home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Diet Tanpa Sayur yang Aman untuk Tubuh

5 Cara Diet Tanpa Sayur yang Aman untuk Tubuh

Semua anjuran makanan sehat selalu menyebut sayur sebagai bahan makanan penting yang harus dikonsumsi setiap hari. Tapi bagaimana dengan orang yang tidak suka sayur? Adakah cara mengatur pola makan atau diet tanpa sayur yang masih tetap menyehatkan?

Tips makan sehat tanpa sayur

Pada dasarnya, masih ada kemungkinan untuk menjalani pola makan sehat jika Anda tak suka sayur. Ya, Anda bisa melakukan diet tanpa sayur disertai olahraga rutin harian. Berikut ini, merupakan beberapa cara diet tanpa sayur yang bisa Anda ikuti:

1. Penuhi asupan protein dan serat dari bahan makanan lain

Setiap hari, tubuh Anda membutuhkan asupan serat yang banyak terdapat pada kandungan sayur. Anda bisa memperoleh serat dari bahan-bahan makanan lainnya seperti kacang atau biji-bijian.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein harian yang biasanya terdapat pada sayuran hijau seperti brokoli atau bayam, Anda bisa mengakalinya dengan makanan seperti tempe, tahu, ataupun kentang. Penuhi juga asupan protein hewani Anda dengan makan telur, daging ayam, daging ikan, dan makanan laut lainnya.

2. Cari bahan makanan rendah lemak

Memang kebanyakan sayuran tidak mengandung lemak dalam jumlah tinggi. Meski begitu, Anda juga tetap harus memerhatikan asupan rendah lemak pada proses melakukan diet tanpa sayur ini. Mencontek dari resep diet rendah karbohidrat, Anda bisa menggunakan bahan makanan rendah lemak seperti minyak kelapa ataupun minyak zaitun. Keduanya merupakan jenis minyak yang mengandung kandungan lemak jenuh yang sedikit.

Dengan mengonsumsi asupan rendah lemak ini, Anda juga bisa mencegah naiknya kolesterol tubuh sambil mengurangi porsi lemak berlebih pada tubuh.

3. Konsumsi buah

Dengan meminimalisir kehadiran sayur dalam asupan diet, nyatanya Anda masih bisa mengonsumsi buah-buahan. Banyak buah yang mengandung gizi hampir sama setara dengan gizi sayuran. Meskipun tidak terlalu banyak jenis buah yang bisa Anda gunakan bersama dengan masakan, tetapi biasanya buah-buahan seperti nanas, mangga, lemon, bahkan alpukat bisa menjadi bahan dasar saus atau sekedar sebagai pelengkap asupan diet tanpa sayur Anda.

4. Buat smoothies dengan campuran buah

Salah satu cara mudah untuk mengonsumsi sayur dan buah adalah dengan mengubah bentuknya menjadi smoothies atau jus. Kini sudah semakin banyak gerai smoothies dan jus, Anda bisa dengan mudah menemukan produk-produk ini. Tetapi jika Anda ingin mencoba membuat jus sendiri, Anda bisa mencoba mencampur sayur dan buah favorit Anda. Cobalah membuat jus buah terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dengan sayur-sayuran. Usahakan tidak menggunakan tambahan gula yang berlebihan.

5. Konsumsi vitamin dan suplemen

Sayuran diperlukan tubuh karena mengandung banyak manfaat dari gizi, vitamin, dan mineral yang terkandung. Bagi Anda yang tidak suka sayur, Anda masih bisa mendapatkan sejumlah vitamin sayuran tersebut lewat vitamin serta suplemen tertentu. Pastikan juga untuk berkonsultasi pada dokter Anda mengenai suplemen dan vitamin yang akan dikonsumsi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to eat healthy without eating vegetables http://www.livestrong.com/article/86068-eat-eating-vegetables/ Diakses pada 15 Mei 2017

Tips for veggie haters http://www.webmd.com/diet/features/eat-your-vegetables-15-tips-for-veggie-haters#1 Diakses pada 15 Mei 2017

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 25/11/2020
x