Usia Kehamilan (Minggu)

Minggu 39

Minggu 40

Minggu 1

Minggu 2

Minggu 3

Minggu 4

Minggu 5

Minggu 6

Minggu 7

Minggu 8

Minggu 9

Infant

Minggu 4

Implantasi embrio.

Panjang

- cm

Berat

- kg

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

2

ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 4 Minggu

Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 4 Minggu

Pada usia kehamilan 3 minggu, banyak calon ibu yang belum menyadari bahwa dirinya sedang mengandung. Namun, pada minggu ke-4 kehamilan, perkembangan janin mulai terjadi dan ibu hamil biasanya sudah menyadari perubahan pada tubuhnya. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan janin pada 4 minggu kehamilan, simak penjelasannya di bawah ini.

Perkembangan janin pada usia 4 minggu kehamilan

Anda mungkin bertanya-tanya janin pada usia 4 minggu sebesar apa.

Menurut Pregnancy Birth and Baby, pada tahap ini, janin Anda sebesar biji, yaitu sekitar 2 millimeter. Secara teknis, janin yang Anda kandung pada tahap sudah bisa disebut sebagai embrio.

Embrio terdiri dari tiga lapisan sel, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Ketiganya akan berkembang menjadi semua organ dan bagian tubuh bayi Anda.

Berikut adalah pembagian perkembangan organ berdasarkan masing-masing lapisannya.

  • Ektoderm atau lapisan dalam berkembang menjadi organ sistem pernapasan dan pencernaan, seperti paru-paru, lambung, usus, dan kandung kemih.
  • Mesoderm atau lapisan tengah berkembang menjadi organ jantung, pembuluh darah, otot, dan tulang.
  • Endoderm atau lapisan luar berkembang menjadi otak dan sistem saraf, lensa mata, email gigi, serta kulit dan kuku.

Dua struktur lain yang berkembang saat ini adalah amnion dan kantung kuning telur (yolk sac) yang menjadi penanda perkembangan janin kehamilan pada usia 4 minggu terjadi dengan baik.

Amnion terisi oleh cairan ketuban yang akan mengelilingi dan melindungi embrio yang sedang berkembang.

Sementara itu, yolk sac adalah organ yang akan memproduksi darah dan membantu merawat embrio pada awal kehamilan sampai ari-ari atau plasenta siap untuk melakukan tugas tersebut.

Perubahan pada tubuh ibu saat usia 4 minggu kehamilan

perkembangan janin 4 minggu

Pada 4 minggu kehamilan ini, embrio Anda akan melekat di rahim. Hal ini disebut dengan implantasi atau penanaman.

Sesudah terjadi implantasi, bayi Anda mulai memproduksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG) yang akan membantu menjaga dinding rahim.

Kids Health menjelaskan, hormon ini juga mengirim sinyal ke indung telur untuk berhenti melepaskan sel telur setiap bulan, yang membuat menstruasi Anda berhenti.

Beberapa wanita mengalami sedikit kram dan bercak darah pada minggu ini selama implantasi berlangsung.

Hal ini membuat banyak wanita mengira itu merupakan menstruasi karena bercak-bercak ini biasanya muncul pada waktu yang sama dengan jadwal menstruasi.

HCG adalah nama hormon yang diukur dalam tes kehamilan. Pada perkembangan janin minggu ke-4, tes kehamilan sudah mampu mendeteksi kehamilan Anda.

HCG juga menyebabkan munculnya gejala-gejala kehamilan yang umum terjadi pada minggu ini.

Anda mungkin akan merasa lelah, kesemutan, sakit pada payudara, dan mual. Gejala-gejala ini juga dapat muncul bersama gejala lain yang mirip seperti menstruasi atau premenstrual syndrome (PMS).

Akan tetapi, pada akhir minggu ini, masa menstruasi tidak akan datang karena kehamilan Anda sudah berlangsung.

Hal yang perlu diperhatikan pada usia 4 minggu kehamilan

Pada minggu ke-4 kehamilan, sebagian ibu hamil mungkin akan mulai mengalami gejala kehamilan.

Berikut adalah beberapa gejala yang menandakan perkembangan janin kehamilan 4 minggu Anda.

1. Rasa sakit dan pembengkakan pada payudara

Banyak wanita mengatakan mereka merasakan sakit yang sama seperti saat menstruasi. Namun biasanya, pada usia kehamilan 4 minggu, pembengkakan dan sakit payudara saat hamil terjadi lebih parah.

2. Kelelahan

Tanda lain yang muncul pada usia kehamilan 4 minggu adalah Anda mungkin akan merasa sangat lelah. Lelah saat hamil umum terjadi karena faktor perubahan hormon.

Peningkatan kadar hormon progesteron dapat membuat Anda merasa seperti habis berlari dengan jarak yang jauh padahal hanya berkegiatan ringan.

3. Sering buang air kecil

Pada usia 4 minggu kehamilan, Anda akan merasa lebih sering sekali ke toilet. Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi urine lebih banyak dan kandung kemih mulai tertekan oleh rahim yang membesar.

4. Sensitif dengan bau

Anda merasa penciuman lebih sensitif pada perkembangan janin 4 minggu kehamilan? Banyak wanita hamil sering merasa kewalahan dengan aroma pada awal masa kehamilan.

Hal ini mungkin merupakan efek samping dari tingkat estrogen yang meningkat pesat di tubuh Anda.

5. Mual atau muntah

Morning sickness atau mual dan muntah biasanya baru dialami pada usia kehamilan 4 minggu. Namun, beberapa wanita sudah mengalami mual-mual bahkan sejak sebelumnya.

6. Hilangnya nafsu makan

Muntah dan mual saat hamil pada usia 4 minggu kehamilan sering menyebabkan ibu kehilangan nafsu makan.

Pada tahap ini, Anda mungkin tidak merasakan ngidam saat hamil. Justru, ibu hamil bisa tiba-tiba merasa makanan yang dulunya disukai malah jadi menjijikkan.

7. Suhu tubuh yang tinggi

Jika suhu tubuh Anda konstan tinggi selama 18 hari berturut-turut, maka terdapat kemungkinan kehamilan.

Ini juga tanda bahwa perkembangan janin pada usia 4 minggu kehamilan sedang berlangsung.

8. Perdarahan atau bercak darah

Beberapa wanita mengalami bintik-bintik merah atau cokelat kemerahan selama siklus menstruasi mereka.

Jika Anda merasakan sakit saat perdarahan, segera hubungi dokter karena hal ini dapat menjadi gejala kehamilan ektopik.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda dapat melakukan tes kehamilan.

Tes kehamilan dapat dilakukan dari hari pertama Anda melewatkan menstruasi. Ini juga sebagai tanda bahwa perkembangan janin 4 minggu kehamilan sedang berlangsung.

Kunjungan ke dokter atau bidan pada usia 4 minggu kehamilan

perkembangan janin 4 minggu

Beri tahu kepada dokter jika Anda mengalami tanda-tanda hamil pada masa-masa ini.

Jika Anda memiliki keluhan atas perubahan pada tubuh, dokter adalah pilihan terbaik untuk memandu Anda. Saat ini akan menjadi waktu yang tepat untuk periksa ke dokter kandungan.

Penting untuk mencari dokter yang membuat Anda merasa nyaman saat berkonsultasi agar bisa mendapatkan informasi lengkap seputar perkembangan janin pada usia 4 minggu kehamilan.

Satu-satunya tes yang perlu Anda jalani adalah tes kehamilan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar hamil.

Anda bisa segera uji kehamilan secara mandiri dengan menggunakan test pack.

Tes kehamilan memang membingungkan untuk dibaca. Selain itu, tes kehamilan dengan test pack juga tidak selalu tepat.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk melakukannya beberapa kali guna memastikan hasilnya.

Agar lebih pasti, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Cara menjaga kesehatan perkembangan janin pada usia 4 minggu kehamilan

Pada masa ini, wanita hamil tidak bisa mendonorkan darah. Pasalnya, secara teori, mendonorkan darah selama kehamilan dapat menyebabkan anemia zat besi.

Selain itu, donor darah belum terbukti aman untuk ibu hamil. Jadi, organisasi donor darah biasanya tidak mengizinkan wanita hamil untuk mendonorkan darahnya.

Seorang ibu yang baru melahirkan juga tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Palang Merah Indonesia merekomendasikan bahwa Anda harus menunggu enam minggu setelah kelahiran.

Oleh karena itu, selalu konsultasikan ke dokter sebelum Anda melakukan prosedur kesehatan apa pun, termasuk donor darah.

Hindari melakukan prosedur kesehatan atau tes lainnya saat hamil tanpa persetujuan dokter. Hal ini dimaksudkan agar Anda dan bayi di dalam kandungan tetap berada dalam keadaan baik.

Perkembangan janin kehamilan 4 minggu sudah lengkap dibahas. Selanjutnya, ketahui bagaimana perkembangan janin pada minggu ke-5.

health-tool-icon

Penambahan Berat Badan Kehamilan

Perhitungan ini dapat digunakan untuk perempuan yang ingin melihat kisaran kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil.

28

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

You and your baby at 4 weeks pregnant. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/1-to-12/4-weeks/

Signs and symptoms of pregnancy. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://www.nhs.uk/pregnancy/trying-for-a-baby/signs-and-symptoms-of-pregnancy/

Pregnancy at weeks 1 to 4. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/pregnancy-at-week-1-4

Pregnancy Week By Week | First Month Symptoms and Signs. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-month-by-month

Pregnancy week 4. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://www.nct.org.uk/pregnancy/your-pregnancy-week-week/first-trimester/pregnancy-week-4

Week 4 (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/week4.html

Pregnancy Week 4. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/week-by-week/4-weeks-pregnant/

Pregnancy – week by week – Better Health Channel. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/pregnancy-week-by-week#week-1

Fetal development: What happens during the 1st trimester?. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/prenatal-care/art-20045302

4 Weeks Pregnant: Ultrasound, Belly, Cramps. (2022). Retrieved 6 June 2022, from https://flo.health/pregnancy/week-by-week/4-weeks-pregnant

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui Jun 20
Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG
Next article: