5 Cara Aman untuk Menghilangkan Bulu Kaki

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bulu-bulu di kaki yang sedikit lebat dan tumbuh panjang memang bisa mengganggu penampilan seseorang. Tidak jarang wanita dan pria banyak menggunakan berbagai cara menghilangkan bulu kaki.  Semakin banyak pilihan dan cara yang tersedia, beragam pula hasil yang ditawarkan. Apa saja cara untuk menghilangkan bulu kaki yang aman dan tidak berbahaya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

5 Cara menghilangkan bulu kaki

1. Teknik laser

Cara menghilangkan bulu yang satu ini menggunakan sinar laser yang berfungsi untuk memotong dan menghentikan pertumbuhan batang rambut pada bulu di kulit. Biasanya laser digunakan untuk menghilangkan bulu bagian punggung, dada, perut, dan bahkan di bagian kaki.

Metode laser juga tidak mematikan folikel-folikel rambut pada kulit. Jadi secara teknis rambut masih bisa tumbuh di tempatnya, tapi mungkin agak sulit dan membutuhkan waktu lama untuk tumbuh kembali. Biasanya metode laser ini berlangsung sekitar 30-45 menit waktu perawatan dan harus dilakukan oleh ahli.

2. Waxing

Waxing adalah cara menghilangkan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya. Rambut yang telah di-waxing  tidak akan tumbuh kembali hingga 1 sampai 2 bulan. Jika waxing dilakukan secara rutin, akan ada kemungkinan rambut menghilang secara permanen

Pada umumnya waxing dipraktikkan hanya dengan mengoleskan campuran lilin di atas kulit. Kemudian menempelkan handuk atau kain kassa di atasnya, ditekan-tekan, lalu ditarik dengan seketika sesuai arah tumbuhnya rambut. Namun, ada juga waxing yang tidak menggunakan teknik seperti di atas. Dalam kasus tertentu, khususnya bagi yang memiliki warna kulit sensitif, waxing dilakukan tanpa menggunakan alat bantu seperti handuk atau kain, dan harus dilakukan oleh ahli atau dokter kulit.

3. Elektrolisis

Cara menghilangkan bulu yang satu ini terbilang cukup menyakitkan dan mahal harganya. Electrolysis adalah sebuah metode menghilangkan bulu dengan cara menusukkan jarum pada sel-sel di belakang sel kulit, yang bertugas untuk mematikan pertumbuhan bulu secara permanen dengan proses aliran listrik kecil. Sekejap bulu rambut tak akan tumbuh lagi di tubuh Anda. Setelahnya, beberapa jarum akan ditusukkan lagi ke dalam kulit Anda, dan rasanya mungkin agak menyakitkan.

4. Bercukur

Dengan alat cukur listrik atau manual, bulu dapat dihilangkan selama beberapa waktu. Cara ini cukup efektif dan murah, namun tentunya Anda harus rutin melakukannya karena bulu akan selalu tumbuh. Pastikan Anda memilih dan membeli alat cukur yang aman dan tidak berkarat di pasaran. Jangan lupa juga aplikasikan pelembab atau gel lidah buaya setelah mencukur guna menghindari kulit terasa gatal, panas dan kering sesudahnya.

5. Pakai krim penghilang bulu

Anda bisa menggunakan krim berbahan kimia sebagai salah satu cara menghilangkan bulu kaki. Krim ini mengandung semacam zat kimia yang mencegah pertumbuhan bulu atau rambut. Walau tergolong murah dan mudah cara penggunaannya, setidaknya cara ini harus dilakukan tiap minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Menggunakan krim penghilang bulu juga bisa berdampak serta menyebabkan reaksi iritiasi tertentu pada kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit