home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Nutrisi Rujak, Camilan Sehat dan Segar di Mulut

Nutrisi Rujak, Camilan Sehat dan Segar di Mulut

Siapa yang tidak tahu rujak? Makanan khas tradisional Indonesia ini disukai mulai dari anak kecil hingga dewasa. Selain rasanya yang enak dan memberikan sensasi kesegaran, perpaduan berbagai jenis buah dan sayuran ditemani dengan sambal kacang yang pedas ini sering disangka mengandung nutrisi dan vitamin di dalamnya sehingga baik untuk kesehatan. Yuk, mari kita cari tahu jawabannya.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi pada Rujak

Biasanya, rujak terdiri dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran, seperti mangga, nanas, mentimun, kedondong, jambu air, dan bengkoang. Akan tetapi, satu porsi rujak untuk ukuran 200 g dengan saus kacang memiliki,

  • 243 kalori

  • 12.3 gram lemak

  • 24.07 gram karbohidrat

  • 11.98 gram protein

Kandungan nutrisi pada rujak tersebut berasal dari buah-buahan yang ada pada rujak. Nah, mari kita lihat buah-buahan apa saja yang ada pada rujak dan mengandung vitamin di dalamnya.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi Buah pada Rujak

1.Mangga

manfaat buah mangga

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini sangat sering ditemui pada rujak. Rasa asam dan manis yang timbul menawarkan sensasi kesegaran ketika musim kemarau. Satu buah mangga biasanya mengandung 100 kalori dengan vitamin A, vitamin C, folat, vitamin B, serta vitamin K dan kalium. Udah tau dong kalau kandungan nutrisi dan vitamin pada rujak sangat banyak jika ada mangga dan baik untuk kesehatan kita.

2. Nanas

Selain mangga, nanas juga sering dijadikan sebagai buah pada rujak. Satu buah nanas memiliki 82 kalori dengan kandungan vitamin C, vitamin A, kalsium, dan zat besi. Selain itu, buah nanas juga memiliki enzim bromelain yang baik untuk pencernaan dan mempercepat pemecahan makanan di dalam tubuh. Nah vitamin dan nutrisi pada nanas ini bisa menjadi tolak ukur apakah rujak bergizi atau tidak.

3. Mentimun

timun cina adalah

Satu hal yang tidak boleh absen dari rujak adalah mentimun. Satu buah timun biasanya memiliki 45 kalori dan 11 gram karbohidrat. Beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya juga mendukung manfaat dari mentimun sebagai pelancar buang air besar, seperti vitamin C, vitamin K, kalium, dan magnesium.

4. Bengkoang

manfaat bengkoang

Buah dengan rasa yang lebih manis dan segar daripada kentang ini memiliki kalori rendah. Selain itu, kandungan vitamin C nya yang tinggi membuat bengkoang menjadi buah dengan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin dan nutrisi lainnya pada bengkoang adalah kalsium, kalium, serat, dan protein juga dapat diperoleh dari buah ini.

Buah-buahan yang ada di atas tadi adalah buah yang sering kita jumpai di rujak. Kalian juga pasti tahu kalau buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin dan nutrisi. Akan tetapi, konsumsi rujak biasanya disertai dengan sambal kacang yang pedas. Mari kita lihat, kandungan vitamin dan nutrisi apa saja yang ada pada teman setia saat makan rujak ini.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi pada Sambal Kacang

rujak

Sambal kacang biasanya ditemui sebagai bumbu pada rujak, sate, atau ayam bakar. Pernah terpikir tidak kalau misalnya perpaduan antara buah-buahan dan sayuran dengan sambal kacang pada rujak bisa mengubah kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di buah dan sayuran?

Satu cangkir sambal kacang biasanya memiliki sekitar 700 kalori, 55 gram lemak, dan 35 gram karbohidrat. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, sambal kacang termasuk dalam ‘lumayan baik’. Akan tetapi, konsumsi sambal kacang yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Selain itu, jika makanan utamanya seperti ayam atau daging maka akan menambah kalori yang lebih banyak sehingga tidak menjadi seimbang.

Kandungan vitamin dan nutrisi pada sambal kacang jika dicampurkan dengan buah-buahan dan sayuran kemungkinan besar tidak akan mengubah manfaat dari yang sudah ada. Oleh karena itu, rujak baik dikonsumsi asalkan dalam porsi yang sesuai dengan takaran kebutuhan kalori masing-masing orang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Everything you need to know about pineapples.

https://www.medicalnewstoday.com/articles/276903.php .Accessed March 22, 2019

Everything you need to know about mangoes. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275921.php Accessed March 22, 2019

7 health benefits of eating cucumber. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-cucumber#section1 Accessed March 22, 2019

What are the health benefits of Jicama (Bengkoang) https://www.medicalnewstoday.com/articles/324241.php Accessed March 22, 2019

Is Peanut Sauce Healthy? https://www.livestrong.com/article/397170-is-peanut-sauce-healthy/ Accessed March 22, 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 03/04/2019
x