Hamil 8 Bulan: Perkembangan Janin Usia Kehamilan 32-35 Minggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
Bagikan sekarang

Sedang menanti kelahiran buah hati? Saat ini Anda sudah masuk trimester ketiga di fase hamil 8 bulan dengan rentang usia kehamilan 32-35 minggu. Rasa cemas dan antusias menyambut kedatangan si kecil tentu dirasakan Anda, pasangan, dan keluarga. Berikut penjelasan lengkap seputar kondisi janin dan ibu hamil 8 bulan.

 

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hamil 8 bulan

proses kehamilan 8 bulan

Saat hamil 8 bulan, perkembangan janin sudah semakin matang dengan berbagai kemajuan. Mulai dari posisi kepala yang berada di bawah, sampai ukurannya yang sudah sebesar buah semangka. 

Tidak hanya itu, tubuh Anda juga mengalami berbagai perubahan. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap seputar kehamilan usia 32-35 minggu.

Kehamilan 32 minggu: alis, rambut, dan bulu mata semakin jelas

Obat batuk untuk ibu hamil ala rumahan

Perkembangan ukuran janin di minggu 32 kehamilan sudah semakin bertambah. Kira-kira janin sudah seukuran bengkoang besar dengan berat sekitar 1,7 kilogram dan panjang 42,5 cm dari kepala sampai tumit.

Saat ibu hamil 8 bulan, bulu mata, alis dan rambut di kepala bayi sudah mulai muncul tumbuh jelas sesuai perkembangan janin.

Rambut halus di sekujur tubuh bayi yang disebut sebagai lanugo juga sudah mulai menipis. Namun saat lahir, kemungkinan lanugo di punggung dan bahunya masih ada.

Selain itu, posisi kepala bayi sudah berada di bawah di usia kehamilan ini.

 Namun, tidak perlu khawatir kalau posisi kepala janin masih di atas atau menyamping, karena posisi bayi akan berubah bila Anda melakukan beberapa latihan. 

Beberapa latihan atau gerakan yang mungkin dilakukan misalnya membungkuk atau bersujud saat hamil 8 bulan.

Kehamilan 33 minggu: janin sudah memiliki sistem kekebalan tubuh sendiri

mengatasi kutu kelamin saat hamil

Memasuki minggu 33 kehamilan, perkembangan tubuh janin kini sudah sebesar buah nanas.

Kira-kira panjang badannya sekitar 43 cm dari ujung kepala sampai tumit dan beratnya sekitar 1,8 kilogram. Umumnya berat janin akan bertambah pesat di beberapa minggu terakhir sebelum ia lahir.

Sebelum si kecil lahir, miliaran sel yang berkembang di otak janin akan membantu ia belajar mengenai lingkungan di dalam rahim.

Si kecil dapat mendengar, merasakan, bahkan melihat walau belum jelas. Lalu, pupil mata bayi dapat mengecil dan melebar saat mendeteksi cahaya saat ibu hamil 8 bulan.

Seperti bayi yang baru lahir, janin akan lebih banyak tidur dan bahkan mengalami tahap Rapid Eye Movement (REM) di dalam kandungan.

Selama minggu 33 minggu kehamilan ini, perkembangan paru-paru janin juga sudah terbentuk sempurna. Selanjutnya akan muncul lemak pada tubuh janin yang fungsinya untuk melindungi dan memberikan rasa hangat.

Mengutip dari Children’s Hospital of Philadelphia (CHOP), janin sekarang sudah punya sistem kekebalan tubuh sendiri. Kekebalan tubuh berfungsi penting untuk menjaga bayi tetap sehat dengan melawan segala macam penyakit setelah lahir nanti.

Sistem kekebalan atau imun tubuh diwariskan dari ibu ke janin seiring dengan perkembangan di dalam kandungan.

Hamil 34 minggu: testis bayi laki-laki sudah turun dari perut ke skrotum

ketuban ibu hamil 7 bulan

Perkembangan tubuh janin memasuki minggu 34 minggu kehamilan sudah sebesar melon.

Janin bisa memiliki berat sebesar 2.15 kilogram dengan panjang badan dari kepala hingga tumit sekitar 46 cm.

Di fase pertengahan hamil 7 bulan ini, kebanyakan dokter akan memeriksa dan melaporkan apakah posisi kepala bayi di usia kehamilan 34 minggu sudah di bawah atau belum.

Kondisi tersebut nantinya akan menjadi pertimbangan untuk dokter dan ibu dalam memilih metode melahirkan.

Selain itu, lapisan lilin putih yang disebut vernix carnosa pada kulit bayi juga akan semakin tebal.

Saat hamil usia 34 minggu, lanugo atau rambut halus pada janin hampir sepenuhnya hilang. Anda sudah bisa mengetahui jenis kelamin janin yang ada di dalam kandungan.

Bila laki-laki, di minggu ini testis sudah turun dari perut ke skrotum. Terkadang bayi laki-laki dilahirkan dengan kondisi testis yang belum turun sempurna. 

Namun, nantinya akan berada di tempat seharusnya sebelum anak usia satu tahun. Tak perlu khawatir karena kondisi ini wajar terjadi.

Dikutip dari Mayo Clinic, di usia kehamilan 34 minggu, perkembangan kuku janin sudah mencapai ujung jari. Kuku mungil si kecil yang agak tajam ini sudah siap dirawat ketika ia dilahirkan nanti.

Kehamilan 35 minggu: janin bisa menangis di dalam kandungan

bagyi cegukan saat hamil

Memasuki 35 minggu usia kehamilan, perkembangan ukuran janin saat ini kira-kira sebesar setengah buah semangka dengan berat 2.38 kilogram dan panjang 46 cm.

Besarnya janin saat ini membuat tidak ada lagi ruang untuk bayi bergerak di dalam rahim. Oleh sebab itu, jumlah tendangan bayi mungkin berkurang, tetapi akan terasa lebih kencang.

Lemak sudah berpindah ke seluruh tubuh bayi, terutama di sekitar bahu. Jika posisi kepala bayi sudah di bawah, kepalanya akan bersandar pada tulang kemaluan untuk persiapan persalinan.

Tangisan pertama bayi di dalam kandungan dapat terjadi sewaktu-waktu di saat usia hamil 8 bulan. 

Janin dapat menunjukkan perilaku menangis seperti menggetarkan dagu, membuka mulut, hingga mengambil napas yang tidak teratur beberapa kali.

Hal ini ia lakukan sebelum mengembuskan napas dan menurunkan bahu kembali sebagai respon suara berdesibel rendah yang diperdengarkan ke perut ibu.

Respon ini ditunjukkan di perkembangan bayi di tahap awal bahkan pada bayi prematur. Jadi tidaklah mengejutkan ketika bayi menangis di dalam kandungan bahkan sebelum dilahirkan.

Hal yang dirasakan saat hamil 8 bulan

manfaat komunikasi dengan bayi dalam kandungan saat hamil 8 bulan

Perut ibu hamil semakin besar seiring dengan perkembangan janin 8 bulan. Ada banyak perubahan yang terjadi di tubuh ibu, beberapa di antaranya:

Sering buang air kecil

Di fase hamil 8 bulan, tepatnya usia kehamilan 35 minggu, rahim sudah terlindungi oleh panggul yang sudah mencapai ke bawah tulang rusuk. Rahim yang membesar akan menekan organ sekresi seperti kantung urine.

Inilah yang kadang membuat ibu dengan usia kehamilan tua jadi sering buang air kecil. Selain itu, rahim yang menekan organ lain di sekitarnya juga dapat membuat ibu mengalami sakit maag atau gangguan pencernaan lain.

Hindari menahan kencing karena berisiko mengalami ISK saat hamil.

Sembelit saat hamil 8 bulan

Rahim yang membesar juga dapat menyebabkan ibu hamil jadi sembelit. Ini karena rahim menekan usus dan rektum.

Alhasil pengeluaran sisa makanan dan feses jadi terganggu. Untuk mengatasi masalah sembelit saat hamil, tubuh ibu seiring dengan perkembangan janin, disarankan untuk makan makanan berserat selama kehamilan. 

Nyeri panggul

Semakin besar kehamilan, nyeri panggul semakin terasa. Ini karena rahim menekan struktur saraf dan otot di sekitar panggul. Tidak hanya panggul, punggung bagian bawah juga akan terasa dampak sakitnya.

Untuk mengatasi nyeri panggul saat hamil, cobalah untuk menjaga postur tubuh tetap stabil. Usahakan punggung tetap lurus saat duduk atau berdiri.

Menjaga postur tubuh berfungsi untuk memperkuat otot dan menjaga titik berat tubuh pada tempatnya.

Kalsium ibu berkurang saat hamil 8 bulan

Selama trimester 3, asupan kalsium sangat penting untuk dicukupi demi perkembangan janin yang maksimal. Jika tidak, hal ini akan berdampak pada kesehatan tulang ibu dan juga bayi dalam kandungan.

Di usia hamil 8 bulan ini, janin akan banyak mengambil kalsium dari tubuh ibu untuk perkembangan tulangnya.

Hal ini membuat kadar atau cadangan kalsium dalam tubuh ibu berkurang banyak. Oleh karena itu, konsumsi berbagai makanan dan minuman sumber kalsium serta suplemen jika diperlukan. 

Timbul bercak merah pada kulit

Selama janin berkembang di dalam kandungan, salah satu bagian tubuh ibu yang biasanya terdampak adalah kulit.

Kulit ibu hamil bisa timbul bercak atau benjolan merah yang terasa gatal di fase hamil 8 bulan.

Pada dunia medis hal ini sering disebut sebagai pruritic urticarial papules atau plaques of pregnancy. Benjolan gatal bisa muncul di sekitar perut, paha, atau bokong.

Dalam jurnal berjudul Pruritic Urticarial Papules And Plaques Of Pregnancy, lebih dari 1 persen wanita hamil mengalami kondisi tersebut.

Kondisi pruritic urticarial papules tidak berbahaya untuk perkembangan janin, tetapi cukup membuat ibu tidak nyaman.

Selama hamil 8 bulan, konsultasikan ke dokter apabila mulai merasakan gatal-gatal atau masalah kulit lainnya selama kehamilan.

Dokter akan memastikan apakah hal tersebut masalah serius atau bukan dan akan merujuk ke dokter kulit jika diperlukan.

Selain lima hal di atas, ada kondisi lain yang juga dirasakan oleh ibu hamil, yaitu:

  • Payudara terasa nyeri, berat dan ukuran berubah
  • Nyeri punggung
  • Lebih mudah kegerahan
  • Sesak napas
  • Tangan mati rasa atau kesemutan

Saat hamil 8 bulan ini, ibu berisiko mengalami persalinan prematur. Mengutip dari American Obstetrician and Gynecologist (ACOG), kelahiran prematur terjadi ketika usia janin kurang dari 37 minggu.

Jika mengalami lebih dari enam kontraksi dalam satu jam dan setiap kontraksi berlangsung setidaknya 45 detik, hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit.

Hal yang perlu diperhatikan saat konsultasi ke dokter

ibu hamil susah tidur

Bersamaan dengan perkembangan janin, akan banyak muncul gejala lain yang membuat hamil 8 bulan terasa tidak nyaman dan susah tidur.

Hasil penelitian dari Sleep Foundation menemukan bahwa 50 persen ibu hamil mengalami kesulitan tidur sampai insomnia. Hal ini disebabkan oleh perubahan tubuh ibu selama perkembangan janin.

Sulit tidur karena kegerahan bisa terjadi dan diatasi dengan mengonsumsi pil tidur. Akan tetapi, ibu hamil harus tahu bahwa tidak semua obat tidur boleh dikonsumsi selama kehamilan.

Konsultasikan pada dokter, nantinya ia dapat mempertimbangkan risiko dan manfaat dari penggunaan obat-obatan.

Untuk membantu ibu dan perkembangan janin, dokter juga akan memberikan solusi alternatif untuk mengatasi gangguan tidur selama kehamilan.

Tes yang perlu dilakukan saat hamil 8 bulan

Ada beberapa tes yang harus dilakukan pada saat memeriksa perkembangan janin usia kehamilan 32-35 minggu.

Dokter akan memperkirakan ukuran bayi dan memprediksi waktu kelahiran. Dokter juga dapat memberikan tes sesuai dengan kebutuhan, seperti: 

  • Mengukur berat badan
  • Mengukur tekanan darah 
  • Melakukan tes urine untuk mengecek kadar gula dan protein.
  • Memeriksa varises serta pembengkakan pada tangan dan kaki.
  • Memeriksa ukuran rahim seperti seberapa tipis dan apakah sudah mulai melebar
  • Memeriksa tinggi fundus (bagian atas rahim)
  • Pemeriksaan tes detak jantung janin
  • Mengukur janin, posisi janin (kepala menghadap ke bawah atau menghadap ke atas)
  • Menentukan arah kelahiran melalui sentuhan

Siapkan daftar pertanyaan atau keluhan  yang ingin ditanyakan kepada dokter, khususnya mengenai persalinan dan kelahiran.

Ceritakan juga tentang beberapa gejala kontraksi palsu yang Anda rasakan serta gejala abnormal lainnya.

Tips menjaga kesehatan saat hamil 8 bulan

manfaat prenatal yoga saat hamil 8 bulan

Menjelang hari persalinan, Anda perlu menjaga kesehatan agar kondisi tetap baik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat saat hamil 8 bulan, seperti:

Melakukan prenatal yoga saat hamil 8 bulan

Yoga dapat menjadi cara yang ideal untuk menjaga kesehatan ibu dan membantu perkembangan janin agar tetap sehat.

Latihan yoga dapat membantu Anda belajar untuk bernapas lebih dalam dan rileks. Tentu ini akan berguna saat menghadapi tuntutan fisik untuk proses kelahiran dan saat menjadi ibu baru.

Yoga dapat meringankan tubuh dan jiwa, menetralkan stres fisik dan emosi selama kehamilan.

Menghadiri kelas yoga juga merupakan cara terbaik untuk bertemu wanita hamil lain dan saling memberi dukungan.

Perhatikan posisi tidur

Pada trimester pertama, ibu hamil masih bisa tidur berbaring telentang karena janin dalam perut masih belum terlalu besar.

Namun memasuki hamil 8 bulan, perkembangan janin akan makin besar dua kali lipat sehingga dapat menekan perut ibu. 

Pada saat ini, posisi tidur telentang sudah tidak lagi aman. Namun, tak perlu khawatir karena ibu hamil bisa mencoba posisi tidur berbaring miring di sisi kiri supaya bisa tidur lebih nyenyak.

Supaya lebih nyaman, sangga bawah pinggang dengan bantal kecil.

Hindari makan keju yang tidak dipasteurisasi saat hamil 8 bulan

Hati-hati saat ibu hamil makan keju terutama yang kandungan susunya tidak dipasteurisasi terlebih dahulu.

Pasalnya, hal ini sangat berisiko apabila ibu makan keju yang susunya tidak dipasteurisasi. Ini karena kandungan bakteri di dalamnya bisa membahayakan janin.

Jika ingin mengonsumsi keju, pastikan bahwa kandungan susu di dalamnya sudah melalui proses pasteurisasi. Anda bisa mengetahuinya dengan membaca terlebih dahulu kemasan produk.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Memasuki minggu ke-16, janin akan semakin aktif bergerak. Namun, menjelang persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Apa sebabnya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Kapan Waktu yang Tepat Minum Obat Cacing?

Cara terbaik untuk mencegah dan mengobati cacingan ini adalah dengan minum obat cacing. Namun, kapan tahu waktu yang tepat minum obat cacing?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Infeksi Melalui Makanan 28 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
sakit perut karena gas dan karena penyakit lain

Tips Membedakan Sakit Perut Karena Gas dan Karena Penyakit Lain

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit