home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Piloromiotomi

Definisi|Pencegahan & peringatan|Proses|Komplikasi

Definisi

Apa itu piloromiotomi?

Stenosis pilorus merupakan kondisi medis yang memengaruhi pembukaan (pilorus) antaralambung dan usus kecil pada bayi. Pilorus adalah katup otot yang menahan makanan di lambung untuk dicerna hingga siap untuk disalurkan ke usus untuk proses penyerapan.Otot‐otot pilorus pada bayi yang mengidap penyakit ini akan menebal sehingga menghambat makanan lewat memasuki usus kecil. Stenosis pilorus dapat menyebabkan muntah‐muntah, dehidrasi, dan penurunan berat badan. Sang bayi mungkin akan tampak selalu lapar.Piloromiotomi adalah operasi yang digunakan untuk menangani stenosis pilorus. Pada umumnya, operasi ini sangat efektif dan memiliki tingkat risiko yang kecil.

Apa manfaat operasi ini?

Pencernaan bayi akan kembali normal dalam waktu 48 jam setelah operasi.

Pencegahan & peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum bayi menjalani piloromiotomi?

Operasi sering kali dijadwalkan pada hari yang sama dengan diagnosis. Bayi yang mengalami dehidrasi atau memiliki ketidakseimbangan elektrolit akan ditangani terlebih dahulu dengan pemberian infus sebelum operasi. Operasi merupakan solusi yang paling diandalkan untuk mengobati stenosis pilorus.

Proses

Bagaimana proses piloromiotomi?

Sebelum operasi dilakukan, dokter bedah akan menstabilkan cairan tubuh bayi dengan menggunakan infus.Operasi ini dilakukan di bawah anestesi umum dan biasanya memakan waktu sekitar satu jam. Dokter bedah akan membuat sayatan kecil di perut bagian atas, kemudian mengiris otot pilorus untuk melebarkan saluran ke dalam usus.

Apa yang harus dilakukan setelah bayi menjalani piloromiotomi?

Dokter akan memberitahu kapan ibu dapat mulai memberi makan sang bayi.Biasanya, bayi hanya membutuhkan tiga hingga empat hari sebelum akhirnya diperbolehkan pulang. Bayi boleh kembali menyusu secara normal sehingga berat badannya dapat bertambah. Kebanyakan bayi menunjukan kemajuan yang baik pasca operasi. Namun, stenosis pilorus bisa datang kembali.

Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?

Risiko komplikasi sangat kecil walaupun kemungkinan perdarahan dan infeksi masih tetap ada. Piloromiotomi tidak meningkatkan risiko masalah perut atau usus di kemudian hari. Namun, ada komplikasi tertentu pasca operasi, yaitu:

● muntah setelah operasi

● lubang di lapisan perut

● kerusakan pada luka operasi

● muncul hernia pada bekas luka

Kebanyakan bayi diperbolehkan kembali ke rumah dalam waktu 48 jam. Pemulihan operasi membutuhkan waktu sekitar seminggu. Apabila keinginan menyusu pada bayi menjadi lebih tinggi setelah operasi, tidak usah khawatir karena hal ini normal.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pyloric-stenosis/basics/treatment/con-20027251

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 11/05/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x