Cantengan (Ingrown Toenail, Onychocryptosis)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Definisi

Apa itu cantengan (ingrown toenail)?

Cantengan (ingrown nail, onychocryptosis) adalah kondisi di mana ujung kuku tumbuh ke bawah kulit. Kondisi ini biasanya terjadi pada jempol kaki, saat Anda memotong kuku terlalu pendek

Cantengan juga bisa terjadi jika Anda mengenakan sepatu yang terlalu ketat dan sempit. Jika kondisi ini menyebabkan kulit pecah, bakteri mungkin akan masuk dan menciptakan infeksi. 

Infeksi tersebut ditandai dengan drainase dan bau busuk. Walaupun jari kaki tidak sakit, merah, bengkak, atau panas, kuku yang melengkung ke bawah kulit dapat berkembang menjadi infeksi. 

Ingrown toenail yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi kulit dan masalah tulang yang serius. 

Kondisi ini dibedakan dalam tiga tahap, yaitu:

Tahap 1

Kuku telah tumbuh ke dalam kulit bagian samping. Kulit terasa sakit dan meradang. 

Tahap 2

Jaringan baru yang meradang (granuloma) telah tumbuh di tepi kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam. Jaringan mulai memproduksi nanah. 

Tahap 3

Kulit di sekitar kuku kaki meradang kronis dan terus mengeluarkan nanah. Granuloma sudah mulai tumbuh di atas kuku. 

Seberapa umumkah cantengan (ingrown toenail)?

Kuku cenderung menebal seiring dengan meningkatnya usia, yang mengakibatkan orang yang lebih tua memiliki kuku yang tumbuh ke dalam. Anak-anak dan remaja juga cenderung memiliki kuku yang tumbuh ke dalam. 

Hal ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Gejala

Apa saja tanda-­tanda dan gejala cantengan (ingrown toenail)?

Gejala awal yang muncul jika Anda mengalami cantengan adalah jari kaki yang mengeras, bengkak, dan terasa rapuh di sekitar kuku. Daerah ini menjadi memerah dan sangat sakit dan terasa panas. 

Kuku yang tumbuh ke dalam terjadi ketika kulit di salah satu atau kedua sisi kuku tumbuh di tepi kuku, atau ketika kuku itu sendiri tumbuh ke dalam kulit.

Merah, sakit, dan bengkak pada sisi kuku mungkin akan muncul dan menghasilkan infeksi. Kalau sudah begitu, nanah atau cairan dapat mengalir dari jari kaki. 

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda mungkin merasa kondisi onychocryptosis merupakan hal yang sepele. Namun, ketika infeksi sudah menjalar, ingrown toenail bisa menjadi persoalan serius dan membutuhkan pertolongan medis. 

Jika Anda merasakan gejala infeksi, seperti bau, segera hubungi dokter yang mungkin akan merujuk Anda ke spesialis kaki (podiatrist). Dokter spesialis kaki akan menentukan perawatan apa yang Anda lalui. 

Perawatan setelah operasi pun penting dilakukan untuk keberhasilan operasi itu sendiri. Pastikan Anda mengikuti arahan dokter. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab cantengan (ingrown toenail)?

Onychocryptosis bisa berkembang dengan cukup cepat. Salah satu penyebab paling umumnya adalah memotong kuku terlalu pendek. 

Ketika Anda memotong kuku terlalu pendek, kulit di sisi jari bisa menutupi sudut kuku. Ini dapat menyebabkan kuku tumbuh ke bawah kulit. 

Kuku yang robek, bukannya terpotong, juga memiliki kecenderungan tumbuh ke dalam karena tidak memiliki sudut yang jelas. Memotong kuku dalam bentuk bulat, bukan lurus melintang juga dapat menyebabkan kuku memecah kulit. 

Dikutip dari Cleveland Clinic, penyebab umum cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis) adalah:

Keturunan

Banyak orang mewarisi kecenderungan untuk mengalami onychocryptosis. Jika orangtua Anda pernah mengalami kondisi ini, Anda punya kemungkinan untuk merasakan hal yang sama.

Alas kaki yang tidak pas

Mengenakan kaus kaki dan sepatu yang terlalu ketat atau pendek dapat membentuk area yang sulit untuk berkembang. Inilah sebabnya mengapa remaja lebih sering terkena cantengan atau ingrown toenail. 

Trauma

Terkadang, menjepit jari kaki atau menjatuhkan sesuatu di atas jari kaki Anda, atau melakukan aktivitas di mana kaki Anda dalam posisi tertekan (seperti lari, sepak bola, atau balet) bisa menyebabkan onychocryptosis berkembang. 

Pemotongan kuku yang tidak tepat

Salah satu penyebab paling umum dari cantengan adalah memotongnya terlalu pendek. Ketika kuku terlalu pendek, itu mendorong kulit di sisi kuku untuk menghalanginya tumbuh. 

Jangan terlalu bersemangat dengan gunting kuku dan pastikan untuk memotongnya dengan lurus. 

Pedikur

Banyak perempuan (dan beberapa laki-laki) menikmati pedikur. Tidak ada yang salah dengan itu, tapi pastikan kuku Anda ditangani dengan orang yang berpengalaman. 

Sirkulasi yang buruk

Orang dewasa dengan sirkulasi arteri yang buruk lebih rentan terhadap kondisi onychocryptosis. Jika Anda mengidap diabetes, penyakit jantung, atau penyalahgunaan tembakau, atau mengalami cantengan berulang kaki, segera hubungi dokter. 

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk cantengan (ingrown toenail)?

Dikutip dari dari Harvard Health Publishing, risiko untuk onychocryptosis akan meningkat dengan menggunakan sepatu yang terlalu ketat, terlalu sempit, atau terlalu pendek. 

Menurut dr. James Ioli, Kepala Podiatry di Rumah Sakit Brigham, penggunaan sepatu hak tinggi juga meningkatkan risiko terkena cantengan. Sepatu hak tinggi membuat kaki Anda lebih menempel pada sepatu bagian depan. Jika sudah begini, kuku jempol kaki berisiko tumbuh ke dalam kulit karena tekanan.  

Apa komplikasi yang mungkin saya alami jika terkena cantengan (ingrown toenail)?

Jika tidak ditangani dan terdeteksi, kondisi onychocryptosis bisa menyebabkan infeksi pada tulang di bawahnya dan bisa menyebabkan infeksi tulang yang serius. 

Komplikasi bisa terjadi khususnya ketika Anda mengidap diabetes, yang dapat menyebabkan aliran darah yang buruk dan merusak saraf di kaki Anda. Jadi, cedera kaki kecil, seperti luka, gesekan, cantengan, mungkin tidak sembuh dengan baik dan menjadi terinfeksi. 

Luka terbuka yang sulit disembuhkan (borok kaki) mungkin memerlukan pembedahan untuk mencegah pembusukan dan kematian jaringan (gangren). Gangren terjadi karena gangguan aliran darah ke area tubuh Anda.

Diagnosis

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk cantengan (ingrown toenail)?

Dokter membuat diagnosis dengan melihat dan memeriksa kuku dan jari kaki. Jika kuku yang tumbuh ke dalam terinfeksi, dokter dapat mengambil sampel nanah atau cairan lalu mengirimkannya untuk diteliti untuk mengetahui bakteri yang menyebabkan infeksi.

Biasanya, tes laboratorium lain atau X-rays tidak dibutuhkan untuk mendiagnosis kondisi ini. Sebaliknya, cantengan dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik. 

Jika kuku tampak tumbuh di atas kuku lain atau di bawah kulit, dan jika kulit bengkak dan lunak, itu kemungkinan cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis).

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk cantengan (ingrown toenail)?

Penanganan kondisi ini dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan yang Anda alami. Jika onychocryptosis tidak parah, Anda bisa melakukan perawatan non-bedah, sedangkan jika cantengan tergolong parah, dokter mungkin akan menyarankan prosedur operasi. Berikut ulasan lengkapnya:

Perawatan non-bedah

Cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis) harus segera ditangani saat ditemukan. Jika kondisi ini ditemukan dengan cepat (sebelum terjadi infeksi), perawatan rumahan bisa dilakukan, yaitu:

Rendam kaki pada air hangat 3-4 kali sehari

Rendam kaki yang sakit mungkin bisa mengurangi bengkak dan sakit. Anda bisa merendam kaki pada air hangat dan bersabun 3-4 kali sehari hingga 20 menit. Menambahkan garam mungkin dapat memberikan sensasi meredakan tambahan. 

Rendam kaki dalam cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan pengobatan tradisional untuk segala hal yang digunakan belakangan ini. Ini dipercaya memiliki zat antiseptik, anti-peradangan, dan kemampuan untuk mengatasi rasa sakit. Namun, bukti ilmiah soal hal tersebut belum terlalu banyak. 

Untuk mencoba pengobatan ini, siapkan baskom berisi air hangat dikombinasikan dengan ¼ cangkir cuka sari apel. Rendam kaki yang sakit hingga 20 menit setiap hari. Kemudian, keringkan kaki Anda sampai bersih. Pastikan kaki tetap kering sepanjang hari.

Gunakan kapas atau benang gigi

Anda mungkin perlu mengangkat ujung kuku yang tumbuh ke dalam dengan lembut. Angkat dan masukan kapas atau benang gigi di antara kuku dan kulit Anda. Ganti kapas atau benang gigi setiap hari. 

Namun, menyelipkan kapas atau benang gigi tidak disarankan oleh American College of Foot and Ankle Surgeons. Langkah itu tidak akan mengurangi sakit Anda, justru memungkinkan bakteri untuk tumbuh dan menciptakan infeksi. 

Oleskan salep antibiotik

Menggunakan salep atau krim antibiotik yang dijual bebas dapat meningkatkan penyembuhan atau membantu mengurangi risiko infeksi. 

Oleskan salep pada jari kaki yang cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis), biasanya tiga kali sehari. Pastikan membalut jari setelah mengoles salep.

Gunakan sepatu dan kaus kaki yang nyaman

Pilihlah alas kaki yang menyediakan ruangan untuk kaki. Sepatu dan kaus kaki yang terlalu ketat dapat mengganggu ruang gerak kaki Anda. Hal itu dapat meningkatkan risiko onychocryptosis. 

Untuk cantengan lebih parah, gunakan sepatu dan kaus kaki dengan ukuran pas, tapi tetap mempunyai ruangan untuk bantalan kaki. Saat proses perawatan, hindari sepatu atau gunakan sandal sebisa mungkin untuk mengurangi tekanan pada kuku kaki Anda. 

Konsumsi obat-obatan yang dijual bebas

Anda mungkin bisa mengonsumsi ibuprofen atau acetaminophen untuk meringankan sakit. Acetaminophen mungkin bisa mengurangi rasa sakit akibat cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis). Efek samping biasanya tidak akan muncul, kecuali jika Anda mengonsumsinya tanpa anjuran dokter. 

Jika kaki Anda bengkak, ibuprofen mungkin menjadi pilihan yang lebih baik karena bisa mengatasi bengkak dan sakit. Beberapa efek samping dari obat ini termasuk sakit perut hingga diare. 

Penggunaan obat-obatan ini harus sesuai dengan anjuran tenaga medis atau dokter. 

Gunakan pelindung kaki

Pelindung kaki menyediakan pelindung bantalan untuk kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Pelindung ini tersedia dalam bentuk cincin yang dipasang di sekitar area yang terkena atau sebagai penutup seluruh kaku kaki. 

Coba brace kaki

Brace kaki biasanya terbuat dari bahan komposit yang tipis dan berekat dan dilem di bagian atas jari kaki Anda. 

Alat ini dimaksudkan untuk melindungi kulit Anda dari kuku yang tajam dan tumbuh ke dalam dan mengangkat tepi kuku saat kuku Anda tumbuh. Brace kaki tersedia di berbagai toko online dan apotek. 

Sebelum melakukan pengobatan tanpa pembedahan atau rumahan, Anda perlu memerhatikan hal-hal di bawah ini, sesuai dengan rekomendasi American College of Foot and Ankle Surgeons:

  • Jangan memotong lengkungan pada kuku

Berkebalikan dengan kepercayaan orang banyak, cara ini tidak mengurangi kecenderungan kuku melengkung ke bawah. 

  • Jangan berulang kali memotong batas kuku

Pemotongan berulang tidak mengubah cara kuku tumbuh dan dapat memperburuk kondisinya. 

  • Obat-obatan yang dijual bebas tidak efektif

Obat-obatan ini dapat menutupi rasa sakit, tetapi tidak memperbaiki masalah yang mendasari kondisi cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis).

Pembedahan

Jika kondisi tidak kunjung membaik selama tiga sampai lima hari dengan perawatan tradisional, Anda harus segera menghubungi dokter. Anda mungkin akan diberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi dan dokter mungkin perlu melakukan prosedur pembedahan untuk menyingkirkan kuku yang tumbuh ke dalam kulit. 

Pembedahan efektif untuk menghilangkan tepi kuku yang tumbuh ke dalam dan memotong lipatan berdaging saat kuku tumbuh ke luar. Pengangkatan kuku secara permanen mungkin disarankan untuk anak-anak dengan kuku jari kaki yang terinfeksi kronis dan terinfeksi berulang. 

Berikut langkah-langkah yang dilakukan dokter dalam prosedur tersebut:

Memberikan anestesi lokal

Dokter akan menyuntikkan anestesi lokal pada jari kaki Anda yang terkena cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis) sebelum melakukan prosedur. 

Mengangkat kuku

Dalam prosedur yang disebut dengan partial nail avulsion, potongan kuku vertikal yang sempit pada sisi yang sakit dipotong, dari tepi kuku ke pangkal kuku, dan dikeluarkan. 

Memberikan fenol

Dokter juga dapat memberikan bahan kimia yang disebut fenol ke matriks kuku (area di bawah kutikula yang menghasilkan sel-sel pencipta kuku) untuk mencegah pertumbuhan kuku ke bawah kulit kembali. 

Ini dapat membuat kuku sedikit lebih sempit dari sebelumnya. 

Perawatan setelah pembedahan 

Setelah prosedur tadi dilakukan, dasar kuku yang terbuka dirawat dengan salep antibiotik dan ditutup dengan pembalut yang tidak lengket. Gunakan sandal terbuka untuk memberikan ruang pada jari kaki Anda. 

Jika Anda mengalami onychocryptosis berulang kali, dokter mungkin akan menyingkirkan kuku dan jaringan yang menjadi dasarnya. Prosedur ini dapat mencegah bagian kuku Anda tumbuh kembali. 

Dokter akan menggunakan bahan kimia, laser, atau metode lain untuk melakukan prosedur tersebut. 

Pencegahan

Apa yang bisa saya lakukan untuk mencegah kondisi cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis)?

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah cantengan:

  • Potong kuku Anda lurus ke depan

Jangan buat lengkungan pada kuku Anda saat memotong kuku agar sesuai dengan bentuk bagian depan hari kaki Anda. Jika Anda melakukan pedikur, pastikan untuk memberi tahu petugas soal hal ini. 

  • Jaga panjang kuku kaki Anda 

Potong kuku kaki hingga ujung jari kaki Anda, Jika Anda memotong kuku kaki Anda terlalu pendek, tekanan dari sepatu ke jari Anda dapat mengarahkan kuku untuk tumbuh ke dalam jaringan kulit. 

  • Gunakan sepatu yang pas

Sepatu yang menyebabkan terlalu banyak tekanan pada kaki Anda akan menyebabkan cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis). Jika Anda mengalami kerusakan saraf pada kaki Anda, Anda mungkin tidak dapat merasakan bahwa sepatu Anda terlalu sempit. 

  • Gunakan pelindung kaki

Gunakan pelindung kaki jika Anda melakukan banyak aktivitas yang berisiko tinggi melukai kaki Anda. 

  • Lakukan pemeriksaan pada kaki 

Jika Anda mengidap diabetes, lakukan pemeriksaan rutin untuk mengecek gejala  cantengan (ingrown toenail, onychocryptosis) atau masalah kaki lainnya. 

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 3, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca