5 Trik Cerdas Agar Bisa Tetap Sehat Saat Makan-Makan Tahun Baru

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pesta pergantian tahun kerap dijadikan momen untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Jika sudah berkumpul tentu yang tak akan terlewatkan yaitu makan-makan. Apalagi tahun baru identik dengan pesta barbeque dengan menu bakaran mulai ayam, daging, hingga jagung bakar. Melimpahnya makanan di perayaan tahun baru biasanya membuat Anda menjadi kalap. Semua makanan yang disediakan dimakan habis dengan dalih “sekali-kali”. Untuk itu, yuk, simak tips makan sehat saat tahun baru berikut ini.

Tips makan sehat saat tahun baru

pesta BBQ; makanan BBQ

1. Isi perut dengan makan siang yang sehat

Saat Anda berencana untuk mengadakan pesta bakaran di malam tahun baru, sebaiknya isi perut dengan makanan sehat dan bergizi saat makan siang. Pastikan untuk makan makanan yang mengandung protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, dan juga serat.

Jangan sampai Anda tidak makan siang atau makan makanan yang tidak mengenyangkan dan cukup gizi. Pasalnya, hal ini bisa membuat Anda merasa sangat lapar di malam hari. Bisa-bisa semua makanan yang disajikan di malam tahun baru Anda lahap semuanya tanpa pikir panjang. Akibatnya, Anda makan dengan sangat berlebihan.

2. Makan camilan sebelum pergi

Makan camilan sebelum pergi ke acara makan-makan tahun baru bisa menjadi cara ampuh untuk menghindari rasa lapar yang menyerang secara berlebihan. Rasa lapar yang tertahankan membuat Anda makan kalap di pesta tahun baru. Akibatnya, diet yang sedang Anda jalani gagal dalam sekejap.

Oleh karena itu, usahakan untuk makan camilan untuk menahan rasa lapar. Anda bisa memilih camilan sehat dan kaya serat seperti buah-buahan atau agar-agar supaya kenyangnya lebih lama.

3. Banyak minum air putih

Soda, sirup, bir, dan minuman manis lainnya mungkin menjadi menu wajib untuk melengkapi pesta. Nah, jika Anda ingin tetap makan sehat saat tahun baru, usahakan untuk membatasi minuman ini. Minuman manis mengandung kalori yang sangat tinggi. Untuk itu, lebih baik Anda minum air putih saja.

Selain lebih sehat, minum banyak air putih juga membantu menghalau rasa lapar yang menyerang serta membuat Anda lebih kenyang setelah makan.

4. Batasi porsi makan

Meski semua makanan terlihat enak dan menggugah selera, Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan berat badan dengan membatasi porsi makan. Oleh karena itu, jangan makan berlebihan dan batasi porsinya.

Jangan memenuhi piring dengan daging atau lemak. Sebaiknya, isi setengah bagian piring dengan sayur-sayuran. Selain lebih sehat, sayuran juga mengandung serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda tetap bisa makan enak dengan porsi yang terkendali.

5. Ubah fokus Anda

Saat pesta tahun baru dimulai, usahakan jangan memikirkan makanannya saja. Akan tetapi, fokuslah pada acaranya. Fokuslah untuk membuka obrolan dengan teman dan kerabat yang hadir. Jadikan momen ini sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat hubungan Anda dengan orang lain. Dengan mengubah fokus, Anda tak lagi hanya memikirkan makan, makan, dan makan dalam pesta pergantian tahun nanti.

Dengan melakukan berbagai tips sederhana ini, Anda bisa tetap makan enak dengan porsi yang tetap terkendali. Selamat mencoba.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Mengenakan selimut dan pakaian tebal merupakan salah satu cara menghangatkan tubuh saat kedinginan. Apakah ada cara lainnya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Informasi Kesehatan 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Meski bermanfaat bagi kesehatan, beberapa suplemen herbal dapat berisiko komplikasi berbahaya jika diminum menjelang operasi. Apa saja itu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Meski memiliki manfaat, perhatikan jumlah asupan kayu manis. Terlalu banyak mengonsumsi rempah ini memiliki risiko kayu manis yang berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara mengobati tipes

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit