Nutrisi Rujak, Camilan Sehat dan Segar di Mulut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak tahu rujak? Makanan khas tradisional Indonesia ini disukai mulai dari anak kecil hingga dewasa. Selain rasanya yang enak dan memberikan sensasi kesegaran, perpaduan berbagai jenis buah dan sayuran ditemani dengan sambal kacang yang pedas ini sering disangka mengandung nutrisi dan vitamin di dalamnya sehingga baik untuk kesehatan. Yuk, mari kita cari tahu jawabannya.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi pada Rujak

Biasanya, rujak terdiri dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran, seperti mangga, nanas, mentimun, kedondong, jambu air, dan bengkoang. Akan tetapi, satu porsi rujak untuk ukuran 200 g dengan saus kacang memiliki,

  • 243 kalori

  • 12.3 gram lemak

  • 24.07 gram karbohidrat

  • 11.98 gram protein

Kandungan nutrisi pada rujak tersebut berasal dari buah-buahan yang ada pada rujak. Nah, mari kita lihat buah-buahan apa saja yang ada pada rujak dan mengandung vitamin di dalamnya.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi Buah pada Rujak

1.Mangga

manfaat buah mangga

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini sangat sering ditemui pada rujak. Rasa asam dan manis yang timbul menawarkan sensasi kesegaran ketika musim kemarau. Satu buah mangga biasanya mengandung 100 kalori dengan vitamin A, vitamin C, folat, vitamin B, serta vitamin K dan kalium. Udah tau dong kalau kandungan nutrisi dan vitamin pada rujak sangat banyak jika ada mangga dan baik untuk kesehatan kita.

2. Nanas

Selain mangga, nanas juga sering dijadikan sebagai buah pada rujak. Satu buah nanas memiliki 82 kalori dengan kandungan vitamin C, vitamin A, kalsium, dan zat besi. Selain itu, buah nanas juga memiliki enzim bromelain yang baik untuk pencernaan dan mempercepat pemecahan makanan di dalam tubuh. Nah vitamin dan nutrisi pada nanas ini bisa menjadi tolak ukur apakah rujak bergizi atau tidak. 

3. Mentimun

timun cina adalah

Satu hal yang tidak boleh absen dari rujak adalah mentimun. Satu buah timun biasanya memiliki 45 kalori dan 11 gram karbohidrat. Beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya juga mendukung manfaat dari mentimun sebagai pelancar buang air besar, seperti vitamin C, vitamin K, kalium, dan magnesium.

4. Bengkoang

manfaat bengkoang

Buah dengan rasa yang lebih manis dan segar daripada kentang ini memiliki kalori rendah. Selain itu, kandungan vitamin C nya yang tinggi membuat bengkoang menjadi buah dengan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin dan nutrisi lainnya pada bengkoang adalah kalsium, kalium, serat, dan protein juga dapat diperoleh dari buah ini.

Buah-buahan yang ada di atas tadi adalah buah yang sering kita jumpai di rujak. Kalian juga pasti tahu kalau buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin dan nutrisi. Akan tetapi, konsumsi rujak biasanya disertai dengan sambal kacang yang pedas. Mari kita lihat, kandungan vitamin dan nutrisi apa saja yang ada pada teman setia saat makan rujak ini.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi pada Sambal Kacang

rujak

Sambal kacang biasanya ditemui sebagai bumbu pada rujak, sate, atau ayam bakar. Pernah terpikir tidak kalau misalnya perpaduan antara buah-buahan dan sayuran dengan sambal kacang pada rujak bisa mengubah kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di buah dan sayuran?

Satu cangkir sambal kacang biasanya memiliki sekitar 700 kalori, 55 gram lemak, dan 35 gram karbohidrat. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, sambal kacang termasuk dalam ‘lumayan baik’. Akan tetapi, konsumsi sambal kacang yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Selain itu, jika makanan utamanya seperti ayam atau daging maka akan menambah kalori yang lebih banyak sehingga tidak menjadi seimbang.

Kandungan vitamin dan nutrisi pada sambal kacang jika dicampurkan dengan buah-buahan dan sayuran kemungkinan besar tidak akan mengubah manfaat dari yang sudah ada. Oleh karena itu, rujak baik dikonsumsi asalkan dalam porsi yang sesuai dengan takaran kebutuhan kalori masing-masing orang.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Banyak orang menjalani suntik vitamin C dan memakai produk berbahan vitamin C untuk memutihkan kulit. Tapi apa benar vitamin C bisa mencerahkan kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ada banyak vitamin anak yang dijual di pasaran. Namun, perlukah pemberian vitamin untuk anak? Seberapa penting vitamin untuk kesehatan si kecil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Bantu Cegah Penyakit, Ini Peran Vitamin C, D, dan Kalsium di Sistem Imun

Demi fungsi sistem imun yang optimal, tubuh butuh asupan nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Ketahui peran nutrisi untuk dukung sistem imun dan sumbernya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
fungsi sistem imun
Nutrisi, Hidup Sehat 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Salah satu masalah orang thalasemia adalah masalah gizi. Apa saja pilihan nutrisi dan makanan untuk penderita thalasemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat buah stroberi

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
vitamin untuk otak

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
minum vitamin pagi atau malam

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gambar apa itu suntik putih

Benarkah Suntik Putih Ampuh dan Aman untuk Mencerahkan Kulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit