Cerebrovit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Apa itu Cerebrovit?

Cerebrovit adalah suplemen multivitamin yang mengandung kombinasi asam L-Glutamat, vitamin C, vitamin B, dan zink.

Asam L-Glutamat adalah senyawa yang berfungsi meningkatkan proses penghantaran sinyal dari satu sel saraf ke lainnya di dalam otak, untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi

Kombinasi vitamin B1, B6, dan B12 dalam suplemen ini berfungsi meningkatkan metabolisme tubuhSementara itu, kandungan vitamin C dan zink bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Cerebrovit juga mengandung antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh, serta melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

Suplemen ini umumnya dipasarkan sebagai multivitamin untuk remaja usia 12 sampai usia 22 tahun dengan kegunaan utama meningkatkan daya ingat, konsentrasi, serta menjaga metabolisme sehingga tubuh senantiasa tetap sehat.

Suplemen ini tersedia dalam 2 varian, yaitu Cerebrovit Ginkgo dan Cerebrovit X-Cel. Untuk varian Cerebrovit Ginkgo, terdapat kandungan tambahan yaitu ginkgo biloba yang bermanfaat untuk memperlancar aliran darah, sehingga fungsi ingatan dan kognitif pun semakin membaik.

Cara Pakai

Bagaimana cara pakai Cerebrovit?

Cerebrovit Ginkgo dan X-Cel ini harus diminum satu kali dalam sehari di pagi hari. Selalu baca aturan minum obat sebelum menggunakan suplemen ini.

Jangan gunakan suplemen ini melebihi dosis yang dianjurkan. Penggunaan suplemen multivitamin yang berlebihan bisa menimbulkan efek-efek samping yang berbahaya.

Bagaimana cara menyimpan suplemen ini?

Suplemen Cerebrovit Ginkgo dan X-Cel paling baik disimpan pada suhu ruangan dan dijauhkan dari paparan sinar cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi dan jangan dibekukan.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram Cerebrovit ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan suplemen atau multivitamin berikut ini.

Berapa dosis Cerebrovit untuk orang dewasa?

Suplemen ini diminum sebanyak satu kaplet sehari atau seperti yang dianjurkan oleh dokter.

Berapa dosis  Cerebrovit untuk anak?

Belum ada ketentuan dosis suplemen ini untuk anak-anak. Suplemen ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan suplemen sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam bentuk apa saja suplemen ini tersedia?

Suplemen ini tersedia dalam 2 jenis, yaitu Cerebrovit Ginkgo dan Cerebrovit X-Cel.

Per kemasan terdapat 10 kapsul obat yang mengandung:

  • ekstrak ginseng 10 mg
  • guaranine 25 mg
  • L-glutamic acid 200 mg
  • folic acid 150 mcg
  • zinc 15 mg, selenium 50 mcg
  • vitamin B1 5 mg
  • vitamin B6 2 mg
  • vitamin B12, 1.5 mcg
  • vitamin C 60 mg
  • vitamin E 30 mg
  • ginkgo biloba (khusus Cerebrovit Ginkgo)

Efek Samping

Apa efek samping Cerebrovit?

Setiap suplemen makanan memiliki risiko efek sampingnya tersendiri, karena mengandung berbagai bahan  aktif. Maka dari itu selalu konsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan suplemen apa pun dan waspada terhadap kemungkinan efek samping yang tidak terduga, terutama saat baru mencoba.

Suplemen makanan pada umumnya dapat meningkatkan risiko:

  • Pusing
  • Mual
  • Muntah
  • Perdarahan

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini:

  • Gatal-gatal
  • Kesulitan bernapas
  • Pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

Risiko efek samping mungkin meningkat apabila Anda mengalami kelebihan asupan nutrisi. Perlu diingat bahwa sebagian besar zat gizi yang terdapat dalam suplemen juga banyak terdapat dalam makanan yang Anda makan sehari-hari. Maka suplemen harusnya digunakan sebagai tambahan saja, jika perlu.

Kelebihan vitamin dan nutrisi dapat berisiko menyebabkan masalah kesehatan. Misalnya, terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan sakit kepala dan kerusakan hati, mengurangi kekuatan tulang, dan menyebabkan cacat lahir pada ibu hamil yang konsumsi suplemen. Asupan zat besi yang berlebihan menyebabkan mual dan muntah dan dapat merusak hati dan organ lain.

Tidak semua orang mengalami efek samping suplemen. Mungkin ada juga beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan dan Peringatan

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Cerebrovit?

  • Jangan menggunakan obat ini melebihi dari yang dianjurkan pada label atau diresepkan oleh dokter Anda
  • Tanyakan kepada dokter atau apoteker sebelum menggunakan suplemen ini jika Anda memiliki kondisi medis lain atau alergi
  • Kebutuhan dosis Anda mungkin berbeda selama kehamilan. Jangan minum obat ini tanpa memberitahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil.

Apakah suplemen ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan suplemen Cerebrovit selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan suplemen ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang dapat berinteraksi dengan Cerebrovit?

Suplemen Cerebrovit dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan. Di mana ini efeknya dapat mengubah cara suplemen Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Untuk menghindari interaksi obat yang potensial, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep, dan produk herbal) dan beri tahu dokter dan apoteker. Untuk keamanan Anda, jangan mulai, berhenti, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.

Menurut Consumer Reports, Anda sebaiknya menghindari obat-obatan di bawah ketika sedang mengunakan suplemen multivitamin, termasuk Cerebrovit Ginkgo dan X-Cel:

  • obat antikoagulan atau pengencer darah (warfarin)
  • obat antihipertensi
  • obat diabetes
  • obat antikonvulsan atau kejang
  • obat HIV/AIDS
  • obat antidepresan
  • obat terapi hormon (seperti estrogen)

Adakah makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan suplemen ini?

Suplemen dan obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter, tim medis, atau apoteker.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari suplemen ini?

Suplemen Cerebrovit Ginkgo dan X-Cel dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberitahu dokter dan apoteker semua kondisi kesehatan yang Anda miliki.

Berikut adalah kondisi-kondisi kesehatan yang bisa jadi berinteraksi dengan suplemen ini:

  • diabetes
  • hipoglikemia
  • hipertensi
  • gangguan ginjal
  • kanker
  • asidosis

Overdosis

Bagaimana gejala overdosis Cerebrovit dan apa efeknya?

Anda sebaiknya tidak mengonsumsi Cerebrovit Ginkgo dan X-Cel secara berlebihan. Meski kasus kejadiannya sangat jarang, suplemen multivitamin ini berpotensi menyebabkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Salah satu efek yang berbahaya akibat konsumsi multivitamin berlebihan adalah hipervitaminosis. Kondisi ini menyebabkan kadar vitamin di dalam tubuh Anda terlalu tinggi sehingga memungkinkan terjadi keracunan.

Berikut adalah gejala-gejala hipervitaminosis yang perlu Anda waspadai:

  • gangguan pencernaan
  • refluks asam lambung
  • susah tidur atau insomnia
  • batu ginjal
  • gula darah naik

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum dosis suplemen?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis suplemen dalam satu kali minum.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Dermovate

    Dermovate cream dan salep digunakan untuk peradangan kulit. Cari tahu dosis, efek samping, keamanan, serta peringatan pemakaian obat ini di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 05/03/2019 . Waktu baca 7 menit

    Extra Joss

    Cari tahu informasi tentang Extra Joss di Hello Sehat, termasuk fungsi, efek samping, keamanan, interaksi, peringatan, foto, dan ulasan dari pengguna.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 05/03/2019 . Waktu baca 7 menit

    Neurosanbe

    Neurosanbe adalah obat dengan vitamin B1, B6, dan B12. Cari tahu dosis, efek samping, serta peringatan pemakaian Neurosanbe di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 04/03/2019 . Waktu baca 7 menit

    Celestamine

    Celestamine adalah obat untuk mengatasi gatal-gatal dan peradangan pada kulit. Cari tahu aturan pakai serta peringatan pemakaian Celestamine di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 21/02/2019 . Waktu baca 7 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Paramex

    Paramex

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 18/06/2019 . Waktu baca 8 menit
    obat tradisional atau ot

    3 Jenis Obat Tradisional yang Umum Dikonsumsi Orang Indonesia

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 07/04/2019 . Waktu baca 7 menit
    caviplex

    Caviplex

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 15/03/2019 . Waktu baca 8 menit
    susu hamil prenagen emesis

    Prenagen Emesis

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 11/03/2019 . Waktu baca 7 menit