home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Semua Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Nyeri Tulang, Termasuk Cara Mengatasi

Semua Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Nyeri Tulang, Termasuk Cara Mengatasi

Nyeri tulang adalah kondisi yang dapat terjadi pada satu atau lebih tulang Anda. Nyeri ini berbeda dengan yang terjadi pada otot. Saat mengalami nyeri otot, Anda bisa mengurangi rasa sakitnya dengan tidak bergerak atau menjaga posisi otot. Sementara itu, nyeri tulang tidak hilang, bahkan ketika Anda berdiam diri. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan kondisi kesehatan lain, seperti penyakit yang mempengaruhi struktur atau fungsi tulang, atau penyakit yang mengubah hormon yang mendorong pertumbuhan tulang.

Apa penyebab nyeri tulang?

Menurut Medline Plus, kondisi ini lebih jarang terjadi daripada nyeri otot atau nyeri sendi. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab nyeri tulang:

1. Cedera

Jika Anda mengalami cedera, seperti jatuh, cedera olahraga, atau kecelakaan mobil, Anda mungkin saja mengalami salah satu jenis gangguan muskuloskeletal ini.

Tak hanya itu saja, retak atau patah tulang akibat cedera atau trauma juga bisa menyebabkan Anda mengalami nyeri tulang. Jika sudah demikian, Anda akan merasakan sakit meski tidak bergerak sama sekali.

2. Kekurangan mineral

Ternyata, kekurangan mineral dalam tubuh dapat menjadi penyebab nyeri tulang. Tulang Anda membutuhkan vitamin D, kalsium, dan fosfor agar tetap sehat kuat.

Oleh sebab itu, saat tulang kekurangan mineral, baik dari pola makan yang buruk atau penyakit yang mengurangi penyerapan mineral, Anda dapat mengalami nyeri tulang.

Nyeri tulang akibat kekurangan kalsium dan vitamin D biasa Anda kenal sebagai osteoporosis. Untuk mencegahnya, Anda perlu memenuhi kebutuhan kalsium harian agar bisa terhindar dari kondisi ini.

3. Kanker tulang

Namun, penyebab yang paling serius dari kondisi ini adalah kanker tulang. Biasanya, kondisi tersebut berasal dari tulang atau kanker lain yang telah menyebar ke tulang (kanker tulang metastatis).

Kanker dapat merusak struktur tulang, membuat tulang lemah, dan menyebabkan nyeri tulang yang parah. Salah satu jenis kanker yang berpotensi menyebabkan kondisi ini dan biasanya muncul pada area kaki adalah leukimia.

Leukemia adalah kanker yang bisa terjadi pada sumsum tulang. Sumsum tulang adalah jaringan spons yang terletak pada setiap tulang dan bagian tubuh ini bertugas menjaga regenerasi tulang Anda.

4. Infeksi

Infeksi pada tulang adalah kondisi serius yang disebut osteomyelitis. Tanpa penanganan yang tepat, kondisi ini dapat membunuh sel-sel tulang, hingga menyebabkan sakit. Kondisi ini biasanya terjadi karena kondisi atau masalah kesehatan yang serius. Oleh sebab itu, Anda harus memeriksakan diri ke dokter jika:

  • Nyeri tulang yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya dan tidak membaik dalam beberapa hari.
  • Rasa nyeri ini muncul dengan penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, atau kelelahan.
  • Kondisi ini muncul akibat dari cedera.

Bagaimana cara mendiagnosis kondisi ini?

Dokter akan menemukan penyebab dari kondisi yang sedang Anda alami ini. Mengobati penyebab nyeri tulang sering mengurangi rasa sakit secara drastis.

Agar memudahkan proses diagnosis, Anda perlu untuk menjelaskan rasa sakit kepada dokter. Nah, beberapa pertanyaan yang biasanya akan dokter tanyakan adalah:

  • Di bagian mana Anda merasakan sakit?
  • Kapan terjadinya rasa sakit?
  • Apakah rasa sakit semakin bertambah parah?
  • Apakah Anda memiliki gejala lain yang menyertai rasa nyeri ini?

Untuk mendapatkan diagnosis terbaik, dokter mungkin meminta beberapa tes termasuk:

  • Tes darah (seperti CBC, diferensial darah).
  • Sinar-X tulang, pemindaian tulang.
  • CT scan atau MRI.
  • Tes tingkat hormone.
  • Hipofisis dan tes fungsi kelenjar adrenal.
  • Tes urine.

Cara mengatasi nyeri pada tulang

Jika mendapatkan penanganan yang tepat, Anda bisa sembuh dari kondisi ini. Nah, dokter biasanya akan memutuskan jenis pengobatan yang paling sesuai dengan kondisi yang mendasarinya.

Apabila berhasil mengobati penyebabnya, rasa sakit atau nyeri ini akan berhenti. Dokter mungkin akan memberi obat penghilang rasa sakit, atau obat-obatan lainnya, seperti berikut:

  • Antibiotik.
  • Obat anti-inflamasi.
  • Hormon sintetis.
  • Obat pencahar (jika Anda terkena sembelit selama masa pemulihan).
  • Pereda nyeri.
  • Jika rasa sakit terkait dengan pengikisan tulang, Anda mungkin perlu pengobatan untuk osteoporosis.

Jika Anda kekurangan cukup vitamin D dan kalsium, Anda mungkin akan diberi suplemen. Pasien dengan nyeri tulang yang serius, seperti kanker tulang, mungkin memerlukan terapi radiasi, dan operasi kemoterapi agar kondisinya lebih baik. Tulang yang terinfeksi mungkin perlu diangkat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 12/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x