Periode Perkembangan

Perkembangan Bayi di Usia 31 Minggu

Oleh Data medis direview oleh dr. Yusra Firdaus.

Perkembangan Bayi Usia 31 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi di minggu 31?

Bayi mungkin mulai tumbuh gigi lebih awal pada usia 3 bulan atau lebih lambat pada usia 12 bulan, tapi kebanyakan anak rata-rata tumbuh gigi pertama (biasanya dua gigi di bagian bawah) pada usia 4-7 bulan. Jangan cemas bila anak Anda terlalu banyak ruang di antara gigi. Gigi biasanya muncul dari dalam gusi pada sudut yang tidak biasa dan celahnya biasanya menghilang saat berusia 3 tahun.

Saat bayi mulai tumbuh gigi, Anda bisa melihatnya lebih banyak mengeluarkan air liur dan mengeluarkan suara aneh dari dalam mulut.

Di minggu ke-31, anak akan mampu:

  • Merangkak
  • Mengoper benda dari satu tangan ke tangan lain
  • Memegangi orang lain atau benda untuk bisa berdiri.

Bayi yang menjadi enggan untuk terpisah dari Anda mungkin membuat Anda senang tapi terkadang membuat Anda sedikit frustasi. Jika Anda harus pergi dan meninggalkannya di rumah, peluklah bayi sebelum meninggalkan rumah untuk memberitahunya bahwa Anda akan pulang cepat. Dia tidak akan mengerti bahwa Anda akan pulang dalam sejam, tapi ekspresi Anda yang penuh cinta dan perhatian bisa menenangkan dan membantu bayi mengatasi kesulitan sampai bertemu kembali dengan Anda.

Selain itu, cobalah terbiasa meninggalkan bayi dengan seseorang yang dia kenal setiap Anda ingin pergi. Dengan cara tersebut, jika tidak ada ibu atau ayah di dekatnya, setidaknya bayi akan merasa puas dengan pengasuhnya untuk sementara.

Kesehatan Bayi Usia 31 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 31?

Kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan bayi pada bulan ini. Di sisi positif, berarti tidak ada masalah serius pada bayi; di sisi negatif, Anda tidak bisa mengenal perkembangan bayi selanjutnya. Siapkan pertanyaan untuk pemeriksaan bulan depan, tapi jangan sungkan menghubungi dokter secepatnya jika Anda memiliki masalah yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Merawat bayi usia 31 minggu

Ada beberapa hal yang Anda ketahui:

Tumbuh gigi

Untuk meredakan rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi, biarkan bayi mengunyah sesuatu, misalnya cincin karet atau handuk dingin. Dia mungkin akan merasa lebih baik dengan makan makanan dingin seperti saus apel atau yogurt (kalau bayi sudah bisa makan) karena makanan dingin bisa menghilangkan rasa sakit sementara. Anda bisa memberikannya biskuit keras tanpa gula untuk dikunyah. Anda juga bisa mencoba menggosokkan jari Anda di atas gusi yang nyeri atau menggunakan gel penghilang nyeri untuk bayi.

Tersedak

Tersedak berarti bayi sedang berusaha menghirup udara atau memuntahkan sesuatu yang menghalangi saluran napas. Bayi tersedak jika sulit bernapas akan mengeluarkan suara aneh, tersumbat, batuk, atau napas bersuara. Kulit bayi mungkin memerah atau membiru dan bayi bisa pingsan karena kekurangan oksigen.

Jika anak masih bisa batuk, menangis, atau berbicara dan bernapas dengan normal, artinya saluran udaranya tidak sepenuhnya tersumbat. Bayi terkadang bisa mengeluarkan penghambatnya sendiri dan hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah tetap tenang dan membantu anak. Namun, bila dia terengah-engah, kulit berubah dari merah menjadi hijau, tampak ketakutan (mata dan mulut terbuka lebar) atau pingsan, segera hubungi 118 dan cobalah melakukan hal berikut:

  • Jika (dan hanya jika) Anda menemukan benda penyebab tersedak, gunakan jari-jari Anda untuk mengeluarkannya. Jika tidak melihat bahaya tersedak, jangan tempatkan jari ke dalam mulut bayi karena Anda bisa mendorong benda penyebab tersedak lebih dalam lagi ke dalam tenggorokan bayi.
  • Dekap bayi dengan lengan bagian atas, sangga dagunya dengan kedua tangan Anda. Jaga posisi kepala bayi lebih rendah daripada bagian tubuh lainnya.
  • Tepuk punggung bayi selama 5 kali: cepat, tegas tapi lembut, tepuk di antara kerangka bahu. Ingat bahwa organ tubuh bayi lemah, jadi jangan tepuk terlalu keras.
  • Jika anak mulai batuk, biarkan bayi memuntahkannya daripada memasukkan jari Anda ke dalam mulut bayi untuk mengeluarkannya. Bila anak tidak bisa mengeluarkan benda asing, balikkan tubuhnya dengan hati-hati dan gunakan 2 atau 4 jari untuk menepuk di antara tulang dada dan pukul dadanya sebanyak 5 kali (kedalaman sekitar 1,2-2,5 cm).
  • Jika benda tidak bisa keluar, periksa apakah berbahaya. Baringkan bayi dalam posisi telentang, turunkan lidahnya dengan jempol Anda dan angkat dagunya untuk melihat dalam tenggorokannya. Bila masih tidak bisa melihat benda asing, lakukan napas lewat mulut atau CPR segera. Lanjutkan sebisanya dan hubungi bantuan medis secepatnya

Untuk mencegah tersedak, biarkan bayi makan makanan yang tepat untuk seusianya (makanan yang digiling atau makanan yang bisa dipegang dengan aman macam biskuit untuk tumbuh gigi dan sereal berbentuk O), mengawasi anak yang sedang makan (tidak terburu-buru atau makan makanan bayi di dalam mobil), dan selalu duduk tegap saat memberi makan bayi. Jangan biarkan bayi bermain dengan benda kecil, mainan yang memiliki bagian kecil, atau benda yang mengandung serbuk. Memilih mainan yang cocok tidak hanya membantu Anda menyediakan mainan yang bagus untuk mendidik atau mengembangkan bakat bayi melainkan juga untuk memastikan kriteria keamanan. Tersedak adalah salah satu penyebab kematian anak yang paling umum, sehingga Anda dan siapapun yang mengasuh bayi harus mengikuti kelas darurat dan CPR khusus bayi untuk bisa melakukannya saat kasus ini terjadi.

Bayi sering menelan benda kecil (seperti koin) dan seringkali masuk ke dalam perut tanpa membahayakan bayi. Namun, bila Anda menyadari bayi Anda terlalu banyak mengeluarkan air liur atau tidak bisa menelan, nafsu makan turun drastis, atau merasa sakit di tempat benda yang mungkin terjebak, hubungi dokter atau pergi ke ruang darurat secepatnya.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 31 minggu?

Jika Anda ingin tahu apakah bayi Anda memiliki bakat bawaan, pertimbangkan tanda-tanda ini:

  • Perkembangan pesat
  • Ingatan yang bagus dan sangat jeli
  • Memiliki selera humor
  • Sangat ingin tahu dan penuh fokus
  • Dapat membuat koneksi antara benda dan kejadian
  • Imajinasi yang berlimpah
  • Sulit tidur
  • Sangat tanggap dan sensitif

Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-32?

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda untuk membantu memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan We are excited to guide you on your parenting journey. Your first email will arrive shortly. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca