home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengulik Manfaat Lemak Nabati yang Katanya Lebih Menyehatkan

Mengulik Manfaat Lemak Nabati yang Katanya Lebih Menyehatkan

Berdasarkan sumbernya, lemak dibagi menjadi dua kelompok, yaitu lemak hewani dan lemak nabati. Lemak nabati sering kali digadang-gadang sebagai sumber lemak yang menyehatkan dengan manfaat yang lebih banyak dibandingkan lemak hewani. Namun, benarkah demikian?

Yuk, simak informasi berikut untuk mengenal lebih jauh seputar lemak nabati dan manfaatnya bagi kesehatan.

Apa itu lemak nabati?

minyak jarak, obat pencahar sembelit alami

Lemak nabati adalah lemak yang berasal dari biji atau bagian lain dari suatu tanaman. Seperti lemak hewani, lemak nabati juga dapat berbentuk padat atau cair dalam suhu ruangan. Lemak yang berbentuk cair lebih umum dikenal sebagai minyak nabati.

Produsen membuat minyak nabati dengan cara mengambil minyak dari bagian tertentu suatu tanaman. Proses ini bisa dilakukan secara mekanik dengan menghancurkan biji tanaman atau secara kimiawi menggunakan pelarut.

Produsen kemudian dapat memurnikan minyak yang telah diekstrak dari tanaman. Bila perlu, produsen minyak juga dapat melakukan pemurnian lebih lanjut atau mengubah sifat-sifat minyak nabati menggunakan bahan kimia.

Secara kimiawi, lemak nabati tidak berbeda dengan lemak hewani yang sama-sama tersusun atas trigliserida. Minyak dari tanaman juga mengandung lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dan ganda, serta lemak trans (pada produk-produk tertentu).

Minyak nabati yang kaya akan lemak tak jenuh antara lain minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak canola, dan minyak kedelai. Sementara itu, minyak yang tinggi kandungan lemak jenuh yakni minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak inti sawit.

Manfaat lemak nabati bagi kesehatan

mempercepat pembukaan persalinan

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi minyak nabati.

1. Mengontrol kadar kolesterol

Minyak nabati merupakan sumber lemak tak jenuh, khususnya dalam bentuk omega-3 dan omega-6. Contoh minyak yang paling banyak mengandung kedua zat gizi tersebut yakni minyak wijen, minyak biji anggur, minyak safflower, dan minyak bunga matahari.

Omega-3 dan omega-6 dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL (low-density lipoprotein) serta mengontrol kolesterol darah total ke tingkat yang lebih sehat. Dengan cara ini, keduanya turut membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Minyak kacang tanah dan minyak almon, tidak hanya kaya akan lemak berupa omega-3, tetapi juga vitamin E. Asupan omega-3 dan vitamin E yang cukup merupakan kombinasi tepat untuk fungsi otak yang sehat.

Omega-3 membantu membentuk myelin, yakni selubung lemak yang melindungi saraf dan mempercepat pengiriman sinyal saraf. Sementara itu, vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

5 Jenis Minyak yang Sebaiknya Tidak Digunakan untuk Memasak

3. Membantu menjalankan berbagai fungsi tubuh

Selain menyediakan cadangan energi bagi tubuh, lemak juga memiliki banyak fungsi lainnya. Lemak dari minyak nabati dapat menjadi bantalan yang melindungi organ vital, menghangatkan tubuh, serta membantu menjalankan fungsi sel.

Tubuh juga memerlukan lemak untuk menjalankan fungsi sistem imun dan membentuk hormon-hormon penting. Tanpa asupan lemak yang memadai, tubuh Anda tidak dapat menjalankan semua fungsi penting ini.

4. Membantu penyerapan vitamin

Vitamin terbagi menjadi dua kelompok, yakni vitamin larut lemak dan vitamin larut air. Vitamin yang tergolong larut lemak yakni vitamin A, D, E, dan K. Sementara itu, vitamin larut air terdiri atas vitamin B kompleks dan C.

Meskipun Anda sering mengonsumsi vitamin, tubuh tidak akan mampu menyerapnya bila Anda kekurangan asupan lemak. Menambahkan minyak nabati ke dalam makanan sehari-hari merupakan cara yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan lemak.

Apakah lemak nabati lebih sehat dari lemak hewani?

minyak goreng untuk kolesterol

Baik-tidaknya suatu lemak sebenarnya tergantung pada jenis lemak itu sendiri, bukan sumbernya. Walaupun minyak nabati biasanya lebih menyehatkan, tak dapat dipungkiri bahwa produk ini juga mengandung lemak jenuh yang kurang baik bagi tubuh.

Beberapa produk minyak dari tumbuhan bahkan mengandung lemak trans yang berasal dari proses hidrogenasi. Berbagai studi telah membuktikan adanya kaitan antara konsumsi lemak trans dengan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, dan masih banyak lagi.

Jadi, jangan sampai Anda asal memilih minyak nabati karena menganggap produk ini pasti lebih menyehatkan daripada produk hewani. Kuncinya ialah memilih sumber lemak tak jenuh dan omega-3 serta membatasi asupan lemak jenuh.

Sebagai panduan, berikut anjuran mengenai konsumsi makanan berlemak oleh The American Heart Association’s Nutrition Committee.

  • Mengonsumsi lemak sekitar 25 – 35 persen dari total kalori dalam satu hari yang berasal dari ikan, minyak zaitun, minyak jagung, dan kacang-kacangan.
  • Membatasi jumlah lemak jenuh yaitu maksimal 6% dari total kalori dalam sehari. Jika dalam sehari Anda mengonsumsi 2000 kkal, makanan yang mengandung lemak jenuh tidak boleh dikonsumsi lebih dari 16 gram.
  • Membatasi lemak trans hanya 1% dalam satu hari. Bila kebutuhan kalori Anda dalam sehari sebanyak 2000 kkal, Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2 gram lemak trans.
  • Memperbanyak konsumsi lemak tidak jenuh tunggal, lemak tidak jenuh ganda, dan asam lemak omega-3.

Seperti lemak hewani, lemak nabati yang diklaim menyehatkan juga punya keunggulan dan kekurangan. Pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan mengimbanginya dengan zat gizi lain untuk menjaga kesehatan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fat: the facts. (2020). Retrieved 19 May 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/different-fats-nutrition/

Types of Fat. (n.d.). Retrieved 19 May 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/fats-and-cholesterol/types-of-fat/

Are Vegetable and Seed Oils Bad for Your Health?. (2019). Retrieved 19 May 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/are-vegetable-and-seed-oils-bad

Choosing cooking oils. (2018). Retrieved 19 May 2021, from https://www.heartfoundation.org.nz/about-us/news/blogs/choosing-cooking-oils

Types of Fats. (2020). Retrieved 19 May 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/aa160619

Dhaka, V., Gulia, N., Ahlawat, K. S., & Khatkar, B. S. (2011). Trans fats-sources, health risks and alternative approach – A review. Journal of food science and technology, 48(5), 534–541. https://doi.org/10.1007/s13197-010-0225-8

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi pada 22/11/2016
x