home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Rutinitas yang Membuat Badan Cepat Kurus

8 Rutinitas yang Membuat Badan Cepat Kurus

Banyak orang yang dietnya berhasil, sementara tidak sedikit pula yang berhenti di tengah jalan karena tak membuahkan hasil. Nyatanya, ada sejumlah kebiasaan yang bikin Anda cepat kurus dan membantu program diet menurunkan berat badan. Apa saja?

Daftar kebiasaan yang bikin cepat kurus

Tahukah Anda bahwa satu perubahan kecil, baik itu pilihan makanan atau aktivitas fisik, secara terus menerus bisa memaksimalkan program diet?

Faktanya, kebiasaan kecil yang tak disadari itu bisa bikin Anda cepat kurus. Pasalnya, fokus terhadap perubahan kecil bisa membentuk suatu perilaku sehat yang berlangsung seumur hidup.

Alih-alih mengikuti diet ketat yang mungkin tidak cocok, Anda bisa mencoba mengubah pola hidup menjadi lebih sehat ini guna menurunkan berat badan.

1. Berjemur di bawah sinar matahari

berjemur di pagi hari

Salah satu kebiasaan yang bikin Anda cepat kurus yaitu rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Beberapa ahli berpendapat bahwa orang yang kena paparan sinar matahari pagi mengalami penurunan indeks massa tubuh (IMT) lebih cepat.

Hal ini mungkin dikarenakan sinar matahari membantu tubuh mengikuti jam biologis, alias ritme sirkadian.

Alhasil, proses metabolisme menjadi lebih lancar dan lemak tubuh pun bisa terbakar secara lebih efektif.

2. Minum air sesuai kebutuhan

Selain berjemur, minum air pun penting dalam memaksimalkan program diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Minum air membantu membuang limbah melalui buang air kecil, keringat, dan buang air besar. Mengingat 50 hingga 75% berat badan Anda teridir dari air, minum air penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Bila bosan, cobalah sesekali tambahkan lemon untuk membantu kerja hati membuang racun dan proses metabolisme lemak hingga 33 persen.

3. Memanfaatkan tangga

Kebiasaan lain yang bikin Anda cepat kurus yaitu memanfaatkan tangga. Hal ini terutama berlaku ketika kantor Anda berada di lantai 3 atau 4.

Alih-alih menggunakan lift atau eskalator, tangga membantu latihan kardio dengan berjalan naik turun tangga berulang kali.

Anda bisa mulai dengan jumlah yang sedikit dan kemudian meningkatkan pengulangan tersebut bila sudah merasa lebih kuat.

Jika kantor Anda berada di lantai 10, cobalah untuk menggunakan lift hingga lantai 5 dan lanjutkan hingga ke kantor dengan memanfaatkan tangga.

4. Tidur lebih awal

Mendapatkan tidur yang cukup memang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk ketika Anda ingin menurunkan berat badan.

Begini, kurang tidur ternyata mengurangi produksi hormon tubuh penekan nafsu makan. Akibatnya, Anda mungkin makan lebih banyak dan mengalami kenaikan berat badan.

Tak perlu bingung untuk mendapatkan tujuh atau delapan jam tidur. Anda bisa memperoleh tidur yang cukup dengan mencoba tidur siang hingga 30 menit lamanya.

Bila memungkinkan, cobalah untuk tidur lebih awal dari waktu biasanya. Jangan lupa untuk mematikan ponsel dan bersantai dengan membaca buku agar tidur lebih cepat.

5. Olahraga pagi

Beberapa orang mungkin memilih untuk berolahraga setelah bekerja karena tidak sempat. Padahal olahraga pagi termasuk kebiasaan yang bikin cepat kurus.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dimuat dalam Asian Journal of Sports Medicine.

Studi tersebut mengukur efek latihan aerobik pada 50 wanita dengan kelebihan berada dan dilakukan pada waktu yang berbeda dalam sehar.

Hasilnya, berolahraga di pagi hari dikaitkan dengan tingkat rasa kenyang yang lebih tinggi. Meski begitu, tidak ada banyak perbedaan antara peserta yang olahraga di pagi hari dengan sore hari.

Itu sebabnya, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat efek olahraga di pagi hari pada populasi umum.

6. Menyiapkan bekal makan siang

Selain menghemat waktu dan biaya, menyiapkan bekal makan siang ternyata menjadi kebiasaan yang bikin Anda cepat kurus.

Sebab, Anda bisa merencanakan menu makan siang sehat dan sesuai dengan kondisi tubuh agar mendapatkan kalori yang cukup.

Bahkan, studi dari The international journal of behavioral nutrition and physical activity menemukan bahwa makan makanan rumahan mengurangi risiko kelebihan lemak.

Guna memudahkan Anda, usahakan menyisihkan beberapa jam di malam hari untuk merencanakan dan menyiapkan bekal. Dengan begitu, Anda tidak terlalu repot di pagi hari.

7. Rutin menimbang berat badan

Tahukah Anda bahwa rutin menimbang berat badan menjadi kebiasaan yang bikin tubuh cepat kurus?

Faktanya, menimbang setiap minggu pada hari dan waktu yang sama membantu memantau berat badan Anda.

Bila bingung harus mulai dari mana, cobalah beberapa tips ini untuk mengontrol berat badan melalui timbangan:

  • menetapkan kapan hari dan waktu untuk menimbang,
  • menuliskan dan selalu memeriksakan kondisi tubuh, dan
  • menggunakan pakaian yang sama agar tetap konsisten.

8. Jalan kaki

Meningkatkan aktivitas fisik hanya beberapa menit terbukti membantu mengurangi berat badan. Hal ini termasuk jalan kaki selama 5 menit setiap hari.

Ingat, kecepatan saat berjalan dan jarak juga berperan penting dalam menurunkan berat badan. Jalan kaki biasa dapat membakar sekitar tiga perempat kalori per kilogram berat badan, sedangkan jalan cepat membakar setidaknya 125 kal/km.

Bila dilakukan secara rutin minimal 30 menit setiap hari 5 kali dalam seminggu tanpa mengubah pola makan, Anda bisa mengurangi setengah kilogram per minggu.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa memperpanjang jarak tempuh dan menambah kecepatan jalan untuk membakar kalori ekstra.

Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli diet untuk membuat rencana makan. Dengan begitu, kebiasaan yang bikin cepat kurus ini tidak akan sia-sia.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

11 Simple Health Habits Worth Adopting Into Your Life. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 25 June 2021, from https://health.clevelandclinic.org/11-simple-health-habits-worth-adopting-into-your-life/ 

Alizadeh, Z., Mostafaee, M., Mazaheri, R., & Younespour, S. (2015). Acute Effect of Morning and Afternoon Aerobic Exercise on Appetite of Overweight Women. Asian journal of sports medicine, 6(2), e24222. https://doi.org/10.5812/asjsm.6(2)20156.24222. Retrieved 25 June 2021. 

Ducrot, P., Méjean, C., Aroumougame, V., Ibanez, G., Allès, B., Kesse-Guyot, E., Hercberg, S., & Péneau, S. (2017). Meal planning is associated with food variety, diet quality and body weight status in a large sample of French adults. The international journal of behavioral nutrition and physical activity, 14(1), 12. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0461-7. Retrieved 25 June 2021. 

Link, R. (2018). 10 Morning Habits That Help You Lose Weight. Healthline. Retrieved 25 June 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-morning-habits 

Mandal, A. (2018). Sunlight exposure may help lose weight. News-Medical. Retrieved 25 June 2021, from https://www.news-medical.net/news/20180111/Sunlight-exposure-may-help-lose-weight.aspx 

Zeratsky, K. (2021). Can I lose weight if my only exercise is walking?. Mayo Clinic. Retrieved 25 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/expert-answers/walking/faq-20058345

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 25/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x