home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Buat Wanita Usia 40-an, Ini Cara Merawat Keindahan Alami Rambut Anda

Buat Wanita Usia 40-an, Ini Cara Merawat Keindahan Alami Rambut Anda

Mulai memasuki usia 40 tahun hingga lanjut usia (lansia), tubuh Anda mengalami banyak perubahan. Selain kulit yang menua, perubahan tubuh pada lansia dan usia 40 tahun juga terjadi pada bagian rambutnya. Rambut seseorang yang berusia lanjut umumnya mengalami perubahan warna dan tekstur. Bahkan, tak jarang, rambut rontok juga sering terjadi. Padahal, bagi wanita, rambut merupakan mahkota yang dapat mempercantik dirinya. Lantas, bagaimana cara perawatan rambut untuk wanita usia 40 tahun ke atas?

Berbagai cara perawatan rambut untuk wanita usia 40 tahun ke atas

Kesehatan rambut seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu usia, konsumsi makanan, genetik, hingga kondisi medisnya secara keseluruhan. Ketika usia bertambah, rambut menjadi lebih tipis, halus, rontok, dan beruban karena faktor penuaan. Bahkan, ada pula yang mengalami kebotakan.

Kebotakan rambut seiring pertambahan usia memang dipengaruhi pula oleh faktor kesehatan seseorang. Cleveland Clinic menyebut, faktor tersebut bisa berupa keturunan, gangguan endokrin, gangguan tiroid, berkurangnya dukungan hormonal, serta kekurangan gizi pada lanjut usia. Pada wanita usia 40-an, menopause menjadi faktor utama masalah tersebut.

Untungnya, ada beberapa cara perawatan rambut yang bisa wanita lakukan meski sudah memasuki usia 40 tahun ke atas. Berikut beberapa tipsnya untuk Anda:

1. Asupan nutrisi

menu makanan untuk lansia

Rambut terbuat dari serat-serat protein. Adapun kekurangan protein bisa menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan protein harian Anda dapat membantu menjaga kesehatan rambut, termasuk bagi wanita berusia 40-an. Apalagi, seseorang pada usia tersebut kerap kali mengalami kekurangan nutrisi karena faktor penuaan yang mengubah pola makan lanjut usia.

Untuk memenuhinya, Anda bisa mengonsumsi beragam makanan berprotein, seperti telur dan ikan. Selain itu, penuhi pula kebutuhan zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, serta asam lemak omega-3 yang juga berperan untuk kesehatan rambut Anda. Ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi beragam sayuran dan buah-buahan.

2. Jangan terlalu sering keramas

Mencuci rambut terlalu sering bisa menyebabkan rambut kering dan rapuh, meski jenis rambut Anda berminyak. Oleh karena itu, perawatan rambut berikutnya yang perlu diterapkan oleh wanita usia 40 tahun ke atas adalah jangan terlalu sering keramas.

Paling tidak, Anda hanya perlu mencuci rambut sebanyak dua kali seminggu. Selain itu, Anda pun perlu menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, baik itu normal, kering, atau berminyak.

3. Kurangi penggunaan hairdryer

Mengeringkan rambut dengan hairdryer (pengering rambut) memang mudah dan cepat. Namun, menggunakan pengering rambut terlalu sering justru akan merusak rambut Anda. Oleh karena itu, batasi penggunaan hairdryer atau alat pemanas rambut lainnya, seperti catokan atau pengeriting rambut, agar rambut Anda tetap sehat dan kuat.

Sebaiknya, biarkan rambut Anda mengering dengan sendirinya setelah keramas. Namun, jika ingin menggunakan hairdryer, sebaiknya hanya seminggu sekali atau bahkan lebih jarang. Gunakan pula tingkat panas hairdryer yang paling rendah serta batasi waktu penggunannya.

4. Hindari stres

pusing setelah makan

Wanita di atas 40 tahun hingga lansia cenderung mengalami stres karena berbagai faktor. Adapun stres dapat memengaruhi kesehatan rambut Anda, termasuk menyebabkan rambut beruban dan rontok.

Oleh karena itu, menghindari stres bisa menjadi salah satu cara perawatan rambut untuk wanita usia 40 tahun ke atas. Untuk mengurangi stres, Anda bisa melakukan meditasi, pijat, yoga, atau olahraga untuk lanjut usia. Anda juga harus tidur yang cukup serta melakukan aktivitas yang disukai agar lebih rileks.

5. Lindungi rambut Anda dari matahari

Tidak hanya kulit, paparan sinar matahari terlalu lama juga dapat menyebabkan rambut cepat kering, rapuh, menipis, dan bercabang. Oleh karena itu, wanita usia 40 tahun ke atas pun perlu melindungi rambut dari paparan sinar matahari agar kerusakan tidak terjadi.

Adapun memakai topi atau payung merupakan salah satu cara aman beraktivitas di bawah sinar matahari, agar rambut Anda terlindungi. Anda juga bisa menggunakan produk rambut mengandung SPF dan yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

6. Cek obat yang Anda konsumsi ke dokter

Wanita usia 40 tahun ke atas hingga lansia lebih rentan memiliki beragam penyakit, sehingga cenderung mengonsumsi berbagai obat. Padahal, konsumsi obat-obatan bisa memengaruhi kesehatan rambut Anda. Oleh karena itu, salah satu cara perawatan rambut untuk wanita usia 40 tahun ke atas adalah mengecek ke dokter mengenai obat-obatan yang dikonsumsi.

Anda bisa berbicara dan bertanya kepada dokter jika obat yang Anda konsumsi membuat rambut Anda rontok. Tanyakan pula pada dokter untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tak hanya itu, wanita usia 40 tahun atau lansia perlu menjaga kesehatan secara menyeluruh untuk menghindari beragam penyakit dan konsumsi obat-obatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Your Guide to Aging, Thinning Hair: 6 Simple Tips. Health Essentials from Cleveland Clinic. (2021). Retrieved 3 June 2021, from https://health.clevelandclinic.org/your-guide-to-aging-hair/.

Best Ways to Protect Your Hair From Sun Damage. Health Essentials from Cleveland Clinic. (2021). Retrieved 3 June 2021, from https://health.clevelandclinic.org/best-ways-to-protect-your-hair-from-sun-damage/.

HAIR LOSS: TIPS FOR MANAGING. aad.org. (2021). Retrieved 3 June 2021, from https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/treatment/tipsv.

NUTRITION AND HAIR HEALTH. hairscientists.org. (2021). Retrieved 3 June 2021, from https://www.hairscientists.org/hair-and-scalp-conditions/nutrition-and-hair-health.

How to Maintain Beautiful Hair as You Age (Courtesy of the Late, Great Whitney Houston). HealthyWomen. (2021). Retrieved 3 June 2021, from https://www.healthywomen.org/content/blog-entry/how-maintain-beautiful-hair-you-age-courtesy-late-great-whitney-houston.

How to stop damaging your hair. Aad.org. (2021). Retrieved 3 June 2021, from https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/insider/stop-damage.

Lee, Y., Kim, Y. D., Hyun, H. J., Pi, L. Q., Jin, X., & Lee, W. S. (2011). Hair shaft damage from heat and drying time of hair dryer. Annals of dermatology23(4), 455–462. https://doi.org/10.5021/ad.2011.23.4.455.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 22/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri