home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Apa Saja Manfaat Muesli yang Jadi Favorit Saat Diet?

Apa Saja Manfaat Muesli yang Jadi Favorit Saat Diet?

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet sehat tentu tak asing dengan muesli. Kandungan muesli ini digadang-gadang sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dan dapat membantu menurunkan berat badan. Apakah benar? Simak ulasannya berikut.

Apa itu muesli?

apa itu granola

Muesli adalah makanan serupa sereal yang terbuat dari gandum utuh, kacang-kacangan, serpihan gandum, serta tambahan buah kering. Biasanya orang-orang memakan muesli dengan campuran susu, yogurt, buah segar, atau jus buah.

Meski baru banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia pada beberapa tahun terakhir, muesli ternyata sudah ada sejak akhir abad ke-19. Makanan ini pertama kali dibuat oleh dr. Maximilian Bircher-Benner, seorang ahli gizi asal Swiss.

Terkadang, muesli dianggap sama dengan granola, padahal keduanya merupakan makanan yang berbeda. Dalam pembuatannya, bahan-bahan muesli tidak melalui proses pemanggangan yang panjang, sehingga hasilnya lebih natural.

Sedangkan pada pembuatan granola, bahan-bahannya dicampur dengan pemanis seperti madu dan ditambahkan minyak, lalu dipanggang.

Benarkah muesli menyehatkan?

tubuh sehat

Setiap komponen yang terdapat dalam muesli dikenal sebagai makanan super yang dipercaya berkualitas tinggi dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Apa saja manfaat dari muesli?

1. Membantu menurunkan berat badan

Muesli sering kali menjadi menu makanan bagi orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Hal ini ternyata bukan tanpa alasan, karena muesli mengandung protein dan serat yang bisa menunjang program diet.

Protein mendukung penurunan berat badan dengan memperlambat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan Anda, sehingga efeknya akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Oat mentah yang terkandung dalam muesli juga tinggi akan kandungan pati resistennya. Pati jenis ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Selain itu, saat dipecah dalam perut, tubuh akan melepaskan asam pencernaan yang dapat menekan nafsu makan sekaligus meningkatkan metabolisme.

2. Manfaat muesli untuk jantung

Dedak gandum yang ada pada muesli ternuata mengandung serat yang bernama beta-glukan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada 2011, beta-glukan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol hingga 10 persen. Seperti yang telah diketahui, tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit jantung.

Untuk bantu menjaga kesehatannya, Anda bisa coba mengonsumsi muesli secara teratur. Anda bisa menambah muesli dengan topping buah-buahan kaya vitamin C.

Vitamin C juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan baik untuk jantung Anda.

Makanan Sehat untuk Pasien Penyakit Jantung, Plus Cara Mengolahnya

3. Sumber energi yang baik

Manfaat selanjutnya, muesli bisa menjadi sumber karbohidrat kompleks dan vitamin B yang baik.

Memang, baik karbohidrat sederhana maupun karbohidrat kompleks sama-sama akan diubah menjadi glukosa gula darah dalam tubuh lalu digunakan sebagai energi. Namun, karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lama dalam tubuh.

Tidak hanya membuat Anda kenyang lebih lama, karbohidrat kompleks juga akan meningkatkan kadar glukosa darah dalam waktu yang lebih lama dan menghasilkan peningkatan energi yang lebih tahan lama pula.

Dibandingkan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks lebih efektif dalam menyediakan energi bagi tubuh.

Sementara itu, vitamin B akan membantu kelancaran metabolisme tubuh serta turut membantu dalam mengubah makanan menjadi energi.

4. Membantu menjaga sistem imunitas tubuh

Muesli juga memiliki kandungan zinc dan zat besi yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Zat besi adalah zat yang berfungsi untuk membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Keberadaan zat ini dapat mencegah penyebaran infeksi bakteri patogen yang bisa menimbulkan penyakit.

Di sisi lain, zinc menjadi komponen yang berperan penting dalam pembentukan sel-sel sistem kekebalan tubuh yang baru. Zat-zat ini bisa Anda temukan pada biji-bijian yang ada pada muesli.

Memilih muesli yang sehat

Meski muesli menyehatkan, terkadang ada beberapa produk yang mengandung lemak dan gula tambahan.

Lemak yang terkandung memang biasanya merupakan jenis lemak tak jenuh yang dikenal sebagai lemak baik, tapi kandungannya bisa meningkat bila produsen menambahkan minyak nabati pada muesli.

Maka dari itu, agar khasiatnya lebih efektif, pilihlah muesli dengan jumlah lemak kurang dari 10 gram dalam 100 gramnya.

Perhatikan juga bahan yang terkandung dalam muesli melalui label kemasan. Perlu diketahui, beberapa buah kering yang jadi tambahan muesli juga telah dicampur dengan pemanis. Pastikan untuk membeli muesli yang tidak mengandung tambahan gula.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

El Khoury, D., Cuda, C., Luhovyy, B. and Anderson, G., 2012.Beta Glucan: Health Benefits in Obesity and Metabolic Syndrome. Journal of Nutrition and Metabolism, 2012, pp.1-28.

Colex Carbohydrates. (2020). Medline Plus. Retrieved 18 February 2021, from https://medlineplus.gov/ency/imagepages/19529.htm

Protein. (n.d.). Harvard T.H. Chan School of Public Health. Retrieved 18 February 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/protein/#protein_weight_control

Breakfast Cereals Ranked Best to Worst. (n.d.). British Heart Foundation. Retrieved 18 February 2021, from https://www.bhf.org.uk/informationsupport/heart-matters-magazine/nutrition/breakfast-cereals-ranked-best-to-worst

8 Vitamins & Minerals You Need for a Healthy Immune System. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 18 February 2021, from https://health.clevelandclinic.org/eat-these-foods-to-boost-your-immune-system/

Cranberry-Almond Breakfast Cereal Recipe. (2018). Eat Right. Retrieved 18 February 2021, from https://www.eatright.org/food/planning-and-prep/recipes/cranberry-almond-breakfast-cereal-recipe

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 12/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro