home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ragam Manfaat dan Makanan yang Mengandung Omega-6

Ragam Manfaat dan Makanan yang Mengandung Omega-6

Asam lemak omega-6 termasuk asam lemak jenuh rantai ganda yang diperlukan tubuh sebagai komponen sel dan produksi energi. Tubuh tidak dapat membuat zat gizi ini, sehingga Anda perlu mendapatkannya dari makanan yang mengandung omega-6.

Beragam makanan yang mengandung omega-6

omega 3 untuk ibu hamil

Asam lemak omega-6 adalah asam lemak tak jenuh yang banyak terdapat pada sumber nabati, terutama dalam bentuk minyak. Selain itu, Anda bisa memperoleh zat gizi ini dari beberapa sumber pangan hewani, baik alami maupun olahan.

Makanan yang tergolong tidak menyehatkan seperti makanan ringan, makanan cepat saji, junk food, kue-kue manis, serta daging tinggi lemak juga bisa mengandung asam lemak omega-6.

Namun, akan lebih baik jika Anda memilih sumber omega-6 yang berkualitas dan sehat. Di bawah ini beberapa contoh makanan yang banyak mengandung omega-6 beserta jumlahnya per 100 gram.

  • Minyak safflower (75 gram)
  • Minyak kenari (53 gram)
  • Minyak kedelai (50 gram)
  • Mayones (40 gram)
  • Mentega (37 gram)
  • Biji bunga matahari (34 gram)
  • Biji wijen (20 gram)
  • Biji labu (20 gram)
  • Selai kacang (12,3 gram)
  • Daging sapi (300 miligram)
  • Tahu (4.339 miligram)
  • Sosis (4.000 miligram)
  • Telur (3.500 miligram)

Makanan yang mengandung asam lemak omega-6 tidak terbatas pada pilihan di atas. Anda pun bisa memperoleh zat gizi ini dalam jumlah kecil dari ayam, minyak biji anggur, minyak kanola, minyak rami, serta acai berry.

Batas aman konsumsi makanan sumber omega 6

manfaat omega 3

Tubuh membutuhkan asam lemak omega-6 untuk berbagai kegunaan. Di antaranya untuk membentuk struktur dan menjalankan fungsi sel, mengatur aktivitas gen di dalam sel, serta membantu perkembangan otak pada janin dan anak-anak.

Walaupun penting, makan makanan yang mengandung omega-6 secara berlebihan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Asupan dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko peradangan dan penyakit yang berkaitan dengan kondisi tersebut.

Batas aman asupan harian omega-6 berbeda-beda pada setiap orang. Rekomendasi asupan harian untuk pria berusia 19 – 50 tahun yaitu 17 gram per hari, sedangkan wanita dengan usia yang sama membutuhkan 12 gram per hari.

Asupan yang melebihi rekomendasi harian akibat makan makanan yang mengandung omega-6 tidak berbahaya jika terjadi sesekali.

Meski begitu, kelebihan omega 6 dalam jangka panjang dapat meningkatkan tekanan darah serta memicu pembentukan plak yang menjadi penyebab stroke dan serangan jantung.

Mencegah gangguan kesehatan akibat kelebihan omega-6

Omega-6 memiliki sifat proinflamasi, yang berarti memicu peradangan. Itu sebabnya, selain makan makanan yang mengandung omega-6, Anda juga dianjurkan mengonsumsi asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai senyawa antiinflamasi.

Perbandingan antara omega-3 dan omega-6 bisa bervariasi, tergantung kondisi kesehatan Anda. Namun, rasio yang disarankan umumnya yaitu 4:1. Sebagai contoh, asupan 10 gram omega-6 dalam sehari perlu diiringi dengan asupan 40 gram omega-3.

Konsumsi makanan yang mengandung omega-6 akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Meski demikian, asupan omega-6 jauh melebihi batas aman dapat merugikan kesehatan.

Batasi konsumsi berbagai macam minyak nabati yang mengandung omega-6 dalam jumlah tinggi. Selain itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan sumber omega-3.

Cara ini bermanfaat agar Anda bisa memperoleh manfaat omega-6 tanpa perlu merasa cemas akan efek samping akibat asupan berlebih.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Top 12 Foods High In Omega-6. https://www.organicfacts.net/foods-omega-6.html Diakses pada 13 Juni 2019.

Top 10 Foods Highest in Omega 6 Fatty Acids. https://www.myfooddata.com/articles/high-omega-6-foods.php Diakses pada 13 Juni 2019.

How to Optimize Your Omega-6 to Omega-3 Ratio. https://www.healthline.com/nutrition/optimize-omega-6-omega-3-ratio#section5 Diakses pada 13 Juni 2019.

Omega-3-6-9 Fatty Acids: A Complete Overview. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-6-9-overview#section7 Diakses pada 13 Juni 2019.

Recommended Daily Omega 6 Intake. https://www.livestrong.com/article/335622-recommended-daily-omega-6-intake/ Diakses pada 13 Juni 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 15/07/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus