Memasuki Usia 40-an? Begini Cara Bersiap-siap Menghadapi Menopause

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda berusia 40 tahunan dan bersiap menghadapi menopause? Menopause adalah kondisi yang wajar terjadi pada wanita yang memasuki usia 40-50 tahunan.

Tidak semua wanita dapat menjalani masa menopause dengan mudah, karena banyak gangguan kesehatan yang muncul. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya agar tidak mengalami gejala menopause yang parah.

Bagaimana cara mempersiapkan diri menghadapi gejala menopause?

Berbagai perubahan fungsi tubuh akan terjadi ketika Anda memasuki masa menopause. Hal ini sangat wajar terjadi dan dialami oleh seluruh wanita yang berusia 40-50 tahunan. Beberapa gangguan yang mungkin terjadi seperti:

Semua kondisi tersebut dapat muncul ketika Anda mengalami menopause. Namun, jangan khawatir. Anda dapat meminimalkan dan meringankan semua kondisi tersebut dengan memersiapkan diri sebelum gejala menopause itu datang.

1. Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat sejak dini dapat meringankan gejala menopause yang akan muncul. Anda sebaiknya melakukan olahraga rutin untuk membuat tulang menjadi lebih kuat sehingga meminimalkan atau menunda osteoporosis. Olahraga minimal 30 menit per hari dapat membuat tulang Anda lebih padat.

Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, seperti menjauhi makanan yang berlemak tinggi dan mengonsumsi lebih banyak makanan yang berserat dan sumber vitamin-mineral.

2. Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, serta begadang dapat memperburuk gejala menopause yang akan dialami. Misalnya saja, membuat tulang semakin rapuh. Lagi pula, kebiasaan tersebut tak baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Bila Anda masih melakukannya, maka Anda berisiko juga mengalami berbagai penyakit kronis.

3. Cari tahu tentang gejala menopause

Sebelum memasuki masa menopause, Anda sebaiknya sudah mengetahui gejala-gejala apa saja yang mungkin muncul di waktu tersebut. Selain mencari tahu gejala menopause yang muncul, Anda juga sebaiknya mencari tahu bagaimana mencegahnya atau pun mengatasinya.

Selain itu, bila Anda mengalami suatu gejala, meskipun ringan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini untuk mencegah gejala yang lebih buruk terjadi.

Perimenopause, masa transisi sebelum menopause?

Sama seperti Anda pertama kali haid, setiap wanita akan mengalami menopause pada saat yang berbeda. Banyak faktor yang memengaruhi kapan munculnya gejala menopause pada wanita, seperti gaya hidup, genetik, pola makan, stres, dan status kesehatan secara umum.

Sebelum memasuki masa tersebut, wanita biasanya akan memasuki masa perimenopause yaitu masa transisi menuju menopause. Ketika memasuki masa ini, beberapa gejala mulai muncul, seperti gangguan jadwal haid dan sensasi panas di tubuh (hot flashes).

Rata-rata wanita akan mengalami masa perimenopause sekitar 4 tahun, namun hal ini tentu akan berbeda-beda pada setiap orang. Bila Anda telah mempersiapkan diri untuk menghadapi semua gejala menopause yang ada maka ketika memasuki masa-masa tersebut, gangguan serta perubahan fungsi tubuh yang terjadi tidak terlalu buruk.

Berapa Banyak Kalori yang Anda Butuhkan?

Selain rajin berolahraga, mengetahui berapa banyak asupan kalori yang harus dikonsumsi juga penting untuk menjaga kesehatan. Cari tahu kalori harian yang Anda butuhkan di sini.

Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Jika dibiarkan terjadi dalam waktu lama, kondisi ini bisa membuat saraf Anda rusak permanen. Apa saja yang menyebabkan saraf kejepit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit