home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mau Coba Diet Paleo Atau Diet Keto? Ketahui Dulu 5 Perbedaannya di Sini

Mau Coba Diet Paleo Atau Diet Keto? Ketahui Dulu 5 Perbedaannya di Sini

Berbagai jenis diet banyak bermunculan dan berkembang sekarang ini, termasuk diet paleo dan keto. Keduanya memiliki keunggulan dan juga kekurangannya masing-masing. Apa saja perbedaan yang dimiliki kedua jenis diet ini? Yang mana yang lebih aman? Diet paleo atau diet keto? Simak ulasannya di sini.

1. Apa bedanya prinsip diet paleo dan keto?

Prinsip diet paleo

diet paleo

Diet paleo, yang suka disebut juga dengan diet manusia gua ini berprinsip bahwa makanan yang tersedia untuk manusia purba pada zaman dahulu lebih sehat. Ini artinya diet paleo menekankan untuk makan makanan alami dan mengurangi makanan olahan yang diproduksi dengan teknik pengolahan khusus.

Makanan yang diutamakan dalam diet paleo adalah:

  • Daging sapi dan ikan segar
  • Telur
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian alami
  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Minyak yang tidak dimurnikan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak alpukat
  • Pemanis yang diproses seminimal mungkin seperti madu mentah, gula kelapa, atau stevia mentah

Prinsip diet keto

diet keto saat puasa

Diet keto memiliki prinsip berbeda dengan diet paleo. Diet keto menekankan pada asupan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Diet ini membuat tubuh yang terbiasa menggunakan gula sebagai energi berubah menggunakan lemak sebagai energi yang disebut ketosis. Ini kriteria diet keto:

  • Konsumsi lemak 60-80 persen
  • Konsumsi protein 20-30 persen
  • Konsumsi karbohidrat 5-10 persen

Ketosis pada dasarnya adalah proses metabolisme yang normal pada tubuh. Saat kadar gula sangat rendah dalam tubuh, tubuh akan ganti membakar lemak sebagai energi.

Nah, diet ini mengatur sedemikian rupa agar tubuh mengalami kekurangan gula dan akhirnya lemaklah yang dibakar untuk menurunkan berat badan. Lemak yang dibakar jadi energi ini menghasilkan keton sebagai energi pengganti gula. Dengan cara itu maka berat badan jadi turun.

2. Apakah diet paleo dan keto mengatur porsi makan?

porsi makan

Diet paleo tidak menekankan untuk mengurangi jenis zat gizi makro tertentu. Anda diizinkan untuk mengonsumsi protein, lemak, dan karbohidrat sebanyak yang Anda mau, asalkan makanan yang dipilih termasuk dalam daftar makanan yang diizinkan untuk paleo.

Sementara itu diet keto lebih mengarah pada seberapa jumlah zat gizi makro yang dimakan. Seperti yang sudah diulas pada prinsipnya, ada syarat persentase karbohidrat, lemak, dan protein yang harus dimakan dalam satu hari. Maka itu, Anda perlu mengatur porsi makan pada diet keto agar bisa memperkirakannya dengan akurat.

3. Yang mana yang lebih mudah diikuti?

pola makan sehat

Memilih diet keto membutuhkan komitmen yang serius. Diet ini juga butuh banyak perencanaan makan dan kemauan keras agar bisa bertahan. Sebab, diet ini mengubah kebiasan orang kebanyakan. Perubahan metabolisme yang terjadi dalam diet ini juga cukup serius, seseorang bisa merasa sangat kelelahan, atau pusing. Anda harus pintar-pintar beradaptasi dan sebaiknya diet ini dilakukan di bawah pengawasan tenaga kesehatan.

Untuk paleo, mudah atau tidaknya ini tergantung pada setiap orang. Memilih daftar makanan yang boleh dan tidak boleh memang cukup rumit. Namun, ketika Anda sudah biasa mengikuti panduan dietnya, akan lebih mudah menjalaninya.

Pada diet paleo juga tidak perlu menghitung porsi atau asupan zat gizi seperti diet keto. Yang penting Anda mengikuti daftar makanan yang dianjurkan dan yang tidak.

Namun, jika tidak mengendalikan porsi makan, diet paleo justru bisa menimbulkan berat badan meningkat.

4. Apa bedanya manfaat diet paleo dan keto?

menurunkan berat badan pada penderita diabetes

Diet keto diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan menekan nafsu makan. Maka itu, tidak heran kalau diet ini banyak diikuti oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Diet paleo memiliki tujuan yang agak berbeda dengan diet keto. Dilansir dari laman Everyday Health, diet paleo dapat membantu menurunkan tekanan darah, gula darah puasa, dan kadar trigliserida yang merupakan lemak dalam darah. Anda juga tetap mungkin menurunkan berat badan dari makanan olahan yang yang mengandung banyak gula.

5. Yang mana yang lebih aman dipilih?

diet mediterania penyakit jantung

Diet mana yang lebih baik buat Anda akhirnya tergantung dari tujuan dan komitmen masing-masing orang. Dari sinilah Anda bisa menentukan ingin memilih pengaturan makan yang mana.

Kedua, pertimbangkan juga mana jenis diet yang sanggup Anda lakukan. Paling tidak yang sanggup Anda lakukan secara bertahap. Jangan pilih program diet yang tidak bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jatuhnya malah percuma.

Mengutip dari Healthline, diet paleo kerap dianggap lebih sehat dibandingkan diet keto. Diet keto memungkinkan Anda untuk memilih jenis makanan dengan lebih leluasa, sehingga zat gizi yang didapat pun beragam. Ini juga yang mendorong gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Kebebasan memilih makanan membuat paleo lebih mudah untuk dipertahankan dalam jangka panjang dengan efek samping yang lebih kecil.

Sedangkan diet keto sebenarnya belum tentu cocok untuk setiap orang. Tidak bisa sembarangan orang bisa langsung ikut diet keto. Keto juga lebih sulit dipertahankan karena kedisiplinan sangat dibutuhkan untuk mencapai kondisi ketosis. Ini membutuhkan perencanaan yang matang dan tidak semua orang bisa beradaptasi dengan ketosis.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hill Ansley. 2018. What’s Difference Between Paleo and Keto Diets?. [Online] Tersedia pada: https://www.healthline.com/nutrition/paleo-vs-keto#keto (Diakses 6 Juli 2018)

Bahadur Nina. 2018. What’s the Difference Between the Paleo and Keto Diets?. [Online] Tersedia pada: https://www.shape.com/weight-loss/tips-plans/whats-difference-between-paleo-keto-diets (Diakses 6 Juli 2018)

Lawler Moira. 2018. The Benefits and Risks of the Paleo Diet You Need to Know. [Online] Tersedia pada: https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/paleo-diet/what-are-risks-benefits-paleo-diet/ (Diakses 6 Juli 2018)

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 29/07/2018
x