Potongan Daging Sapi Apa yang Paling Sehat dan Lemaknya Sedikit?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Meski banyak yang bilang kalau daging merah seperti daging sapi punya kandungan lemak jenuh yang lebih banyak ketimbang daging putih, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Daging sapi tetap menjadi sumber protein hewani yang baik, kok. Asalkan Anda pilih bagian daging yang tepat. Lantas, potongan daging sapi mana yang paling sehat untuk dikonsumsi?

Potongan daging sapi mana yang paling sehat untuk dimakan?

Banyak yang menghindari daging sapi karena dianggap mengandung lemak jahat yang bisa menyebabkan penyakit kronis. Namun sebenarnya, daging sapi sah-sah saja kok untuk dijadikan lauk harian Anda, bahkan Anda tetap bisa memakannya meski dalam diet ketat sekalipun. Daging sapi juga kaya akan kandungan berbagai mineralnya seperti zat besi, zink, serta kalsium.

Sebenarnya, satu potong sedang (40 gram) daging sapi punya kandungan lemak yang sama seperti satu potong ikan, yaitu sekitar 2 gram lemak. Akan tetapi, hal tersebut tergantung dengan potongan daging sapi mana dulu yang Anda makan. Pasalnya, setiap bagian daging sapi tentu punya kadar lemak yang berbeda-beda.

Biasanya, ketika Anda berbelanja di pasar swalayan, Anda akan menemukan berbagai potongan daging sapi, dari yang banyak lemak seperti gajih hingga yang tak berlemak sama sekali. Biasanya, bagian daging yang paling sedikit lemaknya adalah bagian gandik atau tanjung sapi. Sementara bagian yang lumayan berlemak adalah bagian samcan atau flank dan has dalam, misalnya sirloin.

Cara memilih daging sapi yang tidak banyak lemak

Anda tidak perlu menghafal anatomi bagian daging sapi untuk cari tahu daging mana yang paling sedikit lemaknya. Cukup perhatikan seberapa banyak garis-garis putih yang ada di daging tersebut. Garis putih lemak ini biasanya disebut dengan marbling. Semakin banyak garis putih pada daging, maka semakin tinggi pula kandungan lemaknya.

Dalam 100 gram daging sapi yang tidak punya banyak marbling rata-rata terkandung kurang dari 5 gram lemak total, 2 gram lemak jenuh, dan 95 mg kolesterol. Meski begitu, bukan berarti jika potongan daging pilihan Anda tidak bergajih atau berlemak, jadi bebas lemak sama sekali, ya! Sebaiknya tetap perhatikan porsi makan Anda agar tidak menyebabkan jumlah lemak tubuh meningkat.

Berapa banyak daging sapi yang boleh kita konsumsi?

Daging sapi sama saja seperti sumber protein lain, yaitu daging ayam atau ikan. Sumber protein hewani sebaiknya selalu ada setiap Anda makan besar. Akan tetapi, Anda sebaiknya membuat lauk protein Anda menjadi beragam agar mendapatkan berbagai zat gizi. Pasalnya, setiap makanan punya kandungan zat gizi yang berbeda-beda.

Pastikan juga kalau Anda mengolah daging dengan cara yang sehat, hindari memasak dengan cara digoreng karena hanya akan menambah kalori ke makanan. Jadi, sebaiknya masak potongan daging sapi Anda dengan cara dipanggang, dibuat sup, ataupun ditumis.

Ketika daging digoreng, maka minyak yang akan diserap bisa hingga 5-8 sendok teh (tergantung dengan ukuran daging) yang bisa membuat kalori bertambah sebanyak 250-400 kalori.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit


Direkomendasikan untuk Anda

jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit