Ini Alasan Mengapa Vitamin C Penting untuk Tubuhmu

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Vitamin C memiliki beragam manfaat dan dapat secara mudah ditemukan pada sayuran dan buah. Biasanya jika daya tahan tubuh melemah, tak jarang dokter meresepkan vitamin C tablet untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dalam melawan penyakit.

Manfaat vitamin C dalam menjaga daya tahan tubuh

mengembalikan kesehatan kulit wajah

Jaringan dan sistem pertahanan tubuh dapat terbentuk melalui asupan beragam vitamin dan mineral. Salah satu vitamin penting yang mendukung fungsi tubuh adalah vitamin C. 

Tubuh membutuhkan vitamin C dalam membentuk pembuluh darah, tulang rawan, serta kolagen dalam tulang. Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat yang dapat mendorong proses penyembuhan di dalam tubuh.

Meskipun memiliki mekanisme dalam melawan penyakit, tubuh tidak mampu memproduksi vitamin C sendiri. Maka itu, dibutuhkan asupan dari makanan atau minuman yang mengandung asam askorbat ini.

Vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi. Salah satu perannya adalah memicu produksi kolagen. Kolagen juga menjadi salah satu protein penting yang dapat diproduksi tubuh dengan bantuan vitamin C. Menurut laman Medical News Today, 1-2% jaringan otot terdiri atas kolagen. Di sini kolagen dibutuhkan tubuh untuk membantu penyembuhan luka.

Selain itu, vitamin C memiliki manfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Jika individu mengalami anemia, vitamin C berkontribusi dalam mengabsorpsi zat besi untuk membentuk hemoglobin dan mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Di dalam vitamin C, kandungan antioksidan di dalamnya dapat memproteksi sel tubuh dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas merupakan komponen yang memberikan stres oksidatif yang dapat meningkatkan peluang kanker, diabetes, sistem saraf pusat, katarak, dan penuaan dini.

Manfaat positif di atas dapat Anda peroleh melalui konsumsi beragam sayuran dan buah yang mengandung vitamin C. 

Sumber vitamin C yang bisa dikonsumsi 

Setelah mengetahui peran dan manfaat vitamin C dalam meningkatkan fungsi proteksi dan daya tahan tubuh, perlu dilanjutkan langkah untuk mengonsumsinya secara teratur. Setiap orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi vitamin C 90 mg untuk laki-laki dan 75 mg untuk perempuan.

Vitamin C dapat diperoleh alami melalui sayuran dan buah-buahan berikut ini.

1. Jambu biji

manfaat jambu biji untuk ibu hamil

Jambu biji atau dikenal sebagai guava mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Satu buah jambu biji mengandung sekitar 126 mg vitamin C.

Jambu biji memberikan perlindungan tubuh melalui vitamin C dalam mengurangi demam dan pilek yang berkepanjangan. Selain itu, vitamin C memberikan manfaat antimikroba yang mampu melawan virus dan bakteri penyebab infeksi. Anda bisa menyertakan jambu biji dalam asupan serat harian Anda. 

2. Brokoli

manfaat brokoli

Sayuran hijau ini juga mengandung tinggi vitamin C. Setidaknya 1 cup brokoli mengandung 51 mg vitamin C. Manfaat vitamin C dalam brokoli juga dapat menurunkan level stres oksifatif, memperbaiki daya tahan tubuh, serta meminimalkan risiko kanker dan gangguan jantung.

3. Jeruk

serabut putih pada jeruk

Buah ini pasti sudah tidak asing lagi. Apalagi sering dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut. Di dalam jeruk berukuran medium terkandung 70 mg vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jeruk memiliki manfaat untuk mencegah anemia, meningkatkan kesehatan jantung, serta menghindari batu ginjal.

4. Kale

Anda bisa menyertakan kale dalam menu makanan harian. Satu cangkir kale yang dipotong kasar mengandung 80 mg vitamin C. Antioksidan di dalam kale dapat mengurangi inflamasi kronis.

5. Kiwi

makan kiwi saat hamil

Satu kiwi berukuran medium mengandung 71 mg vitamin C. Kiwi dapat mengurangi stres oksidatif, kolestrol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 kiwi dalam sehari. Hasil studi mengatakan kiwi dapat mengurangi kekentalan platelet darah 18% dan menurunkan trigliserida darah 15%. Dengan begitu, vitamin C dalam kiwi memiliki manfaat penurunan risiko penggumpalan darah dan stroke.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Jenis Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Anemia

Salah satu cara mengatasi masalah anemia adalah dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin penambah darah. Apa saja vitamin untuk kurang darah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Wajar jika merasa khawatir terhadap ketidakpastian di tengah pandemi COVID-19. Yuk, cari tahu solusi menghadapi kecemasan di new normal di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Tips untuk Perempuan Menjaga Kesehatan Tulang dan Daya Tahan Tubuh di Masa New Normal

Ketahui beragam tips menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk perempuan, saat masa New Normal seperti sekarang.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
menjaga kesehatan tulang untuk perempuan
Hidup Sehat, Tips Sehat 1 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ketika bulan puasa, banyak orang yang mudah sakit dan merasa cepat lemas. Karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc untuk mengatasinya. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hari Raya, Ramadan 1 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin C mencerahkan kulit

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit
vitamin untuk anak

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit
Konten Bersponsor
fungsi sistem imun

Bantu Cegah Penyakit, Ini Peran Vitamin C, D, dan Kalsium di Sistem Imun

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit
makanan untuk penderita thalasemia

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit