backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Manfaat Daun Kailan, Sayuran Hijau yang Kaya Gizi

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

10 Manfaat Daun Kailan, Sayuran Hijau yang Kaya Gizi

Daun kailan memang terdengar asing bagi sebagian orang. Dalam masakan Tionghoa, sayuran hijau ini biasanya diolah dengan cara ditumis menggunakan rempah-rempah. Mari simak apa itu kailan dan manfaat sayuran ini untuk kesehatan.  

Kandungan gizi daun kailan

Sayur kailan adalah jenis sayuran hijau yang memiliki daun berbentuk keriting dengan batang yang tebal dan keras. 

Kailan (Brassica oleracea) merupakan bagian dari keluarga kubis yang banyak ditemukan di negara Cina serta beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia.

Sayur kailan atau disebut juga dengan Chinese broccoli ini dikenal mengandung berbagai macam zat gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini kandungan zat gizi di dalam 100 gram sayur kailan. 

  • Kalori: 41 kkal
  • Protein: 2,35 gram (g).
  • Karbohidrat: 8,24 g.
  • Serat: 2,4 g.
  • Kalsium: 176 milligram (mg).
  • Zat besi: 3,18 mg.
  • Natrium: 71 mg.
  • Vitamin C: 127 mg.
  • Vitamin A: 2941 IU.

Kailan juga mengandung asam folat, zink, vitamin E, vitamin K serta berbagai jenis senyawa antioksidan seperti karotenoid yang bermanfaat untuk tubuh. 

Manfaat kailan untuk kesehatan

Dilihat dari kandungan zat gizinya, tidak mengherankan jika sayuran hijau ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah anemia

mengatasi anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah atau hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen untuk dibawa ke seluruh tubuh. 

Nah, kailan mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Oleh sebab itu, rutin mengonsumsi sayuran ini bisa membantu mencegah risiko anemia. 

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun kailan lainnya untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini karena sayuran hijau ini mengandung vitamin A

Mengutip American Academy of Ophthalmology, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan seseorang mengalami rabun senja atau kesulitan melihat di malam hari. 

Vitamin A berperan penting untuk memproduksi pigmen rhodopsin, yaitu pigmen di retina yang berfungsi untuk membantu Anda melihat di dalam lingkungan yang gelap. 

3. Mencegah sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan sulit buang air besar. Salah satu penyebab kondisi ini adalah akibat kurangnya konsumsi serat. 

Nah, sayur kailan mengandung serat yang bermanfaat untuk membantu mencegah sembelit.

Kandungan serat pada sayur hijau ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan melunakkan feses yang keras agar lebih mudah untuk dikeluarkan. 

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat daun kailan selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang karena jenis sayur hijau ini mengandung kalsium.

Kalsium merupakan mineral penting yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Selain itu, sayuran hijau ini juga mengandung vitamin K. 

Studi dalam jurnal Journal of Osteoporosis menunjukkan bahwa kurangnya asupan vitamin K berkaitan dengan penurunan kepadatan mineral tulang dan meningkatkan risiko patah tulang.

Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan mengandung vitamin K seperti kailan secara rutin dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Apakah sayur kale dan sayur kailan sama?

Meski tampilannya mirip, sayur kale dan sayur kailan berbeda. Sayur kailan biasanya memiliki batang yang tebal, sedangkan batang kale sedikit ramping dan lebih panjang.

5. Menyehatkan jantung

Tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan tulang, mengonsumsi daun kailan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, 

Potensi manfaat daun kailan ini berasal dari kandungan vitamin K di dalamnya. Vitamin K dapat membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh arteri dan melancarkan aliran darah. 

Selain itu, studi dalam Journal of the American Heart Association menyebutkan bahwa orang yang megonsumsi vitamin K memiliki risiko lebih kecil untuk dirawat di rumah sakit karena aterosklerosis. 

Aterosklerosis adalah penyakit yang muncul ketika plak (timbunan lemak) menyumbat arteri. Hal ini mengakibatkan aliran darah melalui arteri menjadi terhambat dan berisiko menyebabkan penyakit jantung koroner.

6. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat daun kailan selanjutnya untuk kesehatan adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini berkat kandungan vitamin C.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat melindungi tubuh dari bakteri atau virus penyebab penyakit.

Selain itu, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Dengan begitu, sel imun tubuh bisa berfungsi secara optimal untuk melindungi tubuh dari risiko penyakit.

7. Pilihan makanan untuk diet

Sayur kailan bisa menjadi pilihan makanan dalam menu harian untuk menurunkan berat badan

Hal ini karena kailan memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam program diet rendah kalori. 

Tidak hanya itu, kailan juga mengandung serat dan protein. Kedua zat gizi tersebut dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. 

8. Baik untuk ibu hamil

makanan yang harus dihindari saat hamil muda

Selain bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, sayur kailan baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat daun kailan untuk ibu hamil ini berasal dari kandungan asam folat, yakni jenis vitamin B yang merupakan salah satu zat gizi penting untuk kesehatan janin.

Mengutip situs Pregnancy Birth and Baby, mengonsumsi asam folat selama masa kehamilan dapat berpotensi menurunkan risiko cacat lahir pada bayi.

9. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Potensi manfaat daun kailan untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan risiko penyakit kanker. 

Studi dalam jurnal Advances in Pharmacological and Pharmaceutical Sciences jenis sayuran cruciferous seperti halnya daun kailan mengandung glukosinolat serta flavonoid yang tinggi.

Berbagai senyawa tersebut memiliki sifat antikanker yang dapat berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikkan manfaat daun kailan untuk menurunkan risiko kanker. 

10. Menjaga kesehatan kulit

Rutin mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran mengandung vitamin C seperti kailan juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit

Hal ini karena vitamin C dapat mendorong produksi kolagen, yakni protein utama yang membentuk struktur kulit manusia. 

Kolagen dapat membantu mengencangkan kulit serta mengurangi kerutan dan garis halus di wajah.

Sebagai antioksidan, vitamin C pada daun kailan ini juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Agar lebih sehat, jenis sayur hijau ini biasanya diolah dengan cara direbus atau ditumis menggunakan berbagai rempah seperti jahe dan bawang putih.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari kailan secara optimal dengan memasukkannya ke dalam diet seimbang yang dilengkapi sumber protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.

Kesimpulan

Daun kailan alias Chinese broccoli memiliki kandungan serat, zat besi, vitamin C, vitamin A, serta vitamin K sehingga memberikan manfaat berikut ini.
  • Mencegah anemia.
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Mencegah sembelit.
  • Menjaga kesehatan tulang.
  • Menyehatkan jantung.
  • Menjaga daya tahan tubuh.
  • Mendukung diet rendah kalori.
  • Meningkatkan kesehatan ibu hamil.
  • Mengurangi risiko kanker.
  • Menyehatkan kulit.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan