home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Gula Aren, Apakah Semanis Rasanya?

Manfaat Gula Aren, Apakah Semanis Rasanya?

Manfaat gula aren belakangan menjadi perbincangan masyarakat karena gula tersebut kerap dijadikan pemanis di es kopi susu kekinian. Dilihat dari sisi lain, gula aren juga kerap dijadikan pengganti gula pasir bagi orang dengan kadar gula darah tinggi atau diabetes. Lantas, apakah benar manfaat gula aren senikmat rasanya yang manis dan legit? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana cara pembuatan gula aren?

Gula aren dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Agar dapat mengambil manfaat gula aren, gula yang memiliki tampilan mirip dengan gula jawa ini didapatkan dengan dua langkah alami, yaitu:

  • Kumpulkan potongan dan getah cair pada bunga jantan pohon enau pada sebuah wadah.
  • Getah diletakkan di atas sebuah pemanas hingga sebagian besar airnya menguap.

Produk akhirnya berwarna coklat tua cair dan siap dicetak. Gula aren juga sering disamakan dengan gula kelapa. Keduanya memang mirip karena proses pembuatannya sama, tapi berasal dari pohon yang berbeda.

Apa kandungan nutrisi gula aren?

Dilansir dari US Department of Agriculture, gula aren mengandung 337 kkal dalam 100 gram penyajian. Selain itu, 100 gram gula aren juga mengandung 84,21 gram karbohdirat, 211 mg garam, dan 84,21 gram gula.

Seperti gula pasir, gula aren juga mengandung banyak kalori. Karena itu, Anda tetap harus membatasi konsumsinya agar tetap bisa merasakan manfaat gula aren. Nyatanya, gula ini memiliki kadar Indeks Glikemik (IG) yang lebih rendah daripada gula lainnya.

Berdasarkan data yang dipaparkan American Diabetes Association, nilai IG adalah:

  • Rendah jika sama dengan atau di bawah 55
  • Sedang jika berada di antara 56-69
  • Tinggi jika sama dengan atau di atas 70

Glukosa punya angka IG sebesar 100. Sebagai perbandingan, makanan dengan IG 50 dapat meningkatkan kadar gula darah setengah dari glukosa murni.

Gula pasir memiliki IG sekitar 68, sedangkan berdasarkan buku Contemporary Nutrition Functional Approach yang dikutip Live Strong, gula aren memiliki IG 35 dan mengandung banyak mineral penting. Karena itu, manfaat gula aren mungkin lebih unggul daripada jenis pemanis lainnya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa IG dapat sangat bervariasi di antara individu dan mungkin juga berbeda pada jenis-jenis gula yang dikeluarkan dengan pohon keluarga palma lainnya.

Manfaat gula aren semanis rasanya?

Dibandingkan dengan pemanis lain, gula aren memiliki dampak yang relatif rendah pada glukosa darah. Karena itu, gula aren cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes, yang tidak menghasilkan cukup insulin atau resisten terhadap insulin.

Sebagai perbandingan, gula pasir biasanya memiliki IG 68 dan madu berada di angka 55. Dibandingkan dengan gula merah dan gula pasir, gula aren lebih tinggi kalium, magnesium, seng, zat besi, fosfor, nitrogen, dan natrium.

Namun, hanya karena gula aren berdampak lebih rendah pada kadar gula darah, tidak berarti gula tersebut bisa dikonsumsi sebanyak-banyak. Mengonsumsi dalam jumlah berlebihan juga akan meningkatkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Alhasil, manfaat gula aren akan berubah menjadi bahaya.

Selain gula aren, ada berbagai jenis pemanis yang dapat menggantikan gula pasir dengan IG lebih rendah. Beberapa di antaranya adalah madu, gula kelapa, dan sirup maple.

Pada intinya, pengganti gula pasir yang telah disebutkan bukanlah makanan ajaib. Karena itu, memerhatikan pola makan dan menjaga porsi sangat penting diperhatikan sebelum mengkonsumsi pemanis tersebut.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Palm Sugar. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/402488/nutrients. Accessed November 27, 2019.

Can people with diabetes eat coconut palm sugar? https://www.medicalnewstoday.com/articles/317613.php#nutrients. Accessed November 27, 2019.

Coconut Sugar — A Healthy Sugar Alternative or a Big, Fat Lie? https://www.healthline.com/nutrition/coconut-sugar#section5. Accessed November 27, 2019.

8 Natural Substitutes for Sugar. https://www.healthline.com/nutrition/natural-sugar-substitutes#section7. Accessed November 27, 2019.

How Does Palm Sugar Affect Blood Glucose? https://www.livestrong.com/article/557464-how-does-palm-sugar-affect-blood-glucose. Accessed November 27, 2019.

Glycemic Index and Diabetes. diabetes.org/glycemic-index-and-diabetes. Accessed November 27, 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x