Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Manfaat Sehat Buah Naga untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Sehat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, ibu tak perlu melakukan diet khusus. Hal yang paling penting adalah mengonsumsi makanan untuk memenuhi gizi yang seimbang saat hamil, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buah seperti buah naga. Berikut adalah berbagai macam manfaat buah naga untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

Kandungan gizi buah naga

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Popularitas buah naga atau pitahaya ini tak kalah dengan jenis buah lainnya. Mempunyai bentuk yang unik, rasa dari buah naga ini tergolong manis dan menyegarkan.

Baik karena rasa maupun kandungan gizinya, buah naga merupakan buah yang baik untuk ibu hamil. Apalagi, jika pada masa kehamilan ibu merasa bosan dengan buah yang itu-itu saja.

Mengutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut adalah kandungan gizi buah naga:

  • Kalori: 71
  • Air: 85,7 gram
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Serat: 3,2 gram
  • Kalsium: 13 mg
  • Fosfor: 14 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 128 mg
  • Vitamin B1: 0,50 mg
  • Vitamin B2: 0,30 mg
  • Vitamin C: 1 mg

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Ada dua jenis buah naga yang dapat ibu konsumsi, yaitu buah yang berwarna merah dan berwarna ungu. Keduanya mempunyai manfaat yang tak jauh berbeda untuk kesehatan tubuh ibu selama masa kehamilan.

Apalagi, buah naga mempunyai kandungan mineral serta vitamin yang cukup beragam. Di bawah ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil.

1. Menjaga keseimbangan tekanan darah

Buah naga mempunyai kandungan potassium atau kalium yang cukup tinggi. Perlu ibu ketahui bahwa kalium adalah salah satu jenis mineral yang Anda butuhkan.

Kalium dalam buah naga mempunyai manfaat untuk ibu hamil yaitu menjaga keseimbangan cairan sel tubuh. Tak hanya itu, kalium juga mempunyai peran untuk menjaga keseimbangan tekanan darah sehingga mencegah terjadinya hipertensi serta hipotensi pada ibu hamil.

Untuk itu, ibu perlu menghindari kondisi tekanan darah tinggi saat hamil karena bisa menjadi salah satu pertanda preeklampsia.

2. Menambah asupan serat

Serat adalah kandungan yang dapat membantu agar makanan yang ibu konsumsi dapat bergerak secara efisien. Serat juga bermanfaat untuk mengirimkan nutrisi ke organ tubuh lainnya.

Meski tak cukup tinggi, kandungan serat dalam buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil sehingga mencegah sembelit.

Penjelasan mengenai serat selama kehamilan juga terdapat dalam jurnal Pregnant Women Have Inadequate Fiber Intake While Consuming Fiber Rich Diets.

Asupan makanan dengan kandungan serat selama kehamilan juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes, serta mencegah sembelit.

3. Imunitas terjaga

Terdapat senyawa antioksidan dalam buah naga, di antaranya adalah polifenol, karotenoid, serta betacyanin. Manfaat antioksidan dalam buah naga untuk ibu hamil adalah membantu tubuh dalam melawan infeksi serta melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas sehingga juga menurunkan risiko kemungkinan berat badan rendah saat lahir. Tambahan vitamin C pada buah naga juga dapat membantu menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh sehingga ibu tidak mudah sakit.

[embed-community-8]

4. Mencegah komplikasi kehamilan

Ibu hamil membutuhkan asupan magnesium selama kehamilan karena magnesium bekerja sama dengan mineral dapat membantu mengendurkan dan mengencangkan otot.

Magnesium dalam buah naga dapat membantu memperkuat tulang dan gigi bayi, merangsang fungsi enzim, mengatur insulin, hingga mengontrol kada gula darah ibu hamil. Buah naga juga dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi kehamilan seperti pekembangan janin terhambat hingga kelahiran prematur.

5. Menghindari bayi cacat lahir

Semua ibu hamil menginginkan bayinya lahir sehat tanpa ada kekurangan apa pun. Untuk itu, asupan vitamin B kompleks saat hamil bermanfaat dalam menjaga kesehatan serta kekuatan bayi dalam kandungan.

Buah naga mempunyai kandungan senyawa vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (thiamin) dan vitamin B2 (riboflavin). Kandungan vitamin ini bermanfaat dalam mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jantung bayi.

Sedangkan vitamin B2 bermanfaat membantu menambah energi pada ibu hamil serta meningkatkan kesehatan mata janin dan juga Anda. Jika nutrisi dari vitamin B kompleks untuk ibu terpenuhi, tak hanya kesehatan yang terjaga tetapi juga menurunkan risiko bayi cacat lahir.

6. Mencegah anemia

Sebagian ibu hamil berisiko mengalami kekurangan jumlah zat besi sehingga memicu terjadinya anemia pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Selain mengonsumsi suplemen, Anda juga bisa memanfaatkan buah naga selama hamil karena mengandung zat besi.

Zat besi dalam buah naga dapat membantu sel darah merah meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda . (2021). Retrieved 26 April 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

All About Dragon Fruit: 3 Health Benefits + How to Eat It. (2020). Retrieved 26 April 2021, from https://health.clevelandclinic.org/get-to-know-the-incredible-edible-dragon-fruit/

Have a healthy diet in pregnancy. (2020). Retrieved 26 April 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/have-a-healthy-diet/

Roles of Vitamin B in Pregnancy | American Pregnancy Association. (2017). Retrieved 26 April 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/vitamin-b-pregnancy-24755/

Zerfu, T., & Mekuria, A. (2019). Pregnant women have inadequate fiber intake while consuming fiber‐rich diets in low‐income rural setting: Evidences from Analysis of common “ready‐to‐eat” stable foods. Food Science & Nutrition, 7(10), 3286-3292. doi: 10.1002/fsn3.1188

Prevent iron deficiency anemia during pregnancy. (2021). Retrieved 26 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/anemia-during-pregnancy/art-20114455

Anemia in Pregnancy. (2021). Retrieved 26 April 2021, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=anemia-in-pregnancy-90-P02428

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita