan kulit dan ketiak Anda bisa memberikan dampak yang lebih positif. Belilah alat cukur yang tajam, tetapi bukan untuk sekali pakai.

Biasanya, pisau cukur sekali pakai hanya memiliki 1-2 lapisan pisau dan tidak menyediakan gel. Hal tersebut dapat membuat Anda menekan ketiak hingga kulit bisa terkelupas. Tentu saja, jika Anda ingin membeli alat cukur elektrik pun diperbolehkan.

2. Menjadwalkan kapan akan bercukur

mandi dengan shower atau berendam

Apabila Anda bercukur dalam keadaan terburu-buru, hal tersebut mampu menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, para pakar dermatologi menganjurkan untuk mencukur bulu ketiak pada malam hari.

Pada malam hari, kulit Anda akan mengalami proses penyembuhan luka yang mungkin ditimbulkan oleh pisau cukur Anda. Jika Anda memaksakan diri untuk mencukur sebelum bepergian, kemungkinan besar ketiak akan gatal dan membuat Anda tidak nyaman akibat bercampur dengan keringat.

Usahakan untuk mencukur sebelum menyelesaikan kegiatan mandi Anda. Cara ini bisa membuat kulit Anda terhidrasi dengan baik.

3. Eksfoliasi terlebih dahulu

Sebelum mencukur bulu ketiak dengan pisau cukur, upayakan untuk eksfoliasi kulit terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri, debu, dan keringat yang ada pada ketiak. Anda bisa menggunakan sabut mandi atau scrub alami untuk menggosok ketiak Anda. Ingat, jangan terlalu kencang atau kulit Anda bisa membengkak dan iritasi.

4. Menggunakan shaving cream atau shaving gel

Anda pasti tahu betul kalau kulit ketiak sangat sensitif. Oleh karena itu, pelembab seperti shaving cream dan shaving gel sangatlah penting.

Hal ini dilakukan agar kulit ketiak tidak kering dan lembab ketika dicukur. Kedua pelembab tersebut pun mengurangi tekanan yang harus Anda berikan ketika mencukur bulu, sehingga iritasi kulit bisa dicegah.

5. Mengarahkan pisau cukur ke arah yang benar

mencukur rambut kemaluan

Bulu pada ketiak kita tumbuh ke berbagai arah, tidak seperti bulu kaki. Nah, maka dari itu cara mencukur bulu ketiak berbeda terapannya dengan kaki.

  • Pertama-tama, angkat lengan Anda.
  • Kemudian, cukurlah bulu ketiak Anda ke segala arah. Mulai dari atas, bawah, kanan, dan kiri.

Hal ini dilakukan agar menghindari kulit sensitif yang sudah tercukur dan menyebabkan iritasi pada kulit.

6. Memakai after shave untuk pria

Setelah proses mencukur bulu ketiak selesai, bilas dengan air bersih. Usahakan untuk menyeka ketiak Anda dengan handuk. Bagi para pria, biasanya mereka menggunakan after shave setelah bercukur.

Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi peluang terjadinya iritasi dan benjolan kecil berwarna merah pada ketiak. After shave memang biasa digunakan setelah bercukur, terutama untuk para pria.

7. Gunakan deodoran

cara membuat deodoran alami yang bisa dicoba di rumah

Sentuhan terakhir setelah bercukur adalah menggunakan deodoran. Selain melembabkan kulit, deodoran juga bisa menghilangkan bau dan mencegah ketiak basah. Tambahan lagi, usahakan untuk memakai pakaian yang longgar setelah mencukur bulu ketiak agar mencegah iritasi dan kulit kemerahan.

Nah, setelah mengetahui cara mencukur bulu ketiak yang baik dan benar, segera praktekan agar Anda bisa terbebas dari bulu-bulu yang mengintip dari lengan baju Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Pilihan Cara Menghilangkan Kumis yang Aman dan Efektif untuk Wanita

Bagi pria, kumis adalah simbol kejantanan. Namun bagi wanita, kehadiran kumis justru mengganggu. Apa cara menghilangkan kumis wanita yang efektif?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan, Informasi Kesehatan 9 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Bukan Hanya di Rambut, Kutu Juga Bisa Mampir di Bulu Ketiak

Meski aneh dan jarang didengar, bulu ketiak kutuan bukanlah fenomena baru. Apa penyebab ketiak bisa kutuan, dan bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Gladys Riany
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 19 Januari 2018 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Suara Anak Laki-laki Berubah Jadi Lebih Berat Saat Puber?

Kenapa suara anak laki-laki berubah saat mereka beranjak remaja? Tiba-tiba suara berubah lebih berat dan dalam. Nah, ternyata ini dia alasannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Remaja, Kesehatan Remaja, Parenting 28 Desember 2017 . Waktu baca 4 menit

Haruskah Mencukur Rambut Kemaluan Sebelum Melahirkan?

Sering mendengar di forum diskusi bahwa Anda harus mencukur bulu kemaluan sebelum melahirkan? Apakah ini memang benar diperlukan? Cai tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Persiapan Melahirkan, Melahirkan, Kehamilan 5 November 2017 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mencegah iritasi mencukur ketiak

5 Tips Mencegah Iritasi Pada Ketiak Setelah Bercukur

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
cara bercukur yang benar

Dari Ketiak Hingga Rambut Kemaluan, Ini Cara Bercukur yang Benar

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 6 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
cara mencegah ingrown hair

Bagaimana Cara Mencegah Ingrown Hair agar Tidak Semakin Parah?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
mencukur jenggot kulit berjerawat

6 Tips Mencukur Jenggot bagi Pemilik Kulit Mudah Berjerawat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 19 September 2019 . Waktu baca 4 menit