backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan
Konten

Kuku Menebal

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 08/11/2023

Kuku Menebal

Anda mungkin baru menyadari bahwa kuku kaki Anda tampak lebih tebal, keras, dan lebih pucat dari biasanya. Sebenarnya penebalan kuku merupakan hal yang wajar. Apa penyebab kuku menebal dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu kuku menebal?

Kuku menebal adalah salah satu kondisi pada kuku yang umumnya disebabkan oleh penuaan. Meski begitu, kuku kaki yang menebal umumnya terjadi akibat infeksi jamur. 

Kuku merupakan bagian tubuh yang terbuat dari keratin, yaitu sejenis protein yang juga terkandung di dalam rambut Anda. Setiap kuku mulai bertumbuh dari matriks kuku, sebuah kantong kecil yang berada di bawah kulit.

Selama ada suplai darah dan nutrisi yang cukup, matriks kuku akan terus-menerus membuat sel kuku (onkosit) baru dan mendorong sel kuku yang lebih tua ke atas dan keluar ke arah ujung jari.

Seiring bertambahnya usia, pertumbuhan dan tingkat perbaikan sel menjadi lebih lambat. Ini menyebabkan terjadinya penumpukan onkosit di lempeng kuku sehingga membuat kuku tampak menebal.

Meski begitu, penebalan kuku akibat penuaan lebih umum tampak pada kuku kaki. Pasalnya, kuku tangan bisa tumbuh tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki sehingga risiko penebalannya lebih kecil daripada kuku kaki.

Tanda dan gejala kuku menebal

kuku menebal

Gejala yang muncul pada kondisi ini umum bervariasi. Namun, jika kuku terjadi karena infeksi jamur kuku. Anda mungkin akan mengalami gejala sebagai berikut. 

  • Kuku kuning atau kecokelatan.
  • Mudah rapuh.
  • Muncul bau tidak sedap dari kuku.
  • Kuku terlihat retak dan rapuh.
  • Kuku lepas dari bantalannya.
  • Kuku sulit untuk dipotong.
  • Rasa sakit dan tidak nyaman.

Penyebab kuku menebal

Selain terjadi secara alami akibat bertambahnya usia, penyakit kuku ini juga bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan tertentu yang memerlukan pengobatan medis. Di bawah ini beragam penyebabnya.

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur kuku kaki (onikomikosis) merupakan penyebab kuku kaki tebal yang paling umum. Kondisi ini umumnya terjadi pada kuku kaki, tapi ada juga yang muncul pada kuku tangan. 

Kuku rentan terkena infeksi jamur ketika jarang terpapar sinar matahari atau udara segar karena hampir selalu tertutup sepatu atau kaus kaki. Pasalnya, jamur senang tinggal di tempat yang lembap. 

2. Trauma

Ketika kaki terbentur atau tertindih benda keras atau mengalami cedera jatuh saat olahraga dapat menyebabkan trauma atau luka yang menghambat pertumbuhan kuku kaki. 

Trauma atau cedera pada kuku kaki membuat lempeng kuku rusak dan mudah mengeras. Sering menggunakan sepatu yang sempit juga bisa mengakibatkan trauma pada kuku.

3. Psoriasis

Psoriasis kuku merupakan penyakit autoimun yang mengakibatkan kulit menjadi kering bersisik dan bengkak kemerahan. 

Psoriasis juga dapat memengaruhi pertumbuhan kuku tangan dan kaki jadi menebal, berubah warna serta mudah rapuh. 

Faktor risiko kuku menebal

Pada dasarnya, kuku menebal merupakan kondisi yang dapat  terjadi pada siapa saja. Namun, seseorang dapat mengalami penebalan kuku yang disebabkan oleh jamur apabila:

  • lansia,
  • menggunakan sepatu yang sempit dan kaki mudah berkeringat,
  • sering berjalan di tempat umum tanpa alas kaki, terutama di tempat yang lembap,
  • cedera pada kuku, serta
  • memiliki psoriasis atau diabetes

Diagnosis kuku menebal

Dokter biasanya akan memeriksa kuku yang menebal untuk mengevaluasi gejala serta menemukan penyebab yang mendasarinya. 

Jika diketahui bahwa kuku menebal terjadi akibat infeksi jamur, dokter mungkin akan mengambil sampel pada bagian bawah kuku untuk dianalisis lebih jauh. 

Pengobatan kuku menebal

Penebalan pada kuku kaki atau tangan merupakan hal yang normal terjadi seiring bertambahnya usia sehingga kondisi ini umumnya tidak membutuhkan pengobatan khusus. 

Namun, jika penebalan pada kuku terjadi karena penyakit tertentu seperti infeksi jamur kuku. Dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa pengobatan tergantung dengan tingkat keparahannya. Berikut cara mengobati kuku tebal karena jamur.

1. Obat antijamur oral

Dokter mungkin akan meresepkan obat antijamur oral, seperti itraconazole untuk mengatasi infeksi pada kuku dan membantu kuku baru tumbuh.

Obat ini tidak dapat langsung bekerja untuk mengatasi infeksi, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk benar-benar menghilangkannya.

2. Obat antijamur topikal

Selain obat oral, dokter juga biasanya akan meresepkan obat topikal yang dioleskan ke kuku untuk membantu mengatasi jamur pada kuku. 

Mengutip situs Harvard Health, beberapa obat topikal yang mungkin direkomendasi oleh dokter meliputi efinaconazole, amorolfine, tavaborole, dan ciclopirox. 

3. Pembedahan

Selain terapi obat-obatan, dalam kondisi tertentu dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan pembedahan kecil dengan mencabut keseluruhan kuku yang terinfeksi.

Perawatan rumahan kuku menebal

merendam kaki pakai garam

Ada beragam cara merawat kuku pada kaki sehingga dapat membantu mengatasi kuku kaki yang menebal. Di bawah ini daftarnya.

  • Dengan pemotong kuku ukuran kecil, potong lurus bagian atas kuku agar kuku tidak pecah dan dapat menyebabkan infeksi.
  • Jangan memotong kuku kaki terlalu dalam untuk menghindari terjadinya luka.
  • Kikir kuku dengan lembut untuk menghilangkan bagian kuku yang tajam.
  • Merendam kaki dengan air hangat selama 10 menit, lalu keringkan dengan baik.

Pencegahan kuku kaki menebal

Kuku kaki yang menebal yang terjadi akibat infeksi jamur atau trauma dapat dicegah dengan beberapa tips di bawah ini.

  • Jaga agar kaki Anda tetap bersih dengan mencucinya pakai sabun dan air secara teratur. Keringkan dengan handuk sesudahnya.
  • Pakailah sandal jepit saat Anda berada di kolam renang atau tempat yang becek. Jangan nyeker (berjalan tanpa alas kaki).
  • Pakai kaus kaki sebelum sepatu dan ganti kaus kaki beberapa kali sehari. Sebaiknya kenakan kaus kaki berbahan katun yang dapat menyerap keringat.
  • Gunakan sepatu yang sesuai ukuran.
  • Memotong kuku dengan benar dan pastikan alat pemotong kukunya bersih.
  • Menggunakan bedak kaki untuk menjaga kaki tetap kering.
  • Berhati-hati saat melakukan olahraga atau membawa benda-benda berat supaya tidak jatuh mengenai kuku kaki.
  • Kurangi penggunaan sepatu hak tinggi yang bisa membuat Anda jatuh dan melukai kaki Anda.

Kuku menebal umumnya tidak membutuhkan pengobatan khusus. Namun, jika penebalan pada kuku menimbulkan rasa sakit, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Kesimpulan


Kuku menebal dapat terjadi karena faktor usia, trauma pada kuku, atau infeksi jamur. Untuk menurunkan risikonya, Anda bisa melakukan perawatan rumahan dengan menjaga kaki tetap kering dan bersihkan kaki secara rutin. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 08/11/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan