Tumor Jantung

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu tumor jantung?

Tumor jantung adalah pertumbuhan abnormal pada jantung atau katup jantung. Ada berbagai jenis tumor jantung. Namun, kondisi ini biasanya jarang terjadi.

Tumor dapat bersifat kanker (ganas) atau non-kanker (jinak). Tumor yang mulai bertumbuh dan tetap berada di jantung disebut tumor primer. Tumor yang muncul pada bagian tubuh lain kemudian berpindah ke jantung (metastasis) disebut tumor sekunder.

Kebanyakan tumor jantung bersifat jinak. Meski begitu, kondisi ini juga dapat menyebabkan masalah karena ukuran dan lokasinya. Kadang, bagian kecil dari tumor juga bisbisa jatuh ke aliran darah dan terbawa ke pembuluh darah yang jauh dan masuk ke dalam aliran darah ke organ-organ vital (embolisme).

Seberapa umum tumor jantung?

Kondisi ini lebih sering menyerang wanita daripada dengan pria dan bisa terjadi pada pasien dengan usia berapa saja. Tumor jantung dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala tumor jantung?

Sering kali, pasien tidak mengetahui bahwa mereka memiliki tumor jantung. Tumor sering kali ditemukan saat pasien melakukan ekokardiogram untuk alasan lain. Jika tumor telah mengeras akibat tumpukan kalsium (kalsifikasi), tumor dapat terlihat pada rontgen dada. Kebanyakan tumor jantung primer ditemukan saat pasien berusia 50-60 tahun. Namun, kondisi ini juga dapat ditemukan pada pasien yang lebih muda.

Pasien dengan myxoma jantung pada serambi kiri bisa menunjukkan gejala. Hal ini disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah melalui katup mitral. Aliran darah bisa tersumbat sepanjang waktu, atau hanya saat pasien berada di posisi fisik tertentu (seperti berbaring). Walau banyak pasien tidak memiliki gejala apa pun, jika aliran darah tersumbat dan ada peningkatan tekanan pada serambi kiri, kondisi ini dapat menyebabkan sesak napas, pusing, atau batuk. Peradangan mungkin menyebabkan demam, dan pasien dapat mengalami nyeri sendi dan rasa tidak nyaman.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab tumor jantung?

Sebagian kecil dari pasien dengan tumor jantung memiliki riwayat keluarga dengan kondisi ini juga. Kadang, tumor dapat menjadi bagian dari kondisi kesehatan lain, seperti NAME syndrome, LAMB syndrome, atau Carney syndrome. Namun, pada kebanyakan kasus, tumor bisa muncul tanpa sindrom-sindrom tersebut atau tanpa riwayat keluarga. Tumor sendiri terbentuk akibat pertumbuhan sel berlebih yang muncul atau berpindah ke jantung.

Faktor Pemicu

Apa yang membuat saya lebih berisiko terkena tumor jantung?

Tumor jantung cenderung diwariskan dalam keluarga. Orang yang punya tumor ganas pada bagian tubuh lain, terutama melanoma, kanker payudara, atau kanker paru-paru juga berisiko tinggi mengalami tumor jantung. Pasalnya, tumor dari bagian tubuh lain bisa berpindah atau menyebar ke jantung.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana tumor jantung didiagnosis?

Jika dokter menduga Anda memiliki tumor jantung, diagnosis dapat dikonfirmasi menggunakan ekokardiogram, CT scan, magnetic resonance imaging (MRI) atau radionuclide imaging.

Bagaimana pengobatan tumor jantung?

Karena tumor jantung dapat menyebabkan masalah pada aliran darah, operasi pengangkatan tumor biasanya merupakan pilihan pengobatannya. Namun, apakah operasi diperlukan atau tidak, bergantung pada ukuran tumor dan juga efeknya kepada kesehatan pasien secara keseluruhan.

Pengangkatan tumor memerlukan bedah jantung terbuka. Namun, pada banyak kasus, pembedahan dapat dilakukan secara robotik atau menggunakan teknik yang paling tidak invasif (tidak melalui pembedahan terbuka). Selama operasi, ahli bedah mengangkat tumor dan jaringan sekitar untuk mengurangi risiko kembalinya tumor. Karena operasi rumit dan memerlukan jantung yang diam, Anda akan membutuhkan mesin jantung-paru yang akan bertindak sebagai jantung dan paru-paru Anda selama operasi berlangsung.

Pemulihan setelah operasi biasa umumnya berlangsung selama 4-5 hari di rumah sakit, dan butuh waktu 6 minggu untuk pemulihan total. Jika tumor diangkat menggunakan metode robotik atau metode yang minim invasif, waktu inap Anda di rumah sakit kemungkinan akan lebih cepat, dan Anda akan pulih total dalam 2-3 minggu.

Setelah operasi, Anda akan perlu melakukan ekokardiogram setiap tahunnya untuk memastikan tumor tidak kembali dan tidak ada pertumbuhan baru.

Pencegahan

Apa saja yang dapat saya lakukan secara mandiri di rumah untuk mengobati tumor ini?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan secara mandiri dan pengobatan rumahan yang membantu Anda mengobati tumor jantung.

  • Dukungan psikologis sangat penting untuk pasien tumor ganas (kanker). Jika pasien terasingkan dari lingkungan dan mengidap depresi, pasien mungkin tidak bisa merespons pengobatan yang diberikan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya komplikasi kesehatan dan berkurangnya peluang kesembuhan. Anda mungkin bisa bergabung dengan komunitas survivor¬†kanker atau kelompok serupa lainnya untuk membantu membangkitkan semangat.
  • Dukungan keluarga sangat penting untuk mengobati pasien secara efektif. Pengobatan yang tepat dan rutin diperlukan untuk manfaat pengobatan yang paling optimal. Keluarga berperan penting dalam mengurus tes dan jadwal perawatan selanjutnya. Keluarga juga harus membantu mengatur pola makan dan aktivitas yang diperlukan pasien.
  • Perawatan paliatif adalah bentuk dukungan besar terhadap kanker. Fokus utama dari perawatan ini adalah untuk meminimalisir rasa sakit dari pasien. Jenis perawatan ini cocok untuk semua tahap kanker, terlepas dari kemungkinan hilang atau tidaknya tumor kanker.

Jika Anda memiliki keraguan tertentu, diskusikanlah dengan dokter Anda untuk mendapatkan solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Gejala Psoriasis, Baik Secara Umum Maupun Sesuai Jenisnya

Penyakit psoriasis membuat Anda berisiko mengalami serangan jantung dan hipertensi. Kenali ciri-ciri dan gejala psoriasis berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Kulit, Psoriasis 24 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Penyebab Psoriasis dan Faktor-Faktor Risiko yang Perlu Dihindari

Pemicu kambuhnya psoriasis bisa dikendalikan dengan menghindari faktor-faktor risiko. Namun, apa sebenarnya penyebab penyakit psoriasis?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Penyakit Kulit, Psoriasis 24 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit yang cukup umum terjadi. Apa penyebab, ciri-ciri, dan obat yang sering digunakan untuk mengobati psoriasis?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Psoriasis 24 September 2020 . Waktu baca 12 menit

Hasil Tes Urine Menunjukkan Adanya Sel Darah Putih (Leukosit), Apa Artinya?

Pada hasil tes urine, Anda mungkin mendapati sel darah putih (leukosit) dalam urine. Beberapa kondisi berikut ini adalah penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ketotifen

Mengenal Cuci Hidung Beserta Caranya untuk Atasi Alergi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 9 menit
risiko penularan covid-19 banjir

Banjir dan Risiko Penularan COVID-19, Ancaman Dobel Bencana

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 6 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
melihat bullying

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit