home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Kebaikan Omega 9 Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui Orang

4 Kebaikan Omega 9 Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui Orang

Pernahkah Anda mendengar asam lemak omega 9? Ya, walaupun jarang diketahui oleh orang dibanding asam lemak omega 3 atau omega 6, asam lemak ini juga dibutuhkan oleh tubuh. Yuk, ketahui lebih jauh mengenai manfaat omega 9 berikut ini.

Apa saja manfaat omega 9?

Asam lemak omega 9 termasuk dalam golongan lemak tak jenuh tunggal. Ada dua bentuk omega 9 yang mudah ditemukan pada makanan, yaitu asam oleat dan asam erusik.

Tidak seperti asam lemak omega 3 atau omega 6, asam lemak ini sebenarnya sudah diproduksi secara alami di dalam tubuh. Jumlah asam lemak ini melimpah pada sebagian besar sel sehingga kebutuhan Anda dengan asam lemak ini lebih kecil dibandingkan asam lemak tak jenuh lainnya.

Bila dikonsumsi sesuai kebutuhan, manfaat omega 9 bisa Anda dapatkan dengan baik dan mampu memberikan perlindungan jantung serta otak. Dilansir dari Dr. Axe, berikut manfaat omega 9, seperti:

1. Mengurangi risiko kardiovaskular dan stroke

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega 9 membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Kedua penyakit tersebut terjadi akibat penumpukan plak pada pembuluh arteri.

Dengan asam lemak ini, tubuh dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol buruk) sehingga mengurangi terjadinya penumpukan plak pada pembuluh.

2. Meningkatkan energi dan menjaga suasana hati

Manfaat omega 9 lain yang telah terbukti adalah mampu meningkatkan energi dan menjaga suasana hati. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal memengaruhi aktivitas fisik.

Ketika seseorang makan makanan yang mengandung asam lemak, tubuh akan mendapatkan peningkatkan jumlah energi dan memperbaiki suasana hati.

3. Menurunkan risiko Alzheimer di hari tua

Sebuah studi menunjukkan bahwa asam erusik pada omega 9 menormalkan kembali penumpukan asam lemak rantai panjang di otak pada pasien dengan X-linked adrenoleukodystrophy (ALD). Ini merupakan gangguan genetik serius yang memengaruhi kelenjar adrenal, sumsum tulang belakang, dan sistem saraf.

Asam erusik dapat meningkatkan peningkatan memori dan fungsi kognitif sehingga menjadi salah satu zat yang dibutuhkan dengan penyakit yang menyebabkan gangguan pada kemampuan kognitif, misalnya penyakit alzheimer.

4. Mengurangi resistensi insulin

Awalnya sebuah studi menunjukkan bahwa tikus yang mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal meningkatkan sensitivitas insulin. Kemudian, studi lain menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi asam lemak tak jenuh memiliki lebih sedikit peradangan pada tubuh daripada mereka yang tidak. Peradangan pada tubuh merupakan penyebab terjadinya penyakit kronis jika tidak diatasi, salah satunya diabetes.

Makanan apa saja yang mengandung asam lemak omega 9?

kacang panggang

Asam oleat dan asam erusik yang terdapat pada omega 6, tersedia pada banyak makanan dan suplemen. Beberapa makanan yang kaya omega 6, meliputi:

  • Buah alpukat dan minyak alpukat
  • Kacang almond dan minyak kacang almond
  • Kacang pikan
  • Kacang mete
  • Biji sawi
  • Minyak zaitun
  • Kacang macadamia
  • Minyak canola
  • Minyak biji chia
  • Kacang hazelnut
  • Minyak kacang kedelai
  • Biji bunga matahari
  • Kemiri

Apakah boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak?

Apapun itu jika dikonsumsi melebihi kebutuhan, pasti akan memberikan efek pada tubuh. Mengonsumsi terlalu banyak asam lemak tidak jenuh, khususnya omega 9 bisa menurunkan keseimbangan asam lemak yang ada pada tubuh.

Meski ada banyak manfaat omega 9, mengonsumsi suplemen ini bersamaan dengan obat-obatan lain, tentu akan memengaruhi kerja dari obat terseut. Ini menyebabkan obat tidak memberikan manfaat maksimal untuk mendukung kesehatan.

Orang-orang dengan kondisi tertentu, seperti eksim, psoriasis, arthritis, diabetes, atau nyeri pada payudara, harus melakukan konsultasi kepada dokter mengenai asupan omega 6, baik itu dari makanan maupun suplemen.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Omega-9 Benefits: Are You Getting Enough? https://universityhealthnews.com/daily/nutrition/omega-9-benefits-are-you-getting-enough/. Diakses pda 2 April 2018.

The Health Benefits of Omega 3, 6, 9 Fatty Acids and EPA & DHA. https://www.globalhealingcenter.com/natural-health/benefits-of-omega-3-6-9-fatty-acids/. Diakses pada 2 April 2018.

Omega-9 Benefits the Heart, Brain & Your Mood. https://draxe.com/omega-9-benefits/. Diakses pada 2 April 2018.

Omega-3-6-9 Fatty Acids: A Complete Overview. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-6-9-overview#section3. Diakses pada 2 April 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 11/05/2018
x