Posisi Bayi Dalam Kandungan Paling Ideal Untuk Persalinan yang Lancar

Oleh

Posisi bayi dalam kandungan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan menjelang hari-H persalinan Anda. Posisi bayi dalam kandungan akan memungkinkan dokter untuk memastikan apakah Anda dapat melahirkan normal, atau malah harus lewat caesar.

Seperti apa posisi bayi dalam kandungan yang paling ideal?

Pada umumnya, dokter akan memberikan Anda lampu hijau untuk melahirkan normal jika posisi kepala bayi dalam kandungan ada di bawah paling dekat dengan jalur lahir dengan wajah menghadap punggung ibu dan dagu menempel di dada. Posisi ini disebut dengan presentasi kepala, dan memungkinkan bayi untuk menyembul keluar dengan kepala lebih dulu.

Selain posisi “mainstream” ini, ada sejumlah variasi lain dari posisi bayi dalam kandungan yang juga umum ditemukan. Posisi lain dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa hal seperti:

  • Bentuk panggul ibu
  • Bentuk kepala bayi
  • Kemampuan kepala bayi untuk menyesuaikan bentuknya dengan panggul ibu
  • Kemampuan otot-otot dasar panggul ibu untuk berkontraksi dan berelaksasi

Apa saja posisi bayi yang umum ditemukan, dan apakah normal jika posisi bayi saat keluar tidak dengan kepala dahulu?

Posisi bayi dalam kandungan: mana yang normal, mana yang berisiko?

Ubun-ubun belakang

Posisi kepala bayi berada di dasar panggul, namun dengan wajah menghadap perut ibu — kebalikan dari presentasi kepala. Salah satu faktor yang meningkatkan risiko presentasi ubun-ubun belakang adalah panggul ibu yang sempit.

Meski posisi ini biasanya menyebabkan masalah dalam persalinan, pada kebanyakan kasus tidak diperlukan intervensi khusus selama proses persalinan bayi. Namun dokter mungkin akan membantu Anda dengan menggunakan forsep atau memutar posisi bayi secara manual jika proses persalinan mengalami hambatan. Jika hambatan masih terjadi walau sudah dibantu, maka diperlukan operasi caesar untuk melahirkan bayi.

Alis atau wajah

Pada presentasi muka, bagian alis bayi merupakan bagian yang pertama kali memasuki jalan lahir dengan kepala leher yang mendongak. Pada presentasi kepala yang normal, kepala bayi seharusnya dalam posisi meringkuk dengan dagu menempel ke arah dada. Presentasi muka lebih jarang terjadi dibandingkan dengan presentasi ubun-ubun belakang. Biasanya faktor yang menyebabkan hal ini adalah:

Kebanyakan presentasi muka dapat berputar sendirinya ke posisi kepala atau ubun-ubun belakang sebelum tahap persalinan kedua. Jika proses persalinan macet pada presentasi muka, maka dokter harus banting setir dengan memulai operasi caesar.

Melintang

Pada posisi ini, bayi terletak melintang — tegak lurus dengan jalan lahir. Kebanyakan bayi dalam posisi ini tidak dapat dilahirkan secara normal karena terlalu lebar untuk dapat melewati jalan lahir. Apabila dipaksakan, maka persalinan dengan posisi bayi lintang dapat menyebabkan robeknya jalan lahir dan menimbulkan situasi yang mengancam nyawa baik bagi ibu maupun janin.

Posisi bayi melintang tidak membahayakan selama kehamilan hingga sebelum persalinan karena bayi bisa saja bergerak mengubah posisi menuju posisi presentasi kepala. Akan tetapi, jika posisi lintang ini bertahan hingga detik-detik menjelang proses persalinan, maka persalinan harus dilakukan lewat operasi caesar.

Sungsang

Posisi sungsang adalah kondisi yang lumayan sering terjadi. American Pregnancy Association mencatat terjadi 1 posisi sungsang dari setiap 25 kehamilan. Posisi janin disebut sungsang apabila bagian yang paling dekat dengan jalan lahir adalah bokong bayi. Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya posisi sungsang adalah:

  • Kehamilan kedua atau lebih
  • Hamil kembar dua atau lebih
  • Riwayat melahirkan prematur
  • Bentuk rahim yang abnormal
  • Cairan ketuban terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Plasenta previa, kondisi di mana plasenta terletak di bagian bawah rahim, menutupi leher rahim.

Salah satu risiko dari posisi bayi sungsang adalah tali pusat dapat melilit leher bayi. Kadang, selama kehamilan masih berlangsung posisi sungsang masih dapat berputar ke posisi normal, yaitu lahir dengan kepala keluar terlebih dulu. Akan tetapi, apabila tidak, dan dokter menganggap persalinan akan berisiko jika dilakukan secara normal, maka Anda harus bersiap untuk menjalani operasi caesar.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca