Manfaat Bunga Matahari Bagi Kesehatan, dari Bijinya Hingga Minyaknya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bunga matahari atau tanaman yang memiliki nama latin helianthus annus, awalnya ditemukan berasal dari Amerika Utara. Dengan warna kuning cerah dan bentuk yang menyerupai matahari, bunga jenis ini punya manfaat yang bisa didapat dari kandungan minyak dan bijinya, lho. Kira-kira apa saja manfaat kesehatan dari bunga yang berbentuk layaknya matahari ini?

Manfaat biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau biasa dikenal sebagai kuaci, merupakan sumber nutrisi baik, yaitu mengandung vitamin E yang juga dikenal sebagai gamma-tocopherol. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang banyak ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian, di mana kuaci merupakan salah satunya. Fungsi antioksidan yang banyak diketahui adalah untuk melawan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, bagi Anda yang suka ngemil kuaci, hal itu baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Mengapa demikian? Karena kandungan zat di dalam kuaci mampu mengurangi kolesterol LDL dan mampu pula untuk mencegah hipertensi.

1. Membantu memerangi osteoporosis dan kram otot

Kandungan tinggi magnesium pada kuaci mampu menyeimbangkan kandungan kalsium dan kalium tubuh seimbang. Lalu, kandungan magnesium mampu untuk mencegah pengeroposan tulang dan membantu mengurangi sakit kepala kronis, sembelit dan kram pada otot.

2. Membantu menjaga kesehatan kulit

Penelitian telah banyak menunjukkan kalau antioksidan vitamin E sangat berguna untuk menjaga kulit agar tetep lembut dan sehat. Selain itu, kandungan lipid asam lemak esensial dari kuaci juga menjaga kulit tetap terhidrasi serta terbebas dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

3. Mencegah diabetes

Nutrisi dalam kuaci bisa membantu menghentikan lonjakan dan penurunan gula darah yang dialami banyak orang akibat diet terlalu tinggi gula, biji-bijian olahan, minuman manis, dan makanan olahan. Misalnya manfaat magnesium yang telah ditemukan memiliki efek perlindungan terhadap risiko pengembangan diabetes tipe 2.

Manfaat minyak biji bunga matahari

Sebuah pedoman diet dari Department of Health and Human Service di Amerika menyatakan kalau sumber lemak yang ada dalam minyak bunga matahari bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan tetap seimbang. Karena, pada dasarnya, sebagian besar minyak bunga matahari mengandung lemak tak jenuh dan merupakan asupan padat nutrisi.

Minyak bunga matahari umumnya diproses dari esktrak biji bunga matahari. Minyak ini biasanya digunakan sebagai obat untuk sembelit dan untuk bahan masakan tertentu.  Berikut ini merupakan 2 manfaat penting yang bisa Anda dapat minyak ekstrak yang juga terbuat dari kuaci:

1. Anti inflamasi

Jerawat terjadi ketika ada minyak berlebih dalam folikel di bawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, C, D, E, dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak biji bunga matahari akan memberikan lapisan pelindung, yang mencegah kulit terhubung dengan bakteri. Karena itu, minyak bunga matahari juga bekerja sebagai obat yang efektif terhadap jerawat, dan penggunaan minyak ini bisa dioleskan secara langsung pada kulit.

2. Kaya akan omega 6

Setiap 1 sendok makan minyak bunga matahari mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang merupakan enam asam lemak tak jenuh ganda (omega- 6). Menurut Linus Pauling Institute, lemak jenis ini merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat omega-6 kita membutuhkan 11 sampai 14 gram omega-6 per hari.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Vagina Anda luka? Jangan digaruk atau dibersihkan dengan sembarang sabun. Apa penyebab lecet dan luka di vagina? Dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit