backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

12 Rutinitas yang Membuat Badan Cepat Kurus

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 16/11/2023

12 Rutinitas yang Membuat Badan Cepat Kurus

Banyak orang yang dietnya berhasil, tapi tidak sedikit pula yang berhenti di tengah jalan karena dietnya tak membuahkan hasil. Padahal, ada sejumlah kebiasaan yang bikin cepat kurus yang mungkin belum Anda coba saat diet menurunkan berat badan. Apa saja?

Daftar kebiasaan yang bikin cepat kurus

Tahukah Anda bahwa satu perubahan kecil, baik itu pilihan makanan atau aktivitas fisik, secara terus-menerus bisa memaksimalkan program diet?

Kebiasaan sederhana yang tak disadari itu bisa bikin Anda cepat kurus. Hal ini karena fokus terhadap perubahan kecil bisa membentuk suatu perilaku sehat yang berlangsung seumur hidup. 

Alih-alih mengikuti diet ketat yang mungkin tidak cocok, Anda bisa mencoba mengubah pola hidup menjadi lebih sehat ini untuk menurunkan berat badan.  

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Salah satu kebiasaan yang dapat menurunkan berat badan yaitu rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi. 

Sinar matahari dapat meningkatkan beberapa hormon, termasuk serotonin yang dapat memengaruhi suasana hati dan nafsu makan. Hormon ini juga membantu mengatur hormon yang terkait dengan regulasi berat badan.

Paparan sinar matahari pada waktu yang tepat juga dapat membantu mengatur ritme sirkadian dan kualitas tidur. Tidur yang baik memiliki dampak positif pada metabolisme dan regulasi berat badan.

2. Memenuhi kebutuhan air putih

Selain berjemur, memenuhi kebutuhan air putih harian penting untuk menurunkan berat badan. 

Terkadang, tubuh tidak dapat membedakan rasa haus dengan rasa lapar. Ketika Anda merasa lapar, jangan langsung mengonsumsi makanan. Cobalah minum air putih terlebih dulu dan tunggu beberapa saat sampai rasa lapar hilang.

Minum air juga membantu proses pembuangan racun dalam tubuh melalui buang air kecil, keringat, dan buang air besar. Bila bosan, cobalah sesekali tambahkan lemon pada air untuk membantu kerja hati membuang racun dan proses metabolisme lemak.

3. Sering naik tangga

olahraga naik turun tangga

Kebiasaan lain yang bikin Anda cepat kurus yaitu memanfaatkan tangga. Hal ini terutama berlaku ketika kantor Anda berada di lantai 3 atau 4. 

Alih-alih menggunakan eskalator, tangga menjadi latihan kardio dengan berjalan naik turun tangga berulang kali. 

Anda bisa mulai dengan jumlah yang sedikit, kemudian meningkatkan jumlah lantai bila sudah merasa lebih kuat. 

Jika kantor Anda berada di lantai 10, cobalah untuk menggunakan lift hingga lantai 5 dan lanjutkan hingga ke kantor dengan memanfaatkan tangga. 

4. Tidur lebih awal

Memenuhi waktu tidur juga termasuk kebiasaan yang bikin cepat kurus karena dapat membantu mengatur hormon-hormon yang memengaruhi nafsu makan. 

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon grelin (hormon yang merangsang nafsu makan) dan menurunkan hormon leptin (hormon yang memberi sinyal kenyang), sehingga membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Bila memungkinkan, cobalah untuk tidur lebih awal dari waktu biasanya. Jangan lupa untuk mematikan ponsel, matikan lampu, dan membaca buku agar tidur lebih cepat. 

5. Olahraga pagi

Beberapa orang mungkin memilih untuk berolahraga setelah bekerja karena tidak sempat. Padahal olahraga pagi termasuk kebiasaan yang bikin cepat kurus. 

Menurut penelitian dalam Asian Journal of Sports Medicine, olahraga pagi lebih baik dibandingkan waktu lain untuk menurunkan berat badan.

Studi ini meneliti efek latihan aerobik pada 50 wanita dengan kelebihan berat badan. Latihan dilakukan pada waktu yang berbeda dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Hasilnya, wanita yang berolahraga di pagi hari dikaitkan dengan tingkat rasa kenyang yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang berolahraga sore.

6. Menyiapkan bekal makan siang

Selain menghemat waktu dan biaya, menyiapkan bekal makan siang ternyata menjadi kebiasaan pagi yang bikin kurus. Hal ini karena Anda bisa merencanakan menu makan siang sehat dan sesuai dengan kebutuhan kalori harian

Bahkan, salah satu studi dalam jurnal International journal of behavioral nutrition and physical activity menemukan bahwa makan makanan rumahan merupakan pilihan lebih sehat dan mencegah obesitas.

Dengan membawa bekal, Anda dapat memasukkan menu dengan nutrisi seimbang, seperti serat, protein, dan karbohidrat. Selain itu, Anda bisa membuat masakan sesuai dengan selera Anda.

7. Rutin menimbang berat badan

Menimbang berat badan secara teratur merupakan salah satu kebiasaan yang bikin cepat kurus. Hal ini karena Anda dapat melihat perubahan dari waktu ke waktu.

Anda bisa melihat progres atau menilai apakah usaha menurunkan berat badan selama ini sudah berhasil apa belum.

Selain itu, melihat penurunan berat badan bisa menjadi motivasi tambahan untuk tetap berkomitmen pada gaya hidup sehat.

Anda dapat menimbang ketika bangun tidur saat perut kosong, kemudian catat perubahan tersebut dari ke hari. 

8. Jalan kaki

Berjalan kaki meski hanya beberapa menit bisa menjadi rutinitas untuk menurunkan berat badan. Semakin jauh dan sering Anda berjalan, makin banyak kalori yang dibakar. 

Jalan kaki dengan kecepatan rendah (3 km/jam) bisa membakar sekitar 180 – 220 kkal  per jam untuk orang dengan berat badan sekitar 70 kg. Jika Anda menambah kecepatan hingga 5 km/jam, jumlah kalori yang dibakar yaitu 300 – 350 kkal per jam, untuk berat badan yang sama.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa memperpanjang jarak tempuh dan menambah kecepatan jalan untuk membakar kalori ekstra.

9. Mengganti camilan manis dengan buah

Mengganti camilan manis dengan buah-buahan dapat menjadi kebiasaan agar cepat kurus. Buah-buahan umumnya rendah kalori dan tinggi serat. Serat membantu memberi rasa kenyang lebih lama sehingga mengontrol nafsu makan.

Buah-buahan juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh. Sementara itu, camilan manis memiliki kandungan yang tinggi gula dan rendah gizi.

Jangan lupa variasikan jenis buah yang Anda konsumsi untuk memastikan mendapatkan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

10. Makan dengan piring kecil

Kebiasaan lain yang membuat cepat kurus yaitu dengan makan dengan piring kecil. Hal ini dapat menghasilkan ilusi visual bahwa Anda makan banyak karena makanan jadi terlihat lebih besar dan lebih penuh.

Cara ini juga membuat Anda makan secara perlahan sehingga memberikan waktu yang lebih lama bagi tubuh untuk mendeteksi sinyal kenyang.

Namun, perlu diingat meski menggunakan piring kecil, penting juga untuk memilih jenis makanan. Pilihlah makanan yang kaya akan zat gizi dan rendah kalori agar berat badan segera turun.

11. Catat asupan makanan setiap hari

Mencatat asupan makanan setiap hari atau dikenal dengan food diary merupakan salah satu kebiasaan yang bikin cepat kurus. 

Mencatat makanan membantu Anda menjadi lebih sadar akan apa yang Anda makan sepanjang hari. Hal ini dapat membantu mencegah makan impulsif dan memotivasi Anda untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat.

Cara ini juga dapat memantau jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari sehingga dapat memantau defisit kalori yang sedang Anda lakukan.

12. Kurangi makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng cenderung mengandung lebih banyak kalori karena proses penggorengan menyerap minyak, yang dapat meningkatkan kadar lemak.

Proses menggoreng juga dapat meningkatkan kadar lemak jenuh trans pada makanan, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Anda sebenarnya masih boleh makan makanan yang digoreng saat menurunkan berat badan, tetapi jumlahnya harus dikurangi.

Alih-alih digoreng, pilih masakan yang direbus, dikukus, atau dipanggang yang lebih sehat dan tidak ada tambahan kalori dari minyak goreng.

Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli diet untuk membuat rencana makan. Dengan begitu, kebiasaan yang bikin cepat kurus ini tidak akan sia-sia.

Kesimpulan

Beberapa kebiasaan yang bikin cepat kurus yaitu berjemur di bawah sinar matahari, memenuhi kebutuhan air putih, kurangi makanan digoreng, makan di piring kecil, serta pilih jalan kaki daripada naik lift.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 16/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan