4 Strategi Cerdas Agar Anak Mau Makan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Anak-anak biasanya mengalami fase dimana sangat sulit untuk makan. Entah pemilih, ogah-ogahan ketika disodorkan makanan, atau lebih memilih makan camilan yang tidak mengenyangkan. Jika sudah begitu, orangtua perlu memutar otak agar anak mau makan.

Tips agar anak mau makan

Jangan panik, berikut ini ada berbagai cara cerdas yang bisa Anda praktikkan di rumah agar anak mau makan.

1. Mengajak anak makan bersama

resep makan malam

Anak biasanya meniru apa yang orangtuanya lakukan, termasuk kebiasaan makan. Oleh karena itu, daripada Anda hanya menyuruh anak untuk makan lebih baik ajak anak untuk makan bersama Anda. Dengan begitu, anak merasa kewajiban makan bukan hanya untuknya tetapi juga untuk seluruh anggota keluarga. Nah, penting untuk diingat bahwa anak adalah peniru yang ulung. Untuk itu, berikan anak contoh yang baik saat makan misalnya dengan tidak memilih-milih makanan dan mengonsumsi banyak sayur yang biasanya menjadi makanan yang cukup dihindari.

Selain itu, penting bagi anak Anda untuk membuat jadwal makan yang teratur, yaitu makan setiap 3-4 jam yang terdiri dari 3 kali makan besar, 2 kali camilan dan perbanyak minum air. Dengan jadwal ini, diet anak akan seimbang dan mengurangi anak Anda rewel.

2. Libatkan anak dalam proses berbelanja dan memasak

Pernahkah Anda melibatkan anak dalam proses berbelanja bahan makanan dan juga memasak? Jika belum, saatnya untuk mencobanya. Anak yang dilibatkan dalam proses berbelanja bisa memilih sendiri apa yang ingin dimakannya sesuai dengan seleranya saat itu. Sehingga apa yang akan Anda masak nanti menjadi makanan yang disukainya. Melibatkannya dalam proses memasak juga bisa membuat anak bersemangat untuk makan karena ia sendiri terlibat di dalamnya. Bahkan, anak bisa saja ketagihan untuk menentukan menu makanan apa yang ingin dimakan dan dimasaknya besok.

3. Mengkreasikan tampilan masakan

tips menyiapkan bekal sehat untuk anak

Selama ini mungkin saja anak merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan kurang menarik jika dilihat. Nah untuk menyiasatinya, Anda bisa mengkreasikan masakan dari tampilan luarnya. Misalnya, mengombinasikan sayur-sayuran aneka warna yang menarik perhatian si kecil untuk mencobanya. Selain itu, Anda juga bisa mengkreasikan bentuk makanan misalnya dengan membuat menu makan yang menyerupai boneka atau benda kesukaannya dan memotong sayuran dengan bentuk-bentuk lucu lainnya. Jika tampilannya menarik, anak biasanya akan dengan mudah untuk mencicipi bahkan menghabiskannya.

4. Membatasi camilan

Salah satu penyebab anak tidak mau makan ialah karena perutnya masih terasa kenyang saat jam makan tiba. Jika ini terjadi coba cek apa yang anak Anda konsumsi di sela-sela waktu makan. Usahakan untuk membatasi berbagai camilan manis seperti permen karena kalorinya sangat tinggi sehingga anak mudah kenyang padahal perutnya kosong.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 2, 2018 | Terakhir Diedit: Agustus 20, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca