4 Tanda Kehamilan yang Bikin Risi, Tapi Sebenarnya Baik untuk Kesehatan Ibu dan Janin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kehamilan merupakan salah satu momen yang dinanti-nantikan banyak wanita. Namun, tidak semua proses kehamilan dapat berjalan mulus tanpa hambatan. Pasalnya, beberapa tanda kehamilan cenderung menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh ibu hamil, contohnya morning sickness, sembelit, sakit punggung, dan sebagainya.

Eits, tunggu dulu. Tanpa disadari, tanda kehamilan yang mengganggu tersebut justru baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, lho! Bagaimana bisa, ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tanda kehamilan yang mengganggu tapi justru baik untuk kesehatan ibu dan janin

Seorang spesialis kandungan sekaligus penulis The Mommy Docs’ Ultimate Guide to Pregnancy and Birth, dr. Yvonne Bohn mengungkapkan pada Parents bahwa beberapa tanda kehamilan pada wanita nyatanya memberikan manfaat yang baik untuk ibu dan janin dalam kandungan. Secara umum, tanda-tanda kehamilan yang muncul menandakan bahwa kehamilan Anda sedang berkembang dan dalam kondisi sehat.

Nah, berikut ini adalah empat tanda kehamilan yang ternyata bermanfaat untuk Anda dan janin, di antaranya:

1. Morning sickness

hamil-gejala

Morning sickness adalah salah satu tanda kehamilan yang paling mudah dikenali. Biasanya, hal ini ditandai dengan mual dan muntah yang terjadi pada trimester pertama.

Walaupun dirasa cukup mengganggu, morning sickness ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi ibu hamil dan janin. Ketika ibu hamil mual dan muntah, ini menandakan tubuhnya sedang mengalami peningkatan hormon gonadotropin (hCG) yang berfungsi untuk memastikan kehamilannya berkembang dengan baik.

Selain itu, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa calon ibu yang mengalami morning sickness cenderung berisiko lebih rendah mengalami keguguran atau melahirkan prematur. Bahkan, para ahli menemukan bahwa morning sickness dapat membuat calon bayinya lebih pintar dan lebih terhindar dari kemungkinan cacat lahir.

2. Bercak darah berwarna merah muda atau kecokelatan

pendarahan implantasi

Munculnya bercak darah saat Anda tidak haid terkadang bikin cemas. Namun, jika bercak darah terjadi pada 10 sampai 14 hari setelah sel telur dibuahi, maka ini disebut sebagai perdarahan implantasi yang menjadi salah satu tanda kehamilan.

Kehamilan terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi (embrio) menempel pada dinding rahim. Ketika embrio berusaha menempel pada dinding rahim, ia akan mengikis lapisan dinding rahim yang mengakibatkan terjadinya perdarahan kecil berupa cairan warna merah muda atau kecokelatan. Nah, kondisi inilah yang sering kali disalahartikan sebagai menstruasi.

Jadi, Anda tak perlu cemas jika menemukan adanya bercak darah berwarna merah muda atau kecokelatan. Biasanya, ini merupakan pertanda bahwa usia kehamilan Anda berjalan menuju 4 sampai 6 minggu.

3. Payudara membesar dan terasa nyeri

payudara nyeri bengkak

Salah satu tanda kehamilan yang mudah dirasakan adalah payudara bengkak dan terasa nyeri – bahkan saat disentuh. Memang sih, hal ini cukup mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, calon ibu tidak perlu cemas. Hal ini justru baik untuk kehamilan Anda, lho!

Pasalnya, payudara yang membesar merupakan pertanda adanya peningkatan kadar estrogen dan progesteron, dua hormon yang dibutuhkan untuk kehamilan. Naiknya kadar hormon tersebut justru menjadi pertanda bahwa janin Anda sedang berkembang dengan baik.

4. Keputihan meningkat

obat untuk vagina

Kalau Anda sedang hamil dan mengalami keputihan yang banyak, maka Anda tidak sendirian. Banyak wanita hamil yang menemukan adanya cairan yang jernih dan tidak berbau selama kehamilan.

Munculnya keputihan saat hamil umumnya disebabkan oleh efek peningkatan hormon estrogen dalam tubuh. Hormon estrogen membuat sel-sel pada dinding vagina menjadi menebal untuk mendukung proses kehamilan dan melahirkan. Nah, hal inilah yang menyebabkan keluarnya cairan keputihan saat hamil.

Selain menjadi tanda kehamilan yang sehat, keputihan yang meningkat justru bermanfaat untuk membantu membersihkan vagina. Bahkan, ini juga berfungsi untuk mencegah bakteri penyebab infeksi yang bisa masuk ke rahim.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca