Panduan Latihan Prenatal Yoga di Rumah: 14 Pose Berdiri (Standing Poses)

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 30/09/2019 . 13 menit baca
Bagikan sekarang

Seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya, berlatih yoga di rumah tak kalah seru dari berlatih di studio yoga. Namun perlu diingat bahwa saat Anda berlatih prenatal yoga, sering kali banyak postur perlu dimodifikasi sesuai dengan kondisi kehamilan Anda.

Saya akan uraikan postur-postur yoga yang aman untuk Anda praktikkan secara rutin di masa kehamilan, tentunya dengan beberapa modifikasi dan variasi, plus bagaimana menggunakan bantuan blok yoga, kursi, atau tembok bila Anda merasa hilang keseimbangan di kala berlatih.

Untuk seri pertama ini, saya akan uraikan panduan khusus untuk posisi berdiri/standing poses.

1. Mountain pose (Tadasana)

tadasana-cara

Cara:

  • Berdiri di atas kedua kaki, lebarkan kaki Anda selebar pinggang, lalu pastikan posisi telapak kaki paralel di mana jempol kaki menghadap ke bagian dalam tubuh dan saling berhadapan. Lebih baik bila Anda memberikan ruang di antara kedua kaki, karena dengan kondisi perut Anda, posisi ini lebih nyaman.
  • Kedua lengan aktif di samping tubuh dengan telapak tangan aktif dan jari-jari menyatu.
  • Lembutkan otot wajah dan otot bahu, bisa Anda lakukan sembari memejamkan mata.

Variasi:

  • Satukan kedua telapak tangan di depan dada sembari memejamkan mata dan bernapas dalam. Lakukan ini sebelum memulai latihan yoga untuk menyelaraskan napas, fokus, serta keseimbangan tubuh.

tadasana-variasi-1

  • Satukan/jalin kedua telapak tangan, angkat lalu panjangkan lengan di samping kepala hingga telapak tangan yang terjalin dan telapak tangan terbuka ada di atas kepala Anda.

tadasana-variasi-2

  • Regangkan (stretching) lengan dan tubuh ke sisi kanan dan sisi kiri.

tadasana-variasi-3

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas. Untuk gerakan variasi, ulangi sebanyak 3 kali. Pose ini bisa Anda gunakan untuk pemanasan tubuh. Pastikan Anda tidak menahan napas, karena penting untuk selalu bernapas panjang untuk Anda dan bayi Anda.

2. Chair pose (Uttkatasana)

Cara:

  • Lakukan posisi berdiri tegak (Tadasana) lalu tekuk lutut, seolah-olah Anda duduk di atas kursi. Pastikan Anda tidak menegangkan otot perut namun lebih menguatkan otot panggul.

chair-pose-1

  • Lalu angkat dan panjangkan kedua lengan di samping tubuh Anda, telapak tangan aktif.

chair-pose-2

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5 napas, lalu ulangi gerakan sebanyak 3 kali. Pastikan Anda tidak menahan napas, karena penting untuk selalu bernapas panjang untuk Anda dan bayi Anda.

3. Tree pose (Vrksasana)

Cara:

  • Berdiri dalam posisi Tadasana, lalu bawa kedua telapak tangan Anda ke pinggang, tekuk lutut kanan dan bawa telapak kaki menempel pada paha dalam kiri. Bila terlalu sulit, bawa telapak kaki menempel pada betis. Bawa pandangan Anda pada satu titik untuk fokus dan keseimbangan tubuh.

tree-pose-1

  • Di saat Anda sudah merasa seimbang, panjangkan lengan dan satukan kedua telapak tangan di atas kepala Anda.

tree-pose-2

Variasi:

Sering kali di kala hamil, sulit untuk menyeimbangkan tubuh, namun Anda bisa gunakan bantuan saat berlatih postur ini, bisa dengan tembok ataupun dengan kursi.

tree-pose-variasi

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas, lalu lakukan sisi kanan dan sisi kiri. Pastikan Anda tidak menahan napas, karena penting untuk selalu bernapas panjang untuk Anda dan bayi Anda.

4. Half intense stretch pose (Ardha Uttanasana)

Cara:

  • Berdiri dalam posisi Tadasana, lalu letakkan blok yoga dalam posisi vertikal di depan Anda. Letakkan tangan di atas kedua blok lalu sejajarkan posisi panggul dengan bahu Anda, dan panggul ada sejajar di atas pergelangan kaki Anda.

Ardha-Uttanasana-1

  • Anda juga bisa melakukan posisi ini dengan bantuan kursi atau tembok. Bila Anda menggunakan bantuan kursi atau tembok di hadapan Anda, maka telapak tangan Anda ada di depan kepala dan lengan sejajar dengan posisi telinga Anda.

Ardha-Uttanasana-2

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas, lalu ulangi sebanyak 3 kali. Pastikan Anda tidak menahan napas, karena penting untuk selalu bernapas panjang untuk Anda dan bayi Anda.

5. Intense stretch pose (Uttanasana)

Cara:

  • Berdiri dalam posisi Tadasana, lalu bawa kedua telapak tangan Anda ke pinggang, tekuk tubuh bagian atas Anda dan bawa telapak tangan menyentuh lantai.

uttanasana-1

  • Bila tangan Anda tidak menyentuh lantai, letakkan blok yoga di depan kaki Anda dan letakkan telapak tangan di atas blok.

uttanasana-2

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas, lalu ulangi sebanyak 3 kali. Bila Anda merasa pusing, hentikan melakukan posisi ini, dan kembalilah pada posisi Tadasana. Rasa pusing biasanya terjadi bila Anda tidak bernapas dengan tepat.

6. Warrior II (Virabhadrasana II)

Cara:

warrior II

  1. Berdiri dalam posisi Tadasana, lalu bawa telapak kaki kanan ke belakang, jari-jari kaki menghadap ke sisi kanan. Lalu, tekuk kaki depan dengan posisi jari kaki menghadap ke depan.
  2. Lalu buka kedua lengan Anda ke samping, sejajar dengan bahu Anda. Pastikan lengan belakang aktif dan sejajar dengan lengan depan. Pandangan Anda tertuju kepada jari depan Anda.
  3. Bawa kedua telapak tangan Anda ke pinggang, lalu langkahkan kaki ke depan kembali kepada posisi Tadasana. Lakukan untuk sisi kaki kiri.

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas. Pastikan Anda tidak menahan napas, karena penting untuk selalu bernapas panjang untuk Anda dan bayi Anda.

7. Extended triangle pose (Utthita Trikonasana)

Cara:

Utthita-Trikonasana-1

  • Berdiri dalam posisi Warrior II, lalu luruskan kaki depan Anda, kemudian bawa telapak tangan ke depan meraih jempol kaki depan Anda, atau pergelangan kaki depan Anda. Bila ini terlalu berat, Anda juga bisa meletakkan blok di samping kaki depan Anda dan meletakkan telapak tangan di atas blok sebagai penyangga.
  • Lalu buka lengan Anda ke atas, sejajar dengan lengan Anda yang menyentuh jempol/blok Anda, buka dada Anda dan lihat ke jari tangan Anda di atas kepala. Pastikan otot bahu, leher, dan wajah rileks.
  • Bawa tubuh ke posisi berdiri dengan lengan di samping, lalu letakkan kedua tangan ke pinggang Anda dan kembali ke posisi Tadasana. Lakukan gerakan yang sama untuk sisi kiri.

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas. Pastikan Anda tidak menahan napas, karena penting untuk selalu bernapas panjang untuk Anda dan bayi Anda.

8. Intense side stretch pose (Parsvottanasana)

Cara:

  • Dari Tadasana, bawa telapak kaki kanan ke belakang. Dengan posisi tubuh menghadap ke depan, luruskan kedua kaki, dan telapak kaki belakang menghadap 45 derajat ke samping. Lalu, satukan telapak tangan di belakang punggung, buka dada, dan aktifkan bahu.

Parsvottanasana-1

  • Pisahkan telapak tangan dari punggung dan bawa tubuh bagian depan mendekati paha depan, namun tetap memberikan ruang kepada perut Anda. Letakkan telapak tangan menyentuh lantai di samping telapak kaki depan, atau bila sulit menyentuh lantai, letakkan blok di samping telapak kaki dan letakkan telapak tangan di atas blok.

Parsvottanasana-2

  • Angkat tubuh Anda ke posisi berdiri lalu berdiri dalam posisi Tadasana. Lakukan posisi yang sama untuk sisi kiri.

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas. Pastikan Anda tidak menahan napas, karena penting untuk selalu bernapas panjang untuk Anda dan bayi Anda.

9. Warrior III (Virabhadrasana III)

Cara:

  • Dari Tadasana, letakkan blok di depan kaki Anda, lalu lakukan half intense stretch pose (pose nomor 4). Letakkan tangan pada blok, panggul sejajar dengan bahu, lalu angkat salah satu kaki. Anda bisa melakukan posisi ini sampai di sini saja, atau satukan kedua telapak tangan di depan dada, pandangan ditujukan ke satu titik untuk fokus dan keseimbangan.

warrior-III-1

  • Bila Anda merasa cukup stabil, Anda bisa panjangkan lengan lalu melakukan pose Warrior III secara sempurna. Berhati-hati dengan kesimbangan Anda

warrior-III-2

  • Bila dirasa sulit, Anda juga bisa melakukan gerakan dengan bantuan kursi atau tembok di depan Anda. Letakkan tangan pada kursi/tembok, lalu angkat satu kaki memanjang ke belakang. Selalu aktif pada telapak kaki Anda, lalu ulangi untuk kaki sisi kiri.

warrior-III-3

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas, lalu ulangi sebanyak 3 kali. Bila Anda merasa pusing, hentikan melakukan posisi ini, dan kembalilah pada posisi Tadasana. Rasa pusing biasanya terjadi bila Anda tidak bernapas dengan tepat.

10. Downward dog (Adho Mukha Svanasana)

Cara:

  • Bawa tubuh Anda ke posisi Table Top, letakkan telapak tangan dan lutut di matras yoga, tekan jari-jari tangan Anda, lalu tekan jari-jari kaki Anda. Pandangan arahkan ke depan.

downward-dog-1

  • Angkat lutut Anda, lalu luruskan kaki belakangan dan dekatkan tumit ke arah matras. Luruskan lengan, dorong bahu ke belakang. Ini adalah posisi Downward dog yang sempurna.

downward-dog-2

Modifikasi:

Bila terasa sakit pada paha belakang Anda, saat Anda meluruskan kedua kaki dan mendekatkan tumit ke matras, Anda bisa modifikasi gerakan dengan menekuk lutut Anda, namun tetap dorong bahu Anda ke belakang.

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas, lalu ulangi sebanyak 3 kali. Anda bahkan bisa melakukan posisi ini di sela-sela pose yang lain. Bila Anda merasa pusing, hentikan melakukan posisi ini, dan kembalilah pada posisi Table Top. Rasa pusing biasanya terjadi bila Anda tidak bernapas dengan tepat.

11. Low lunge (Anjeneyasana)

Cara:

  • Bawa tubuh Anda ke posisi Table Top, letakkan telapak tangan dan lutut di matras yoga, tekan jari-jari tangan Anda lalu tekan jari-jari kaki Anda. Pandangan arahkan ke depan.

low-lunge-1

  • Letakkan blok di depan kaki Anda, lalu letakkan telapak tangan di atas blok, bawa telapak kaki kanan ke depan.

low-lunge-3

  • Bila Anda merasa stabil dan lulut Anda nyaman, Anda bisa lepaskan tangan dari blok lalu bawa telapak tangan ke belakang punggung Anda. Satukan kedua telapak tangan menjadi satu kepalan, buka dada.

low-lunge-2

  • Kembali ke pose nomer 10 cara 2, lalu ulangi gerakan untuk sisi kiri.

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas. Bila kurang nyaman pada lutut Anda, gunakan selimut tipis atau handuk sebagai alas lutut Anda. Pastikan Anda tidak menahan napas, karena penting untuk selalu bernapas panjang untuk Anda dan bayi Anda.

12. Extended intense leg stretch pose (Prasarita Padotanasana)

Cara:

  • Bawa tubuh Anda ke posisi Tadasana, bawa telapak kaki kanan ke belakang lalu buka tubuh ke arah samping. Lebarkan lengan Anda ke samping, aktifkan jari-jari tangan.

Padotanasana-1

  • Tekuk tubuh Anda ke depan dan letakkan kedua telapak tangan di lantai.

Padotanasana-2

  • Bila sulit menyentuh lantai, gunakan blok dan letakkan telapak tangan di atas blok.

Padotanasana-blok-2

Variasi:

  • Lalu buka lengan kanan ke sisi atas. Sembari membawa pandangan ke jari tangan atas, lembutkan otot leher bahu dan wajah. Bawa kembali lengan turun sampai telapak tangan menyentuh lantai atau blok.

Padotanasana-3

  • Ulangi gerakan yang sama untuk sisi kiri.
  • Lalu kembali kepada pose nomor 11 cara 1, dan Tadasana.

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas, lalu ulangi variasi sebanyak 3 kali. Bila Anda merasa pusing, hentikan melakukan posisi ini, dan kembalilah pada posisi Table Top. Rasa pusing biasanya terjadi bila Anda tidak bernapas dengan tepat.

13. Goddess pose/half squat (Utkata Konasana)

Cara:

  • Bawa tubuh Anda ke posisi Tadasana, satukan kedua telapak tangan di atas kepala. Lebarkan kedua kaki Anda dengan jari-jari kaki menghadap ke samping . Arahkan pandangan ke depan.

goddess-pose-1

  • Tekuk siku dan lutut Anda di saat bersamaan, pastikan Anda bernapas bersamaan dengan gerakan tubuh.

goddess-pose-2

  • Kembali ke posisi Tadasana.

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas, lalu ulangi sebanyak 5 kali. Anda bisa menarik napas saat berdiri tegak, dan mengembuskan napas saat menekuk siku dan lutut.

14. Full squat (Malasana)

Cara:

  • Bawa tubuh Anda ke posisi Tadasana, lalu lebarkan kaki Anda dengan jari-jari menghadap ke samping. Tekuk lutut Anda hingga Anda ada pada posisi jongkok, upayakan untuk menekan tumit ke lantai.
  • Satukan kedua telapak tangan di depan dada, bawa siku di depan lutut Anda, tegakkan punggung, buka bahu dan dada.

malasana-1

  • Bagi Anda yang sulit menekan tumit ke lantai saat jongkok, Anda bisa meletakkan blok untuk Anda duduki. Dengan demikian, posisi Anda akan lebih baik dan Anda bisa lebih membuka kaki lebih lebar. Di usia kehamilan trimester akhir menjelang kelahiran, menggunakan blok sebagai support juga membuat Anda merasa lebih ringan saat melakukan postur ini.

malasana-2

  • Anda bisa keluar dari posisi ini dengan duduk di matras lalu kembali ke posisi Tadasana.

Lakukan setiap postur sembari bernapas panjang dari hidung sebanyak 5-8 napas. Pastikan Anda tidak menahan napas, karena penting untuk selalu bernapas panjang untuk Anda dan bayi Anda.

Anda bisa melatih posisi-posisi di atas setiap hari di rumah. Pastikan Anda membaca jelas instruksinya dan selalu memperhatikan kondisi tubuh Anda, karena ada kalanya kondisi tubuh kita lebih lelah, mungkin karena kurang tidur atau karena hormon tubuh. Pastikan Anda selalu bernapas panjang di setiap gerakan untuk menambah energi tubuh, dan membuat sirkulasi tubuh lebih baik.

Selamat berlatih!

** Dian Sonnerstedt adalah instruktur yoga profesional yang aktif mengajar beragam jenis yoga dari Hatha, Vinyasa, Yin, dan Prenatal Yoga baik untuk kelas privat, perkantoran, maupun di Ubud Yoga Centre, Bali. Dian saat ini terdaftar di YogaAlliance.org dan bisa dihubungi langsung melalui instagramnya, @diansonnerstedt.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Artikel dari ahli Dian Sonnerstedt

    Tips Mempelajari dan Menguasai Pose Headstand

    Meski kelihatannya sulit, headstand adalah pose yoga yang bisa Anda kuasai jika rajin berlatih. Simak cara melakukan headstand yang benar dan aman.

    Ditulis oleh: Dian Sonnerstedt
    cara melakukan headstand pose yoga

    8 Pose Yoga untuk Mengatasi Sakit Pinggang

    Jika Anda sering duduk di depan meja kerja berjam-jam, wajar jika Anda sering sakit pinggang. Pose yoga sederhana berikut ini bisa mengatasi sakit pinggang.

    Ditulis oleh: Dian Sonnerstedt
    mengatasi sakit pinggang

    Mempelajari Rangkaian Yoga Sun Salutation (Surya Namaskara) A

    Sun Salutation adalah rangkaian pose yoga yang bila dilakukan secara rutin dapat meningkatkan fleksibilitas otot. Seperti apa gerakannya?

    Ditulis oleh: Dian Sonnerstedt
    yoga sun salutation

    Yang juga perlu Anda baca

    5 Gerakan Yoga untuk Tingkatkan Vitalitas Pria Saat Berhubungan Intim

    Beberapa gerakan yoga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan vitalitas pria sehingga ehubungan intim makin membara. Apa saja gerakan tersebut?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Yoga & Pilates 10/03/2020 . 5 menit baca

    Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Pilates Pemula

    Pilates adalah olahraga yang umumnya dilakukan di studio khusus. Persiapan apa saja yang harus Anda punya sebelum melakukan olahraga pilates pertama kali?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Yoga & Pilates, Kebugaran, Hidup Sehat 22/02/2020 . 4 menit baca

    5 Pose Yoga yang Ampuh untuk Atasi Sembelit

    Tidak hanya menenangkan pikiran, beragam pose yoga ini ternyata juga dapat membantu untuk mengatasi gejala sembelit, lho.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Yoga & Pilates, Hidup Sehat 08/02/2020 . 4 menit baca

    Yang Harus Dihindari Saat Melakukan Yoga

    Tidak semua orang melakukan yoga dengan teknik dan cara yang benar. Apa saja kesalahan yang sering ditemukan dalam yoga? Simak artikel berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Yoga & Pilates, Hidup Sehat 05/01/2020 . 4 menit baca

    Direkomendasikan untuk Anda

    yoga untuk pria

    Tidak Hanya Wanita, Inilah 7 Manfaat Yoga untuk Pria

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . 7 menit baca
    Manfaat yoga bridge pose

    Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020 . 3 menit baca
    yoga cegah covid-19

    Yoga Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan COVID-19

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . 5 menit baca
    yoga emotional hangover

    4 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Emotional Hangover

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 22/04/2020 . 5 menit baca