home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Waktu yang Tepat dan Tips Nyaman Berhubungan Intim Setelah Melahirkan Caesar

Waktu yang Tepat dan Tips Nyaman Berhubungan Intim Setelah Melahirkan Caesar

Berhubungan seks setelah menjalani proses kelahiran tentu akan terasa berbeda, bahkan sebagian ibu merasa takut. Setelah melahirkan secara caesar, ibu memiliki luka jahitan di perut yang bisa membuat tidak nyaman saat berhubungan intim. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks setelah operasi caesar? Berikut penjelasan lengkap dan tips amannya.

Kapan boleh berhubungan intim setelah melahirkan caesar?

Sebagian masyarakat berpendapat, tidak ada perubahan hubungan seksual setelah melahirkan dengan operasi caesar.

Ini karena bayi tidak keluar dari vagina, sehingga kenikmatan yang ibu dan ayah rasakan akan sama dengan sebelum melahirkan.

Padahal, faktanya tidak demikian. Melahirkan melalui proses spontan atau pervaginam dan operasi caesar sama-sama bisa menimbulkan trauma saat berhubungan intim.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim setelah melahirkan dengan operasi caesar?

Mengutip dari Mayo Clinic, untuk menghindari infeksi pada luka jahitan, jangka waktu berhubungan intim setelah operasi caesar adalah 6 minggu setelah melahirkan.

Luka bekas operasi caesar memiliki panjang 10-15 cm. Biasanya akan terasa nyeri saat awal-awal setelah melahirkan.

Untuk lebih jelasnya, silakan konsultasi dengan dokter kandungan agar aktivitas seksual bisa menyesuaikan dengan kondisi ibu.

Selain itu, memberikan jarak atau jangka waktu tertentu untuk bisa berhubungan intim setelah melahirkan caesar juga berguna untuk menunggu sampai lokia berhenti.

Lokia atau darah nifas adalah perdarahan normal yang umum terjadi selama masa nifas yakni sekitar 40 hari (6 minggu).

Pada dasarnya, jangka waktu dan kesiapan berhubungan intim setelah operasi caesar setiap ibu berbeda.

Ada yang berhubungan seks enam minggu setelah melahirkan dan tidak mengeluhkan apa pun.

Namun, ada juga yang baru bercinta lagi setelah dua bulan tapi masih merasa tidak nyaman. Maka dari itu, penting bagi ibu dan ayah untuk mengukur sendiri kesiapan masing-masing.

Tips aman berhubungan intim setelah melahirkan caesar

Berhubungan seks setelah melahirkan tentu akan terasa berbeda. Ibu yang masih merasa nyeri pada bekas luka jahitan dan ayah yang tidak tega, sering menjadi kendala.

Hilangnya gairah seks setelah melahirkan adalah hal yang wajar. Akan tetapi, bila gairah seks timbul dan ragu untuk berhubungan intim, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Berikut tips aman berhubungan intim setelah melahirkan caesar.

Pilih posisi seks spooning

Luka sayatan bekas operasi caesar akan terasa tidak nyaman bila ibu dan ayah memakai posisi misionaris.

Hal ini karena posisi misionaris akan menekan luka dan menimbulkan rasa sakit.Oleh karenanya, posisi spooning dengan penetrasi dari belakang bisa menjadi pilihan.

Spooning adalah pilihan posisi berhubungan intim paling pas bagi mereka yang menikmati seks yang santai, lambat, dan lebih intim.

Caranya, ibu dan ayah berbaring berdampingan menghadap ke arah yang sama. Kemudian pasangan melakukan penetrasi dari belakang sambil mendekap ibu.

Spooning membantu ibu mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks saat nifas atau setelah melahirkan.

Jika ayah merasa kesulitan untuk penetrasi atau bergerak, gunakan bantal untuk membantu mengangkat panggul.

Ketika memakai gaya spooning, istri bisa mengangkat salah satu kakinya ke arah perut dan yang satunya sedikit lurus ke depan.

Cara ini bertujuan agar pasangan lebih mudah melakukan penetrasi.

Gunakan pelumas vagina

Selama fase menyusui, vagina ibu cenderung lebih kering. Hal ini terjadi karena hormon estrogen rendah dan progesteron berkurang drastis setelah melahirkan.

Agar ibu dan ayah lebih nyaman saat berhubungan intim setelah melahirkan caesar, gunakan cairan pelumas vagina.

Pelumas bisa sangat membantu melembapkan vagina yang kering setelah melahirkan. Berhubungan seksual ketika vagina kering akan membuat ibu merasa sakit bahkan cedera pada vagina.

Latihan senam kegel

Mungkin sebagian ibu menganggap tidak perlu melakukan senam Kegel bila melahirkan dengan operasi caesar. Padahal, ibu tetap perlu melakukannya meski tidak menjalani persalinan spontan.

Senam Kegel tidak tidak hanya untuk vagina, tetapi juga seluruh otot dasar panggul yang berubah selama kehamilan.

Senam Kegel bisa memengaruhi gairah dan aktivitas seksual antara ibu dan ayah. Ibu juga akan merasa lebih nyaman selama berhubungan seksual bila rutin melakukan senam Kegel.

Tidak sedikit ibu yang merasa suasana hati mudah berubah, kelelahan, bahkan tidak bahagia setelah melahirkan.

Bila berlanjut, ini bisa menjadi tanda-tanda depresi postpartum. Ibu bisa bercerita dengan pasangan atau keluarga mengenai masalah ini.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 

C-section – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 24 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/c-section/about/pac-20393655

Caesarean section | betterhealth.vic.gov.au. (2021). Retrieved 24 May 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/caesarean-section#after-a-caesarean-section

Caesarean section – Recovery . (2017). Retrieved 24 May 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/caesarean-section/recovery/

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui 15/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita