home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Obat Sariawan Ibu Hamil, Mulai dari Alami Sampai Medis

Obat Sariawan Ibu Hamil, Mulai dari Alami Sampai Medis
Penyebab sariawan pada ibu hamil|Obat sariawan alami untuk ibu hamil|Obat sariawan untuk ibu hamil yang bisa dibeli di apotek

Sariawan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Namun, mengatasi sariawan saat hamil harus berhati-hati. Bila salah memberikan obat justru dapat membahayakan perkembangan janin. Berikut obat sariawan untuk ibu hamil, mulai dari yang alami sampai medis.

Penyebab sariawan pada ibu hamil

sariawan di lidah

Sariawan atau dalam istilah medis stomatitis aftosa adalah luka kecil yang berkembang di bagian mulut, seperti bibir, pipi bagian dalam, lidah, atau gusi seseorang.

Luka ini bisa sangat menyakitkan bagi penderitanya hingga membuat sulit makan, minum, dan bicara.

Pada ibu hamil, sariawan kerap terjadi karena berbagai faktor, seperti:

Ibu hamil membutuhkan obat sariawan untuk mengatasi kondisi luka pada mulut.

Obat sariawan alami untuk ibu hamil

obat sariawan

Pada umumnya, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya selama satu atau dua minggu. Namun, sariawan yang dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas ibu hamil.

Untuk itu, sariawan perlu segera diobati untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Berikut obat alami sariawan untuk ibu hamil yang dapat digunakan:

1. Air garam

Mengutip dari Mayo Clinic, ibu hamil bisa menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk mengatasi sariawan.

Untuk membuat obat kumur dari air garam, campurkan 1 sendok teh garam dengan setengah gelas air hangat. Kumur dengan air garam tersebut selama 15-30 detik.

Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit pada sariawan ibu hamil.

2. Madu

Madu terkenal memiliki kemampuan antibakteri dan antiinflamasi (antiperadangan).

Pada sariawan, madu terbukti dapat mengurangi rasa sakit, ukuran, dan kemerahan yang ditimbulkannya.

Ahli diet dari Dell Medical School di University of Texas, Keli Hawthorne, mengatakan bayi tidak boleh minum madu karena kandungan bakteri di dalamnya.

Namun bagi orang dewasa, termasuk ibu hamil, madu memiliki manfaat untuk mengurangi sariawan.

Untuk menggunakannya sebagai pengobatan alami luka di mulut, cukup oleskan madu selama empat kali sehari agar rasa sakit dari sariawan berkurang.

3. Jeruk nipis

Berdasarkan Pedoman Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Ibu Hamil dan Anak Usia Balita, bahan yang satu ini bisa menjadi obat sariawan.

Caranya, potong 3 buah jeruk nipis ukuran sedang dan peras. Lalu, masukkan sedikit gula aren dan seduh memakai air panas.

Ibu hamil bisa minum larutan jeruk nipis ini 3 kali sehari selama 2 hari.

4. Yoghurt

Selain sehat untuk sistem pencernaan, manfaat yoghurt juga diyakini dapat mengobati sariawan, termasuk pada ibu hamil.

Penelitian yang diterbitkan The Journal of Nutrition menemukan bahwa kandungan probiotik atau bakteri baik dalam yoghurt diyakini bisa membantu penyembuhan sariawan.

Yoghurt juga menjadi salah satu daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan protein di dalamnya sangat baik untuk pertumbuhan janin.

Untuk mengobati sariawan dengan yogurt, ibu hamil cukup mengonsumsi yoghurt paling tidak satu gelas sehari.

5. Minyak kelapa

Hasil penelitian yang dirangkum dalam Journal of Medicine Food menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi.

Keduanya mampu menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan yang disebabkan oleh bakteri.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa mengurangi kemerahan dan nyeri karena luka di dalam mulut.

Untuk menggunakannya, ibu hamil hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada bagian mulut yang sariawan. Lakukan beberapa kali per hari hingga sariawan hilang.

Tidak hanya untuk sariawan, minyak kelapa juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Minyak kelapa dapat membantu meringankan beberapa keluhan ibu hamil.

Sebagai contoh, mual pada pagi hari (morning sickness) serta mulas dan sembelit sebagai efek dari kehamilan.

Obat sariawan untuk ibu hamil yang bisa dibeli di apotek

folamil genio suplemen

Selain menggunakan bahan alami, ibu hamil juga bisa memakai obat medis untuk mengatasi sariawan yang bisa dibeli di apotek.

Namun, tetap harus konsultasikan ke dokter untuk mengetahui keamanannya bila dikonsumsi saat hamil.

Suplemen vitamin B

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada kemungkinan sariawan pada ibu hamil disebabkan oleh kekurangan vitamin B-12.

Maka, Anda bisa menggunakan suplemen vitamin B-12 sebagai obat sariawan untuk ibu hamil.

Hal tersebut dituliskan dalam penelitian yang diterbitkan Journal of The American Board of Family.

Hasilnya, peserta penelitian yang mengonsumsi 1000 mg vitamin B12 setiap hari, lebih jarang mengalami sariawan dan luka di dalam mulut.

Anda juga bisa mengonsumsi vitamin B jenis lain.

Untuk memastikan keamanan suplemen ini, Anda perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Suplemen vitamin C

Sariawan saat hamil bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, wanita berusia 19-49 tahun butuh vitamin C sebanyak 75 mg per hari. Saat hamil, kebutuhannya bertambah 10 mg, menjadi 85 mg per hari.

Mengutip dari National Institute of Health, manfaat vitamin C untuk ibu hamil yaitu untuk membantu penyerapan zat besi dari makanan agar lebih maksimal.

Pada Ibu hamil, konsumsi suplemen vitamin C sebagai obat sariawan bisa dalam bentuk tablet isap atau effervescent (tablet yang dilarutkan dalam air).

Suplemen di atas berfungsi untuk mencegah dan mengobati sariawan.

Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan suplemen tersebut serta penanganan medis yang tepat mengobati sariawan pada ibu hamil.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Canker sore – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2020). Retrieved 16 December 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/canker-sore/diagnosis-treatment/drc-20370620

Natural Ways to Treat Thrush During Your Pregnancy. (2015). Retrieved 16 December 2020, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/how-to-treat-thrush-naturally-during-pregnancy-15829/

Cold Sores vs. Canker Sores: What’s the Difference? | | Keck Medicine of USC. (2019). Retrieved 16 December 2020, from https://www.keckmedicine.org/cold-sores-vs-canker-sores/

Cold sores in pregnancy. (2020). Retrieved 16 December 2020, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/cold-sores-in-pregnancy

Cold Sores vs. Canker Sores: What Are They and How Do I Get Rid of ‘Em? – Penn Medicine. (2020). Retrieved 16 December 2020, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2019/july/cold-sores-and-canker-sores

How to Get Rid of Canker Sores: 14 Treatment Options & Medicine. (2020). Retrieved 16 December 2020, from https://www.medicinenet.com/canker_sores/article.htm

Sheil, B., Shanahan, F., & O’Mahony, L. (2007). Probiotic Effects on Inflammatory Bowel Disease. The Journal Of Nutrition, 137(3), 819S-824S. doi: 10.1093/jn/137.3.819s

Antimicrobial Effects of Virgin Coconut Oil and Its Medium-Chain Fatty Acids on <italic>Clostridium difficile</italic>. (2020). Journal Of Medicinal Food. Retrieved from https://www.liebertpub.com/doi/abs/10.1089/jmf.2012.0303

Volkov, I., Rudoy, I., Freud, T., Sardal, G., Naimer, S., Peleg, R., & Press, Y. (2009). Effectiveness of Vitamin B12 in Treating Recurrent Aphthous Stomatitis: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial. The Journal Of The American Board Of Family Medicine, 22(1), 9-16. doi: 10.3122/jabfm.2009.01.080113

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal diperbarui 04/01/2021
x