Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 5

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin 5 minggu kehamilan saya?

Pada perkembangan janin 5 minggu ini, bayi Anda sudah sebesar biji wijen. Sampai pada tahap perkembangan ini, janin mengandung banyak jumlah sel. Pada saat ini, tabung saraf akan membentuk sumsum tulang belakang yang membentang di sepanjang embrio lalu membentuk otak, bagian tengah tonjolan di embrio akan berkembang menjadi jantung bayi Anda. Lalu ari-ari dan membran lainnya mulai terbentuk dan berkembang, contohnya jari. Nutrisi dari ibu akan menyebrangi ari-ari dan membran untuk memberi makan bayi di dalam kandungan.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 5?

Pernahkah Anda merasa sangat bahagia untuk sesaat lalu seketika merasa sangat tertekan? Mood yang tidak biasa atau naik-turun sering terjadi pada masa kehamilan. Anda dapat merasa gembira, kesal, senang, atau bahkan tidak percaya diri. Terkadang segala macam emosi dapat terjadi hanya dalam waktu beberapa saat.

Pada tahap perkembangan janin 5 minggu ini, hormon Anda akan naik secara drastis sehingga emosi Anda yang berubah-ubah merupakan hal yang sangat normal. Bahkan di masa ini, Anda sedang dalam masa kehamilan yang merupakan titik balik besar dalam kehidupan Anda, sehingga suasana mood Anda tidaklah stabil.

Mood yang tidak menentu paling sering terjadi pada bulan kedua masa kehamilan, dan terkadang fenomena ini akan kembali di bulan-bulan terakhir sebelum melahirkan.

Anda juga mungkin akan terkejut saat mengetahui bahwa sekitar 10-12 persen wanita akan menderita depresi selama kehamilan, hampir sama dengan proporsi wanita dengan depresi postpartum. Jika Anda merasa tertekan selama lebih dari dua minggu, temui dokter untuk saran dan penanganan.

Apa yang perlu saya perhatikan?

Pada tahap perkembangan janin 5 minggu ini, Anda mungkin bertanya-tanya apakah wanita hamil diperbolehkan untuk olahraga. Olahraga ringan baik untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Terdapat banyak  manfaat dari berolahraga di masa kehamilan, yaitu:

  • membantu Anda turunkan berat badan berlebih saat masa kehamilan
  • mencegah rasa sakit dan nyeri saat masa kehamilan
  • meredakan stres, sehingga mencegah kegelisahan dan depresi
  • memperkuat otot inti agar tubuh Anda siap untuk melahirkan

Beberapa olahraga ringan yaitu seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga, baik untuk Anda. Anda harus menentukan mana yang paling pas untuk Anda dan menjadikannya kegiatan  rutin sehari-hari. Selalu diskusikan kepada dokter untuk menyetujui setiap olahraga rutin yang baru.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 5?

Pada perkembangan janin 5 minggu ini, baiknya Anda periksa kesehatan Anda secara teratur. Merawat kehamilan sangatlah penting untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi. Saat kunjungan pertama (biasanya saat bayi sekitar berumur delapan minggu), Anda akan melakukan beberapa tes untuk memastikan dan mencegah terjadinya komplikasi. Prioritas pertama Anda yaitu untuk menentukan tanggal dan buat janji temu dengan dokter.

Konsultasikan dengan dokter mengenai obat-obatan yang Anda gunakan. Terlalu banyak obat-obatan, walaupun obat tersebut diangap sangat aman dan tanpa resep, tetap tidak aman untuk wanita hamil. Jika Anda menggunakan obat-obatan untuk penyakit kronis, Anda tidak harus segera berhenti. Tanyakan kepada dokter mana obat yang aman dan tidak aman untuk kehamilan, termasuk suplemen makanan dan herbal yang Anda konsumsi.

Tes apa yang harus saya ketahui?

Anda akan menjalani tes fisik saat berkunjung ke dokter seperti menimbang berat badan, tinggi badan, tekanan darah, serta kesehatan Anda secara keseluruhan. Pemeriksaan panggul merupakan bagian penting dari proses pemeriksaan.

Selama pemeriksaan vagina, dokter akan menggunakan alat yang disebut spekulum penjepit. Perangkat ini memungkinkan dokter untuk melihat dengan jelas leher rahim dan terbukanya rahim lalu memastikan perubahannya. Dengan demikian, ia dapat memastikan waktu kehamilan Anda.

Kesehatan dan Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama hamil?

Semasa kehamilan, sistem daya tahan tubuh Anda melemah. Anda menjadi lebih rentan terhadap infeksi, maka dari itu penting untuk menghindari makanan tertentu saat Anda sedang hamil. Penyakit bawaan makanan seperti listeriosis dan toxoplasmosis dapat menyebabkan cacat lahir, bahkan keguguran. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari:

  • keju yang belum dipasteurisasi (fresh cheese seperti feta, goat, brie, camembert, dan blue cheese
  • susu dan jus yang belum dipasteurisasi, termasuk cuka apel
  • telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah, termasuk mousse dan tiramisu
  • daging mentah atau setengah matang, ikan, atau kerang
  • daging olahan seperti sosis dan daging dari tempat jagal (harus dimasak dengan baik)
  • ikan yang tinggi merkuri, termasuk hiu, ikan todak, king mackerel, dan tilefish

Toksoplasmosis juga dapat menyebar dari kotoran kucing, jadi mintalah orang lain untuk membersihkan kotak kotoran kucing selama kehamilan Anda.

Anda berhasil melewati minggu ini. Sampai jumpa di pertemuan kita minggu depan di minggu keenam.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca