Perkembangan Bayi di Usia 31 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Bayi Usia 31 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 31 minggu (7 bulan 3 minggu)?

Menurut Denver II, perkembangan bayi di usia 31 minggu atau 7 bulan 3 minggu, umumnya sudah mencapai hal-hal berikut ini:

  • Duduk sendiri tanpa sandaran.
  • Menggulingkan tubuhnya sendiri.
  • Berganti posisi menjadi duduk, dari berbaring dari berdiri.
  • Mulai mampu berdiri dengan berpegangan, meski belum sepenuhnya bisa.
  • Mengucapkan “ooh” dan “aah”.
  • Menirukan suara yang didengarnya.
  • Tertawa saat diajak bercanda atau bicara.
  • Memekik.
  • Mengucapkan kombinasi kosa kata, seperti “ba-ba”, “ga-ga”, “da-da”, dan lainnya.
  • Mengucapkan “da-da” dan “ma-ma” meski belum lancar.
  • Memegang mainan maupun objek lain.
  • Mengikuti atau melihat apa pun ke berbagai arah.
  • Melihat dan memandang wajah orang di sekitarnya.
  • Berusaha mengambil mainan atau objek yang jauh dari jangkauannya.
  • Memberikan kubus atau benda yang sedang ia pegang.
  • Mampu memegang dan mengambil 2 benda di tangannya, seperti kubus mainan.
  • Mulai belajar untuk memegang satu kubus di kedua tangannya, dan saling memukul-mukulnya.
  • Tersenyum sendiri atau merespons senyuman orang lain.
  • Bermain dengan mainannya.
  • Makan sendiri meski masih berantakan.
  • Mulai belajar untuk melambaikan tangannya.

Kemampuan motorik kasar

Saat ini perkembangan bayi Anda sudah memasuki usia 31 minggu alias 7 bulan 3 minggu. Dari segi kemampuan motorik kasarnya, si kecil telah mampu berguling dengan lancar dan duduk sendiri tanpa perlu dibantu.

Berubah posisi menjadi duduk setelah sebelumnya berdiri dan berbaring pun, sudah semakin lancar dilakukannya. Bahkan sekarang, buah hati Anda sedang belajar untuk bisa berdiri sendiri dengan berpegangan. Meski begitu, masih perlu latihan sampai ia berhasil melakukannya dengan baik.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Menangis, memekik, tertawa, dan mengucapkan beberapa kata merupakan komunikasi yang bisa dilakukan pada perkembangan bayi usia 31 minggu atau 7 bulan 3 minggu ini. Beberapa kata yang mampu diucapkan si kecil di antaranya yakni, “aah”, “ooh”, “a”, “i”, “o”, ba-ba”, “ga-“ga”.

Ditambah lagi, sekarang buah hati Anda sudah dapat bicara “dada” dan “mama” sebagai panggilan untuk orangtuanya, meski belum begitu lancar.

Kemampuan motorik halus

Setelah berhasil mengambil objek yang ada di dekatnya, memegang, dan kemudian memberikannya pada orang lain, kini ia mampu melakukan hal lainnya sebagai bentuk perkembangan bayi.

Misalnya, ia bisa memegang dua buah benda, seperti kubus. Bahkan, si kecil mulai belajar untuk saling memukul-mukul kubus yang berada di masing-masing tangannya.

Kemampuan sosial dan emosional

Si kecil akan selalu tersenyum saat sedang asyik bermain dengan mainan-mainan kesayangannya, dan ketika diajak bicara atau bercanda oleh orang lain. Ia juga senang bereksplorasi dengan makanannya saat makan sendiri di atas kursi makan bayi.

Memasuki usia ini, ia juga mulai belajar untuk melambaikan tangan meski masih perlu Anda peragakan.

Apa yang harus saya lakukan untuk membantu perkembangan bayi 31 minggu?

Bayi yang sedang merasa manja dan selalu ingin berada di dekat Anda, bisa saja akan membuat Anda kesulitan untuk melakukan aktivitas lainnya. Jika Anda harus pergi dan meninggalkannya rumah, sempatkan untuk memeluk si kecil dan memberitahunya bahwa Anda akan pulang sesegera mungkin.

Si kecil tidak akan mengerti bahwa Anda akan pulang dalam waktu cepat. Namun, setidaknya ekspresi Anda yang penuh cinta dan perhatian bisa menenangkan dan membantu mengurangi kegelisahannya.

Selain itu, perhatikan juga pertumbuhan gigi buah hati Anda. Pertumbuhan gigi pertama bayi paling cepat ketika usianya 3 bulan, atau paling lambat pada usia 12 bulan. Meski begitu, rata-rata bayi tumbuh gigi pertama (biasanya dua gigi di bagian bawah) pada usia 4-7 bulan.

Jangan cemas bila anak Anda terlalu banyak ruang di antara gigi. Gigi biasanya muncul dari dalam gusi pada sudut yang tidak biasa dan celahnya baru bisa menghilang saat ia berusia 3 tahun.

Saat bayi mulai tumbuh gigi, si kecil mungkin akan lebih sering mengeluarkan air liur (ngeces) dan mengeluarkan suara aneh dari dalam mulut.

Kesehatan Bayi Usia 31 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 31?

Jika memang bayi Anda tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan terkait kesehatan dan perkembangan bayi pada usia 31 minggu atau 7 bulan 3 minggu ini.

Namun, jangan sungkan menghubungi dokter secepatnya jika Anda memiliki masalah yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 31 minggu?

Ada beberapa hal yang Anda ketahui pada usia perkembangan bayi 31 minggu atau 7 bulan 3 minggu, yaitu:

1. Tumbuh gigi

Tumbuh gigi adalah proses alami yang terjadi pada bayi. Jika proses itu muncul bersamaan dengan berbagai gejala yang membuat bayi menjadi tidak nyaman dan rewel, Anda harus membuatnya nyaman.

Anda bisa melakukan beberapa hal untuk meringankan rasa sakit yang mereka rasakan, seperti:

  • Gunakan jari Anda – harus sudah bersih – untuk menggosok lembut gusi bayi yang akan ditumbuhi gigi selama 2 menit.
  • Berikan mainan yang aman untuk digigit-gigit oleh bayi
  • Seiring dengan pertumbuhan gigi, maka mulai kenalkanlah bayi dengan berbagai makanan padat (MPASI) yang sehat.

2. Tersedak

Anak dan balita sering tersedak karena menelan benda-benda kecil saat bermain. Jika anak masih bisa batuk, menangis, berbicara dan bernapas dengan normal, artinya saluran udaranya tidak sepenuhnya tersumbat.

Jika bayi bisa batuk atau membuat suara, biarkan ia batuk untuk mencoba mengeluarkan benda tersebut dengan sendirinya. Namun, tetap awasi mereka.

Jika Anda dapat melihat objek tersebut, coba untuk mengeluarkannya dengan perlahan. Jangan menyodok tanpa arah atau berulang kali dengan jari Anda. Pasalnya, hal ini justru akan memperburuk situasi dengan semakin mendorong benda tersebut masuk ke dalam tenggorokan, sehingga semakin sulit untuk dikeluarkan.

Jika saat bayi Anda tersedak hingga ia tidak bisa bersuara, batuk, atau menangis, maka Anda harus:

  • Duduk, kemudian baringkan bayi tersebut dalam posisi tengkurap condong ke depan di gendongan Anda sedemikian rupa di atas kedua paha Anda, sehingga posisi kepalanya akan lebih rendah dari dadanya.
  • Tahan posisi bayi dari depan dengan mantap menggunakan salah satu telapak tangan Anda, usahakan agar posisi kepala tidak layu menempel di paha Anda.
  • Gunakan tumit telapak tangan Anda untuk memukul di antara kedua tulang belikat bahu anak sebanyak lima kali.
Langkah menolong bayi yang tersedak (1-3) sumber: www.webmd.com
Langkah menolong bayi yang tersedak (1-3) sumber: www.webmd.com
  • Jika benda asing tidak kunjung keluar, sangga kepala bayi dan balikkan posisinya menghadap Anda sambil tetap menjaga posisi kepala lebih rendah dari dadanya.
  • Tempatkan 2-3 jari Anda di bawah garis puting dan tepat di atas tulang dada, kemudian berikan sentakan dada sebanyak lima kali dengan cepat.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai pada perkembangan bayi 31 minggu?

Jangan memaksakan bayi untuk melakukan sesuatu yang tidak dikehendakinya. Di usianya sekarang ini, bayi Anda sedang aktif-aktifnya. Jadi, biarkan bayi bergerak sesuka hatinya. Namun ingat, Anda tetap harus mengawasinya.

Jangan lupa, perhatikan pula asupan makannya. Pasalnya, makanan yang mengandung nutrisi baik berperan penting dalam perkembangan fisiknya. Anda harus selalu kebutuhan gizi bayi guna meningkatkan energinya supaya ia bisa leluasa bergerak sesuka hatinya.

Bagaimana perkembangan bayi Anda di minggu ke-32?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca