home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kapan Waktu Terbaik untuk Menimbang Berat Badan?

Kapan Waktu Terbaik untuk Menimbang Berat Badan?

Menimbang berat badan adalah hal yang wajib dilakukan entah setiap hari ataupun setiap minggu. Hal ini dikarenakan menimbang dapat menjadi salah satu cara menjaga keseimbangan berat badan selama proses diet. Para ahli pun mendukung hal ini, pasalnya hal tersebut dapat membantu menghentikan kenaikan berat badan secara perlahan dan yang terpenting membuat diri Anda jujur.

Sebelum Anda menimbang, pastikan timbangan berfungsi dengan baik. Pastikan jika jarum timbangan selalu kembali ke angka nol ketika tidak digunakan. Dan, inilah waktu yang tepat untuk menimbang berat badan agar hasilnya akurat.

Menimbang berat badan pada pagi hari

Waktu yang paling sering digunakan untuk menimbang berat badan adalah pada pagi hari. Idealnya, timbang berat badan Anda sebelum sarapan dan setelah buang air besar (BAB). Pasalnya akan terlihat berat badan asli Anda karena Anda tidak memiliki berat badan ekstra dari makanan ataupun sisa makanan yang ada di dalam pencernaan.

Ketika ingin menimbang berat badan, yang paling baik ialah menimbang tanpa busana, atau jika ingin menggunakan pakaian maka gunakanlah pakaian yang sangat ringan. Ingat, pakaian tebal akan menambah berat tubuh Anda dan berpengaruh di timbangan.

Sebelum berolahraga

Ketika Anda berolahraga di pagi hari, idealnya timbang berat Anda sebelum olahraga. Pasalnya, ketika Anda menimbang setelah olahraga, berat badan Anda tidak murni karena tubuh kehilangnya cairan dari keringat, dan hal ini dapat bervariasi dari hari ke hari.

Konsistensi waktu dan penggunaan alat timbang

Meskipun pagi hari adalah waktu yang paling umum untuk menimbang, namun tidak peduli kapan pun waktu Anda menimbang asalkan Anda konsisten. Jika Anda ingin menimbang di sore atau di malam hari, hal ini juga bisa dilakukan.

Perlu diingat, berat badan Anda dapat berfluktuasi sekitar 1,5 kilogram setiap hari. Jika Anda menimbang diri Anda di pagi hari hari ini kemudian sore hari waktu berikutnya, Anda tidak akan bisa membandingkan dua bobot tersebut karena Anda menimbang pada waktu yang berbeda.

Timbangan dapat bervariasi dalam hal akurasi. Cobalah untuk menggunakan timbangan yang sama ketika menimbang, dan jangan terlalu dipikirkan jika berat badan Anda berbeda dengan timbangan lainnya.

Manfaat rutin menimbang berat badan

Penelitian dari National Weight Control Registry (NWCR) menunjukkan bahwa menimbang berat badan selama dalam fase mengontrol berat badan dapat membantu melawan kenaikan berat badan. NWCR mencari orang yang berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan, ditemukan tujuh puluh lima persen dari orang-orang di NWCR rutin menimbang setidaknya sekali seminggu.

Sebuah penelitian pada 2007 juga menemukan bahwa peserta yang tidak rutin menimbang setelah menurunkan berat badan lebih rentan akan mengalami kenaikan berat badan lagi nantinya. Salah satu alasan mengapa menimbang berat badan selama proses pemeliharaan berat badan penting adalah karena Anda akan lebih mungkin peka terhadap kenaikan berat badan meskipun dalam skala yang kecil, dan cepat membuat perubahan perilaku sebelum kenaikan berat badan lebih parah nantinya.

Jangan terpaku pada angka di timbangan

Menimbang berat badan secara konsisten dapat memberikan efek postif sebagai alat untuk kontrol dalam menjaga berat badan dan kesehatan sesuai dengan jalurnya. Namun, sangat penting untuk diingat jika angka pada timbangan tidak memberikan gambaran lebih lanjut apa yang terjadi pada tubuh Anda. Timbangan tidak memberikan informasi apakah tubuh Anda kurus atau gendut, dan tidak pula memberikan informasi apakah berat badan Anda naik atau turun. Kadang mencoba untuk fokus pada satu angka di timbangan dinilai tidak realistis dalam beberapa kasus.

Ada beberapa timbangan yang dijual di pasaran sudah memberikan perkiraan persentase lemak tubuh melalui bio-electrical impedensi. Hal ini menjadi cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol kesehatan, tapi tetap tanamkan dalam pikiran bahwa banyak hal yang dapat mempengaruhi keakuratan alat timbang, seperti tingkat hidrasi.

Jangan tanamkan dalam pola pikir Anda, jika Anda hanya terpaku pada angka di timbangan dan Anda bersedia melakukan apapun untuk mencapai angka tertentu di timbangan. Kesehatan Anda secara keseluruhan lebih baik diukur dengan kebiasaan mengontrol diet, olahraga, tidur, dan stres, daripada terpaku pada angka di timbangan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

When is the Best Time to Weigh Yourself? –  https://www.caloriesecrets.net/when-is-the-best-time-to-weigh-yourself/ diakses 20 Maret 2017

Weighing In on Scales: Find Your True Weight – http://www.webmd.com/diet/features/weighing-in-on-scales-find-your-true-weight#1 diakses pada 20 Maret 2017

Weight Loss Tip:  Scale Weigh Yourself – http://www.huffingtonpost.com/2012/08/30/weight-loss-tip-scale-weigh-yourself_n_1844340.html  diakses 20 Maret 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x