Amblyopia (Mata Malas)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Juni 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu mata malas (amblyopia)?

Amblyopia adalah salah satu jenis gangguan penglihatan. Dalam bahasa awam, amblyopia disebut mata malas. Amblyopia disebabkan oleh kerja otot mata dan saraf otak yang tidak bekerja sama dengan baik.

Anak-anak yang punya mata malas akan mengalami penglihatan yang baik di sisi mata yang normal, sementara mata yang “malas” akan melihat buram.

Diagnosis dan perawatan dini dapat membantu mencegah penglihatan anak dari masalah jangka panjang. Amblyopia adalah kondisi yang tidak serius dan biasanya dapat diperbaiki dengan kacamata atau lensa kontak, atau penutup mata. Dalam beberapa kasus, operasi mungkin diperlukan.

Apabila tidak segera mendapatkan perawatan yang sesuai, otak anak akan mempelajari untuk mengabaikan gambar yang berasal dari mata tersebut. Hal ini dapat membahayakan penglihatan hingga menyebabkan kebutaan.

Seberapa umum kondisi ini terjadi?

Amblyopia adalah kondisi yang sangat umum terjadi, umumnya terjadi pada anak-anak dari lahir hingga usia 8 tahun. Mata malas dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala mata malas (amblyopia)?

Tanda-tanda umum dari amblyopia adalah:

  • Mata yang mengarah ke dalam atau ke luar
  • Mata yang terlihat tidak bekerja sama
  • Persepsi kedalaman yang buruk
  • Juling atau mata menutup
  • Kepala miring
  • Hasil pemeriksaan mata yang abnormal
  • Kecenderungan untuk menabrak objek pada satu sisi
  • Penglihatan ganda

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, lakukan konsultasi dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab mata malas (amblyopia)?

Dikutip dari Mayo Clinic, apa pun yang membuat penglihatan anak buram atau menyebabkan mata juling dapat menyebabkan mata malas. Penyebab umum dari amblyopia adalah:

  • Ketidakseimbangan otot (strabismus). Penyebab paling umum dari amblyopia adalah ketidakseimbangan otot yang memosisikan mata.
  • Perbedaan ketajaman penglihatan di antara kedua mata (refractive anisometropia). Perbedaan yang signifikan pada ketajaman penglihatan antara kedua mata sering kali disebabkan oleh rabun dekat, rabun jauh, atau tidak sempurnanya permukaan mata yang disebut astigmatisme dapat menyebabkan mata malas.
  • Masalah pada mata seperti area keruh pada lensa (katarak) dapat menghilangkan penglihatan yang jernih pada mata anak.

Faktor Pemicu

Apa yang membuat saya berisiko terkena mata malas (amblyopia)?

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya amblyopia adalah:

  • Strasbismus konstan atau membeloknya mata
  • Genetik atau riwayat keluarga terhadap mata malas
  • Level penglihatan yang berbeda pada masing-masing mata
  • Kerusakan pada salah satu mata akibat trauma
  • Menurunnya salah satu kelopak mata
  • Defisiensi vitamin A
  • Ulkus atau luka pada kornea
  • Operasi mata
  • Gangguan penglihatan, seperti rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme
  • Glaukoma, yaitu tekanan tinggi pada mata yang dapat menyebabkan masalah penglihatan dan kebutaan
  • Keterbatasan perkembangan

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana kondisi didiagnosis?

Dokter akan melakukan pemeriksaan mata, memeriksa kesehatan mata, perbedaan penglihatan antara mata atau penglihatan yang buruk di kedua mata.

Obat tetes mata umumnya digunakan untuk melebarkan mata. Obat tetes mata dapat menyebabkan penglihatan kabur dalam beberapa jam hingga satu hari.

Metode yang digunakan untuk menguji penglihatan terkait amblyopia adalah tergantung pada usia anak dan tahap perkembangan:

  • Anak-anak preverbal. Alat pembesar yang dilengkapi sinar dapat digunakan untuk mendeteksi katarak. Tes lain dapat mengakses kemampuan bayi atau balita untuk menetapkan pandangan dan untuk mengikuti objek yang bergerak.
  • Anak-anak berusia 3 tahun ke atas. Tes yang menggunakan gambar atau huruf dapat menilai penglihatan anak. Setiap mata ditutup bergantian untuk menguji mata lainnya.

Bagaimana mata malas (amblyopia) ditangani?

Penting untuk memulai perawatan pada anak-anak yang memiliki mata malas sedini mungkin. Perawatan dimulai sebelum usia tujuh tahun akan memberikan perawatan yang paling baik. Meskipun setengah anak di antara usia 7-17 tahun dapat merespons perawatan.

Tergantung pada penyebab mata malas dan seberapa serius kondisi memengaruhi penglihatan anak, pilihan pengobatan untuk amblyopia adalah:

  • Kacamata korektif. Kacamata atau lensa kontak dapat memperbaiki masalah, seperti rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme yang mengakibatkan mata malas.
  • Penutup mata. Untuk menstimulasi mata yang lebih lemah, anak dapat mengenakan eye patch pada mata yang lebih kuat.
  • Bangerter filter. Metode ini menggunakan filter khusus yang diletakkan pada lensa kacamata untuk mata yang lebih kuat. Filter membuat pandangan mata yang lebih kuat menjadi buram, dan seperti penutup mata, bekerja untuk menstimulasi mata yang lemah.
  • Tetes mata. Anak-anak mungkin memerlukan obat tetes mata yang disebut atropine (Isopto Atropine) dapat memburamkan penglihatan pada mata yang lebih kuat secara sementara. Hal ini akan mendorong anak menggunakan mata yang lebih lemah dan memberikan alternatif dari penutup mata.
  • Operasi. Apabila Anda memiliki mata juling atau mata yang mengarah ke arah yang berlawanan, Anda mungkin memerlukan operasi pada otot mata.

Aktivitas, seperti menggambar, menyusun puzzle, atau bermain game di komputer, bisa menjadi perawatan untuk mata malas. Namun, penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk membuktikan hal ini.

Bagi sebagian besar anak dengan mata malas, perawatan yang tepat dapat meningkatkan penglihatan dalam beberapa minggu hingga bulan. Perawatan mungkin berlangsung selama enam bulan hingga dua tahun.

Anda perlu memantau perawatan mata malas anak Anda. Jika mata malas kembali lagi, perawatan diperlukan kembali.

Pencegahan

Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah dan mengobati mata malas (amblyopia)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi amblyopia:

  • Mata malas dapat dicegah dengan deteksi dan perawatan dini untuk strasbismus, astigmatisme, katarak, dan masalah penglihatan lain.
  • Ada berbagai teknik untuk mendeteksi amblyopia dengan berbagai spesifikasi, sensitivitas, kerumitan dan harga, meliputi pemeriksaan mata lengkap, photo screening, visual evoked potentials, grafik ketajaman dan tes stereopsis, serta fungsi binokular. Anak-anak yang berisiko tinggi terhadap amblyopia harus diawasi dengan hati-hati untuk pertanda dini dari kondisi ini.
  • Umumnya, semakin dini amblyopia terdeteksi dan ditangani, semakin sedikit efek negatif yang dialami pada sistem visual. Pemerintah dianjurkan untuk melakukan program pemeriksaan penglihatan sebanyak mungkin anak untuk penyakit ini sebelum usia sekolah. Intervensi dini menghasilkan penglihatan keseluruhan yang lebih baik.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Retinitis Pigmentosa

DefinisiApa itu retinitis pigmentosa? Retinitis pigmentosa adalah kelompok penyakit yang menyerang retina. Retina merupakan lapisan dalam dari mata yang memiliki dua sel khusus yang mengirim gambar ke otak. Sel ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 22 September 2016 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mata malas menyebabkan kebutaan

Waspada, Kondisi Mata Malas yang Tak Diobati Bisa Menyebabkan Kebutaan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 10 Juli 2018 . Waktu baca 3 menit
gejala mata malas pada anak

Kenali Tanda dan Gejala Mata Malas Pada Anak Sejak Dini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Albert Novianto
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2018 . Waktu baca 4 menit
gejala mata malas kebiasaan merusak mata

Cara Mengetahui Jika Anda Mengidap Mata Malas

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 4 Desember 2016 . Waktu baca 5 menit
retinoblastoma

Retinoblastoma

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 22 September 2016 . Waktu baca 12 menit