Perkembangan Bayi 23 Bulan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/01/2020 . 1 menit baca
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 23 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan?

Dalam grafik perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 11 bulan sudah memiliki kemampuan, meliputi:

  • Menyanyikan lagu sederhana.
  • Menyusun 8 balok.
  • Melompat.
  • Menyikat gigi.
  • Berusaha memakai baju sendiri.
  • Mengikuti instruksi sederhana.
  • Menggunakan kata ganti orang (aku, dia, kamu) walaupun tidak selalu benar.
  • Membentuk kalimat terdiri dari 2 hingga 4 kata (“Burung terbang tinggi”).
  • Mengulangi kata-kata yang ia dengar dalam perbincangan.
  • Membuat garis lurus menggunakan balok atau mainan lain.
  • Mencuci tangan sendiri.
  • Mengenal nama orang, benda, dan bagian tubuh.

Kemampuan motorik kasar

Bagaimana perkembangan bayi 23 bulan atau 1 bulan 11 bulan dalam hal kemampuan motorik kasar? Bila dilihat dari grafik Denver II, si kecil sudah mampu melompat, melempar dan menangkap bola, berjalan mundur, dan semakin mahir berlari. 

Meski demikian, mungkin Anda melihat perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan terlihat lebih lambat, dibandingkan dengan tahun pertamanya. Sebagai contoh, berat badan anak menjadi 3 kali berat badan lahirnya saat usia 1 tahun, namun hanya bertambah 1.4 kg pada tahun kedua.

Pada masa perkembangan 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan, si kecil tidak terlihat seperti bayi lagi. Ia sudah gesit dan aktif. Selain itu, anak Anda kemungkinan dapat mencapai tempat yang tidak Anda sangka-sangka.

Si kecil dapat memanjat bangku, meja, dan loker, membuka kotak yang tidak pernah ia suka sebelumnya, dan bergerak ke area berbahaya (kolam renang, sumur) lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Di sini Anda harus lebih fokus dalam menjaga si kecil agar tidak celaka.

Kemampuan motorik halus

Secara garis besar, perkembangan bayi 23 bulan 1 tahun 11 bulan, untuk  kemampuan motorik halus semakin baik. Anak semakin mahir dalam menumpuk dan membuat menara dari balok. Awalnya hanya 3 susun, kini bertambah menjadi 6 susun. Tidak hanya itu, si kecil juga mulai membuat garis lurus menggunakan balok tersebut. 

Di perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan, cara anak memegang tubuh dan bergerak juga berubah. Gerak-gerik balita berkembang menjadi lebih halus, dengan langkah yang lebih terkoordinasi.

Menjelang ulang tahun yang kedua, kebanyakan anak dapat menarik mainan di belakangnya dan membawa barang saat mereka berjalan.

Kemampuan sosial dan emosional

Bagaimana kemampuan sosial dalam perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan? Melansir dari What To Expect, fase perkembangan bayi 1 tahun 11 bulan merupakan yang paling berat dalam perkembangan anak mulai baru lahir sampai sekarang.

Di perkembangan bayi 23 bulan atau perkembangan bayi 1 tahun 11 bulan, anak mulai merasakan kecemasan ketika berpisah (separation anxiety) dengan orang tedekatnya, misalnya kakak atau adiknya, bahkan pengasuh. Di saat tersebut anak merasa akan kehilangan momen menyenangkan ketika berpisah dengan mereka. 

Cara menghindari anak tantrum ketika berpisah dengan Anda ataupun orang terdekatnya, biasakan untuk berpamitan ketika akan pergi. Beritahu si kecil bahwa Anda pergi tidak lama dan akan pulang malam hari atau siang hari. Ini untuk mendukung perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan.

Jangan lupa untuk tersenyum agar si kecil tidak merasa ditinggal. Mungkin akan sulit, tapi bila dibiasakan, pelan-pelan anak akan mengerti di perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Dalam perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan, tidak perlu heran bila anak Anda semakin cerewet. Saat ini, si kecil sudah bisa menunjuk 4 gambar dan mengucapkan gambar yang dilihat. Kosakata yang dimilikinya juga semakin banyak, lebih dari 10 kata fasih ia ucapkan. 

Pelafalan anak 23 bulan juga semakin jelas. Ia sudah bisa menyebutkan dan menunjukkan anggota tubuhnya, seperti mata, hidung, tangan, perut, mulut, hidung.

Rangkaian kata yang diucapkannya bertambah, kini anak sudah bisa menggabungkan dua kata, misalnya kursi goyang, tendang bola.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan?

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan si kecil, antara lain:

Membacakan buku untuk menambah kosakata anak

Untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan, Anda bisa membacakan si kecil berbagai buku yang membantu anak lebih mengenal banyak kata. Saat Anda membaca buku untuk anak, Anda bisa memberi stimulasi padanya dengan bertanya pendapat tentang buku yang dibaca. 

Dalam perkembangan bayi 23 bulan tidak perlu pertanyaan sulit, misalnya, menunjuk gambar pada buku dan tanyakan gambar apa itu. Anda juga bisa menanyakan bagaimana perasaannya ketika dibacakan buku, apakah senang, sedih, atau bosan.

Menjelaskan benda yang ada di sekitar

Selain buku, cara untuk memperkaya kosakata anak adalah dengan menjelaskan benda yang ada di sekitar. Sebagai contoh,  ketika sedang berjalan di taman, Anda bisa menunjuk pohon, daun, atau apapun yang terlihat, lalu menjelaskan pada si kecil benda apa itu.

Mengobrol dengan anak pada perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 11 bulan merupakan hal yang sangat penting. Meski terkadang terlihat seperti sedang bicara sendiri, tapi ini salah satu cara menambah kosakata anak dan meningkatkan kemampuan bahasa si kecil.

Kesehatan Bayi Usia 23 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan?

Setiap anak di masa perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan memiliki kecepatan yang berbeda.

Anda sebaiknya waspada jika ada perubahan mendadak pada perilaku, kebiasaan makan atau tidur anak Anda. Mendiskusikan masalah ini dengan dokter sangat penting, walaupun Anda berpikir ini hanyalah hal kecil.

Apa yang harus diketahui tentang perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan?

Di perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan, Anda mungkin menyadari anak Anda tak suka berpisah dengan Anda. Masa ini dapat datang dan pergi. Anda harus tahu bahwa ini normal.

Ada beberapa pencetus yang dapat menyebabkan si kecil mengalami separation anxiety, seperti pengasuh baru, anggota keluarga baru, atau ia berpikir Anda bersenang-senang tanpanya.

Cara terbaik mengatasi ini yaitu dengan memberi salam perpisahan dengan lembut. Anda tidak boleh meninggalkannya tanpa mengucapkan pamit. Ini hanya akan memperburuk situasi. Pergi diam-diam dan tidak berpamitan hanya akan membuat anak Anda merasa ditinggalkan.

Jangan khawatir, si kecil akan mengatasi keadaan cemas pada anak ini. Jika Anda tidak melihat adanya perbaikan, beritahukan pada dokter. Dokter mungkin dapat membantu Anda mengetahui pemicunya. Ini bisa mengganggu perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan untuk membantu perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan?

Dalam perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan, mungkin Anda akan merasa cemas dengan sikap dan tindakan anak dalam keramaian, karena anak tantrum atau rewel ditempat umum. Sebagai contoh, anak mungkin saja tiba-tiba rewel saat di supermarket, transportasi umum, restoran, atau pusat perbelanjaan.

Emosi anak tidak bisa diprediksi dan kadang sulit dikendalikan. Hal yang perlu Anda ketahui, ini adalah reaksi normal dalam perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan.

Anda perlu menjelaskan dengan tegas bahwa perilaku yang dilakukannya tidak sesuai. Mungkin hal ini tidak hilang dalam beberapa kali saja, namun mereka akhirnya akan mengerti bahwa mereka perlu memperbaiki sikapnya.

Di fase perkembangan bayi 23 bulan atau 1 tahun 11 bulan, saat anak lapar atau lelah dapat memicu amarah bagi anak. Jika ini terjadi pada anak Anda, sebaiknya ambil tindakan untuk mencegah tantrum di keramaian. Anda dapat membawa makanan ringan di tas dan pastikan  anak tidur siang sesuai kebutuhannya.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 24 bulan?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perkembangan Anak Usia 9 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Perkembangan anak usia 9 tahun mencakup perkembangan fisik, kognitif, emosional, sosial, dan bahasa. Apa saja yang dialami anak pada usia ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Anak, Parenting 26/04/2020 . 8 menit baca

Perkembangan Anak Usia 8 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Perkembangan yang dialami anak usia 8 tahun termasuk perkembangan fisik, kognitif, psikologi, dan bahasa. Baca informasi lengkapnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Anak, Parenting 22/04/2020 . 8 menit baca

Perkembangan Anak Usia 7 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Pada usia 7 tahun, anak mengalami berbagai tahapan perkembangan, mulai dari perkembangan fisik, kognitif, psikologi, dan bahasa. Apa saja yang dialami anak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Anak, Parenting 21/04/2020 . 8 menit baca

Perkembangan Anak Usia 6 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Pada usia 6 tahun, anak masih mengalami berbagai perkembangan. Apa saja perkembangannya? Sudahkah sesuai dengan si kecil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Anak, Parenting 20/04/2020 . 9 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

tahap perkembangan anak 6-12 tahun

Tahap-tahap Perkembangan Anak Usia 6-12 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020 . 30 menit baca
perkembangan anak usia 12 tahun

Perkembangan Anak Usia 12 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020 . 8 menit baca
perkembangan psikologi anak

Perkembangan Anak Usia 11 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . 10 menit baca
cara mengajari anak menulis

Cara Mengajari Anak Menulis dengan Baik dan Rapi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . 8 menit baca