Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil? Hati-hati Tanda Preeklampsia

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Tekanan darah naik adalah salah satu perubahan yang umum terjadi saat kehamilan. Ya, tekanan darah tinggi saat hamil ini cukup mengkhawatirkan pasalnya jika terus-terusan terjadi bukan lagi hal yang normal dan bisa jadi tanda preeklampsia. Preeklampsia adalah kondisi tekanan darah tinggi saat hamil yang muncul pada minggu ke-20. Komplikasi ini cukup serius dan mengancam nyawa ibu maupun janin.

Lalu, apa saja tanda preeklampsia yang patut diperhatikan oleh sang ibu?

5 Tanda preeklampsia pada ibu hamil

Berikut berbagai tanda preeklampsia pada ibu hamil yang perlu diwaspadai, yaitu:

1. Tekanan darah tinggi

Tanda preeklampsia ini biasanya paling umum dan mudah terdeteksi. Kondisi ini ditandai dengan tekanan darah yang ada di angka 140/90 bahkan lebih. Jika kondisi ini terjadi di minggu ke-20 kehamilan sementara Anda sebelumnya tidak memiliki riwayat darah tinggi, maka segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

2. Adanya protein di dalam urine

Proteinuria atau keberadaan protein di dalam urine juga biasanya menandai kondisi preeklampsia. Pasalnya, preeklampsia bisa merusak ginjal yang berfungsi menyaring cairan dalam tubuh.

Akhirnya, protein yang harusnya diserap darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh justru masuk ke dalam urin hingga akhirnya dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya, banyak protein bermanfaat yang justru hilang dari dalam tubuh.

3. Bengkak

Pembengkakan memang kondisi yang sangat normal selama kehamilan. Biasanya kondisi ini menyerang kaki sehingga terlihat lebih besar dibanding biasanya.

Namun, ketika wajah, mata, dan tangan juga ikut membengkak, maka Anda perlu curiga bahwa ini adalah tanda preeklampsia. Jika mengalami hal ini, segera periksakan diri ke dokter.

penggumpalan darah di kaki

4. Sakit kepala

Sakit kepala baik yang terasa tumpul, berat, dan juga berdenyut bisa menjadi salah satu gejala preeklampsia yang tidak bisa disepelekan. Apalagi jika kondisi ini mulai sering terjadi di usia ke-20 kehamilan.

Jika sakit kepala tidak juga hilang setelah Anda berbaring dan bahkan disertai dengan perubahan penglihatan serta sensitif terhadap cahaya maka segera konsultasikan ke dokter.

5. Kenaikan berat badan secara tiba-tiba

Berat badan yang meningkat secara tiba-tiba sebanyak satu kilogram dalam seminggu bisa menjadi salah satu ciri Anda mengalami preeklampsia. Pasalnya, pembuluh darah yang rusak memungkinkan air bocor dan masuk ke berbagai jaringan tubuh dan tidak masuk ke ginjal untuk seharusnya dikeluarkan melalui urine.

Selain itu, tanda preeklampsia lain yang mesti Anda waspadai adalah mual, muntah, nyeri pada perut dan bahu, dan pandangan buram.

Jika Anda mengalami berbagai tanda di atas, segera konsultasi ke dokter kandungan Anda. Pasalnya, bila kondisi ini tak cepat ditangani akan menyebabkan kondisi yang lebih parah dan berbahaya bagi janin.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca