backup og meta
Kategori

4

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Proses dan Tahapan Pemulihan Setelah Menjalani Operasi Caesar

Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG · Kebidanan dan Kandungan · Brawijaya Hospital Duren Tiga


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Proses dan Tahapan Pemulihan Setelah Menjalani Operasi Caesar

Ada berbagai alasan mengapa ibu hamil memilih untuk melahirkan secara caesar. Tidak ada yang salah dengan pilihan ini, tetapi pastikan Anda paham bahwa proses penyembuhan pasca operasi caesar sering kali memakan waktu lebih lama dibandingkan persalinan normal.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan setelah melalui operasi caesar? Simak ulasan berikut untuk informasinya.

Tahapan pemulihan pasca operasi caesar

Secara umum, pemulihan operasi caesar berlangsung selama enam minggu. Namun, proses ini bisa berlangsung lebih lama karena berbagai kondisi, seperti panjang dan lokasi sayatan.

Berikut ini adalah tahapan pemulihan pasca operasi caesar secara umum, dari mulai sesaat setelah operasi sampai ketika luka sayatan sudah tertutup sempurna.

1. Sesaat setelah operasi

Usai mengeluarkan janin, ibu biasanya masih harus berada di dalam ruang tindakan untuk keperluan pemantauan.

Tim medis akan mengecek seberapa banyak jumlah perdarahan postpartum, suhu tubuh, dan fungsi organ vital Anda.

National Health Service menyebutkan bahwa kateter yang terpasang saat operasi biasanya dibiarkan sampai kurang lebih 12 jam pascapersalinan.

Jika Anda menerima suntik epidural atau spinal, rasa sakit setelah operasi mungkin baru terasa beberapa jam setelah tindakan karena efeknya belum hilang.

Selagi menunggu efek anestesi hilang, dokter bisa membawa Anda ke ruang rawat inap. Setelah itu, dokter mungkin memberikan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa nyeri yang mulai timbul setelah efek obat bius habis.

Jika kondisi ibu dan bayi sehat, dokter akan membantu Anda melakukan inisiasi menyusui dini (IMD). Tidak hanya memberikan kebutuhan gizi bayi, ini juga merupakan cara bonding ibu dan anak.

2. Pemulihan hari ke-1

Terinfeksi COVID-19 saat hamil

Rasa sakit atau nyeri perut biasanya semakin meningkat dalam kurun waktu 18 jam pasca operasi caesar.

Pasalnya, obat pereda nyeri yang diberikan sudah semakin berkurang. Bicarakan pada dokter jika Anda merasa butuh pereda nyeri lagi.

Pada hari-hari awal pasca operasi, Anda mungkin melihat darah yang keluar dari vagina. Berbeda dengan perdarahan postpartum, darah yang disebut lokia ini dikeluarkan untuk membersihkan rahim.

Itulah alasan mengapa lokia sering kali keluar bersama jaringan rahim. Bicarakan dengan dokter jika lokia menimbulkan bau menyengat.

Untuk mendukung proses pemulihan, pastikan Anda mendapatkan asupan makanan dan cairan yang memadai. Pada hari pertama setelah caesar, Anda mungkin masih harus makan makanan lunak terlebih dahulu.

3. Pemulihan hari ke-2

Infus dan kateter yang terpasang pada hari pertama biasanya sudah bisa dilepas pada hari kedua usai caesar. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk beranjak dari tempat tidur dan melakukan aktivitas ringan.

Selama tidak dilakukan secara berlebihan, aktivitas ringan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan operasi caesar sekaligus mencegah pengentalan darah dan berbagai gangguan pencernaan.

Pada hari kedua, dokter biasanya sudah mengizinkan Anda mandi dan membersihkan tubuh secara menyeluruh.

Selain membuat tubuh segar, mandi juga bisa mencegah risiko infeksi pada luka bekas sayatan operasi.

Tak perlu khawatir dengan luka operasi yang terkena air. Pasalnya, saat ini, perban penutup sayatan caesar biasanya sudah bersifat anti-air dan akan diganti setiap 24 jam sekali.

Namun, pastikan untuk tidak menggosok area sayatan operasi. Sebagai gantinya, Anda cukup menepuknya dengan halus, begitu pula saat mengeringkannya.

Sayatan operasi caesar biasanya mulai membaik setelah 7–10 hari. Sampaikan pada dokter jika Ada merasakan nyeri di area tersebut.

4. Pemulihan hari ke-4

Kabar baik bagi Anda yang ingin segera pulang ke rumah usai melahirkan karena di hari ke-4 masa nifas, dokter biasanya sudah memberikan izin pulang.

Sebelum Anda kembali ke rumah, dokter akan memeriksa dan mengganti perban Anda bila diperlukan.

Selain itu, dokter juga akan mengajarkan cara merawat luka bekas operasi caesar dan membersihkannya agar tidak menimbulkan infeksi.

Meski sudah tidak berada di bawah pengawasan dokter secara langsung, pastikan Anda tetap menghindari aktivitas mengangkat beban berat.

Selain itu, kegiatan olahraga, berhubungan seks, atau douching vagina biasanya belum diizinkan pada hari ke-4 setelah operasi.

Demi melancarkan proses pemulihan, pastikan untuk menjauhi semua larangan yang disampaikan oleh dokter.

5. Pemulihan minggu pertama

Meski rasa sakit pada bekas luka sayatan caesar sudah jauh berkurang, pastikan untuk tetap menjaga area tersebut bersih dan kering.

Keluarnya cairan berwarna bening atau merah muda dari luka pasca operasi merupakan hal yang wajar. Namun, jika cairan tidak juga berhenti, segeralah menghubungi dokter.

Pada minggu pertama setelah operasi, beberapa dari Anda mungkin merasa kram layaknya menstruasi. Namun, tenang saja, kontraksi ini terjadi secara alami untuk mencegah perdarahan pasca operasi.

Kontraksi biasanya muncul saat Anda menyusui karena produksi hormon oksitosin yang meningkat.

Jika Anda ingin minum obat pereda nyeri, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat yang aman untuk ibu menyusui.

6. Pemulihan minggu kedua

Menginjak minggu kedua, biasanya Anda telah dijadwalkan untuk kembali ke dokter dan melakukan pemeriksaan.

Dokter akan mengecek kondisi kesehatan Anda sekaligus melihat apakah ada pembengkakan atau tanda-tanda infeksi pada bekas jahitan pasca operasi caesar.

Saat ini, operasi caesar sudah banyak menggunakan benang yang dapat diserap oleh tubuh sehingga jahitan tidak perlu diangkat.

Kram pada perut selama masa pemulihan pasca operasi caesar merupakan hal yang wajar. Kontraksi terjadi untuk mengembalikan rahim ke ukuran normal.

Sementara itu, darah lokia pada minggu kedua setelah caesar biasanya sudah mulai berkurang. Tanyakan pada dokter jika Anda memiliki keluhan selama proses pemulihan.

7. Pemulihan minggu keempat

Bila proses perawatan setelah melahirkan berjalan baik, kondisi fisik Anda akan semakin membaik pada minggu keempat.

Di samping perubahan fisik, wanita yang baru melahirkan secara caesar maupun normal sering kali harus berhadapan dengan baby blues. Dalam kondisi ini, bantuan dari orang terdekat akan sangat dibutuhkan.

Selama proses pemulihan, pastikan Anda hanya fokus dengan diri sendiri. Artinya, tidak perlu membandingkan proses pemulihan Anda dengan orang lain karena ada berbagai faktor yang bisa memengaruhi proses ini.

8. Pemulihan minggu keenam

Memasuki minggu terakhir masa pemulihan, Anda biasanya sudah nyaman untuk kembali beraktivitas seperti semua. Pada minggu ini, bekas jahitan umumnya sudah mengering dan rahim sudah kembali ke ukuran normal.

Minggu keenam setelah operasi caesar merupakan waktu ketika hubungan seks bisa dilakukan. Meski begitu, pastikan Anda tetap berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Bagi Anda yang sempat mengalami komplikasi persalinan, masa penyembuhan mungkin berlangsung lebih lama. Namun, semua ini tentu saja demi kesehatan Anda ke depannya.

Beberapa dokter mungkin meminta Anda datang ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan terakhir kali.

Tips mempercepat pemulihan pasca operasi caesar

melahirkan normal alami

Normalnya, Anda akan pulang dari rumah sakit 4 hari setelah operasi caesar dan menjalani waktu pemulihan selama enam minggu.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan pemulihan pasca operasi caesar.

1. Istirahat yang cukup

Sama seperti operasi lainnya, tubuh juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup pasca operasi caesar. Sebaiknya Anda juga beristirahat bila bayi tidur agar tubuh Anda tidak kelelahan.

Beberapa hari setelah melahirkan mungkin Anda memerlukan bantuan orang lain untuk membantu mengurus bayi sehingga Anda juga tidak terlalu lelah. Pasalnya, istirahat yang cukup dapat meningkatkan produksi ASI untuk si Kecil. 

Si kecil yang lahir C-section juga pada umumnya membutuhkan nutrisi ekstra untuk daya tahan tubuhnya. Ini bisa didapatkan dari ASI yang mengandung vitamin, karbohidrat, lemak, vitamin, protein dan synbiotic. Synbiotic merupakan kombinasi prebiotik dan probiotik yang dapat memperkuat sistem imun si Kecil yang lahir caesar.

Penambahan nutrisi anak caesar seperti synbiotic juga bisa diberikan ibu untuk si kecil lahir yang lahir secara caesar guna memperkuat imunitasnya, sehingga si kecil dapat memaksimalkan kemampuan intelegensinya.

2. Lakukan aktivitas fisik yang ringan

Selama masa pemulihan, hindari aktivitas fisik berat, seperti naik-turun tangga dan angkat beban.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus berdiam diri di tempat tidur sepanjang hari. Melakukan aktivitas ringan, seperti jalan santai, justru bisa membantu proses pemulihan.

3. Hindari memasukkan sesuatu ke dalam vagina

Setelah operasi caesar, hindari berhubungan seksual atau memasukkan sesuatu ke dalam vagina, seperti tampon atau menstrual cup

Hal ini perlu dipatuhi selama kurang-lebih enam minggu pasca operasi untuk mencegah risiko infeksi. Tanyakan pada dokter kapan Anda boleh berhubungan intim setelah caesar.

4. Jangan langsung jongkok

Meski terkesan sederhana, nyatanya wanita yang baru saja melahirkan dilarang untuk langsung jongkok. Pasalnya, posisi ini dikhawatirkan bisa mengganggu proses pemulihan operasi caesar.

Dengan tidak boleh jongkok, artinya Anda pun tidak bisa menggunakan WC jongkok terlebih dulu. Bicarakan dengan dokter kapan Anda boleh jongkok setelah operasi caesar.

5. Penuhi kebutuhan zat gizi

Asupan zat gizi setelah melahirkan juga memiliki peranan penting untuk membantu penyembuhan pasca operasi caesar.

Dokter biasanya mengingatkan Anda untuk memenuhi asupan protein dan mikronutrien, seperti vitamin A, C, da zinc.

Selain mempercepat proses pemulihan habis operasi caesar, zat gizi dari makanan juga diperlukan untuk mendukung produksi ASI.

6. Rawat bekas jahitan dengan baik

Satu hal penting yang harus dilakukan selama masa pemulihan operasi caesar adalah menjaga kebersihan bekas jahitan.

Jika luka masih tertutup perban, gantilah perban setiap hari dan jaga agar luka tersebut tetap bersih dan kering.

Segera periksa ke dokter jika Anda merasakan gejala infeksi di sekitar bekas jahitan. Selain itu, jangan menggaruk area tersebut meski terasa sedikit gatal.

Selain menjalani masa pemulihan, wanita yang baru melahirkan juga harus beradaptasi dengan perannya sebagai ibu.

Tak dapat dipungkiri bahwa masa-masa ini terkadang terasa cukup sulit. Jadi, jangan ragu untuk mencari dukungan fisik dan moral dari orang-orang terdekat Anda.

Sejatinya, ibu yang melahirkan membutuhkan waktu dan proses untuk pemulihan secara fisik maupun mental. Jadi, pastikan ibu melewati setiap tahapannya secara maksimal agar tumbuh kembang si kecil juga optimal. 

Kesimpulan

Proses penyembuhan pasca operasi caesar biasanya berlangsung selama enam minggu. Namun, Anda biasanya sudah diperbolehkan pulang pada hari keempat pasca operasi dan melakukan kontrol rutin pada minggu kedua. Untuk mendukung pemulihan, pastikan Anda beristirahat yang cukup dan menghindari aktivitas berat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Amanda Rumondang Sp.OG

Kebidanan dan Kandungan · Brawijaya Hospital Duren Tiga


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan