6 Fakta Unik Seputar Rambut Beruban yang Mungkin Belum Anda Tahu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 12 November 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Katanya, rambut beruban tanda penuaan. Padahal, rambut abu-abu ini tak hanya muncul pada orang yang sudah lanjut usia saja, lho. Ada banyak fakta rambut beruban yang mungkin akan mengejutkan Anda. Apa saja ya?

Punya rambut beruban? 6 fakta unik ini harus Anda simak

1. Pigmen rambut berkurang

rambut beruban tak hanya di kepala

Di setiap tempat tumbuhnya rambut, terdapat melanin, yaitu sel pigmen yang bertugas memberi warna pada rambut. Nah, sayangnya seiring bertambah usia, sel melanin ini akan berkurang, sehingga membuat rambut yang baru tumbuh berwarna lebih terang. Lalu, ketika folikel kehilangan pigmen ini sama sekali, maka semakin lama rambut tidak berwarna.

Tak hanya orang tua saja yang bisa kekurangan pigmen rambut, tapi beberapa orang juga dapat mengalaminya. Hal ini memang tergantung dengan kadar pigmen masing-masing orang. Maka itu, rambut beruban tak identik dengan lansia saja.

2. Uban bisa dipicu oleh rokok

sulit berhenti merokok

Menurut penelitian yang ditulis dalam Indian Dermatology Online Journal, kebiasaan merokok bias jadi penyebab rambut berubah abu-abu sebelum usia 30 tahunan.

Penelitian yang melibatkan 207 peserta ini belum mengetahui dengan pasti bagaimana rokok bisa memengaruhi pigmen rambut. Namun para peneliti menduga bahwa ini berkaitan dengan stres oksidasi akibat rokok memengaruhi sel melanosit.

Sel melanosit berperan dalam memproduksi melanin. Jadi jika sel tersebut rusak, maka pigmen yang terbentuk juga kian sedikit.

3. Genetik juga bisa memengaruhi

masih muda sudah tumbuh uban

Siapa bilang hanya orang yang sudah lanjut usia atau orang dewasa saja yang punya rambut beruban? Faktanya, anak-anak dan remaja mungkin memiliki rambut ubanan ini, lho. Ya, hal ini diyakini karena faktor genetik atau keturunan.

Faktor penyebab ini tidak bisa diubah, jadi Anda akan memiliki rambut beruban di usia muda mungkin Anda mengalami hal ini.

4. Jangan cabut rambut beruban

mencegah uban di usia muda

Mungkin beberapa dari Anda beranggapan kalau katanya uban itu tidak boleh dicabut karena membuatnya tumbuh semakin banyak. Misalnya, kalau mencabut 1 helai, bisa saja nanti tumbuh 3 helai dengan warna putih. Apakah ini benar?

Sebenarnya berhenti mencabut uban tidak membuat rambut abu-abu ini berhenti tumbuh atau makin sedikit. Jika Anda mencabut satu helaian rambut beruban, ketika helaian rambut itu tumbuh lagi kemungkinan besar juga akan tetap putih. Helaian rambut lainnya yang ada di sebelahnya tidak terpengaruhi dengan kondisi ini.

Kecuali, kalau memang helaian rambut sebelahnya juga tidak memiliki pigmen yang cukup, pasti helaian rambut itu akan memutih juga. Namun ini bukan akibat “menular” dari rambut sebelahnya karena memang melaninnya menipis.

Yang perlu Anda khawatirkan setelah berkali-kali mencabut rambut beruban adalah folikel rambut Anda bisa rusak. Ketika folikel rambut rusak, lama kelamaan justru folikel tidak lagi menumbuhkan rambut. Rambut Anda bisa terlihat semakin tipis.

5. Melewati usia 50 tahun, uban pasti makin banyak

rambut beruban

Pada umumnya, memasuki usia 50 tahun rambut putih Anda akan semakin banyak dari biasanya. Bahkan ini bisa mengubah setengah rambut hitam Anda jadi putih. Ini hal yang memang wajar, sebab terjadinya proses penuaan.

Namun, lagi-lagi hal ini sebenarnya dipengaruhi banyak hal. Bisa saja rambut Anda sudah setengah putih sebelum menginjak usia 50 tahun atau sebaliknya, rambut tetap hitam berkilau walau telah memasuki 60 tahunan.

6. Tekstur rambut uban sama rambut hitam berbeda

mencabut uban

Rambut uban memiliki tekstur lebih tipis dibandingkan rambut hitam sebab kutikula rambut nya lebih tipis. Rambut uban juga bisa kehilangan air lebih cepat sehingga rambut uban bisanya terasa kering, rambut rapuh dan lebih kasar dibandingkan rambut hitam.

Kulit kepala juga menghasilkan minyak lebih sedikit seiring bertambahnya usia, sehingga rambut Anda akan semakin kering.

Maka dari itu, diperlukan perhatian lebih untuk rambut beruban. Caranya, jangan terlalu sering terkena sinar matahari, jaga kelembaban rambut, hindari rambut dari berbagai bahan kimia dan air yang tercemar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ptosis

Ptosis adalah menurunnya kelopak mata atas akibat berkurangnya kekuatan otot yang berfungsi membuka mata. Biasanya ini hanya terjadi di salah satu mata.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 21 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Hirsutisme

Hirsutisme adalah kondisi penyebab wanita berkumis dan berbulu lebat di badannya. Cari tahu penyebab dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 13 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Inilah Ragam Penyebab Rambut Rontok yang Tak Anda Duga

Sudah merawat rambut baik-baik, tapi kok rambut masih saja rontok? Simak penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 10 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Segudang Manfaat Masker Lidah Buaya dan Tips Membuatnya

Buat Anda yang sedang cari cara alami untuk merawat tubuh, kenapa tidak coba membuat masker lidah buaya? Ada segudang manfaat yang sayang jika terlewatkan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit



Direkomendasikan untuk Anda

hypertrichosis, hipertrikosi, werewolf syndrom

Hipertrikosis, Kelainan Langka yang Membuat Sekujur Tubuh Ditumbuhi Bulu Lebat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
minyak jojoba untuk melawan keriput

Penuaan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
cepat tua

Cek Menu Harian Anda: 9 Makanan Ini Membuat Anda Tampak Cepat Tua

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit