3 Cara Agar Ibu Hamil Tak Kurang Gizi Meski Sering Mual dan Muntah Parah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 3 Oktober 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Morning sickness atau mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil biasa terjadi hingga 16 minggu pertama kehamilan. Namun, berbeda jika Anda memiliki kondisi hiperemesis gravidarium. Kondisi ini ditandai dengan mual atau muntah hebat yang bisa dialami lebih dari 16 minggu atau bahkan hingga bayi lahir.

Kondisi ini membuat ibu hamil jadi susah makan. Anda juga mungkin sampai mengalami dehidrasi, gangguan elektrolit, dan gangguan keasaman tubuh. Padahal si kecil yang ada di dalam kandungan sangat membutuhkan nutrisi. Lantas, bagaimana mencukupi kebutuhan nutrisi ketika Anda mengalami hiperemesis gravidarium saat hamil?

Bagaimana cara mencukupi kebutuhan nutrisi saat mengalami hiperemesis gravidarium?

Hiperemesis gravidarum adalah mual dan muntah di masa kehamilan dengan frekuensi serta gejala yang jauh lebih parah dibandingkan morning sickness. Gejalanya pun bisa muncul sepanjang hari, bukan di pagi hari saja. Tercatat ada beberapa penderita hiperemesis gravidarum yang mengalami mual hingga 50 kali dalam sehari.

Hiperemesis gravidarum tidak boleh diabaikan dan harus ditangani secara medis. Selain dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, kondisi ini juga dapat berpengaruh buruk pada kesehatan fisik dan psikologis ibu hamil, serta pertumbuhan bayi di dalam kandungan karena tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Namun, risiko-risiko tersebut bisa dihindari jika Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi di masa kehamilan Anda. Lalu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

1. Penuhi kebutuhan vitamin B6

Hiperemesis gravidarum, menurut American Family Physician, terjadi pada 200 kehamilan. Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika Anda mengalami hiperemesis gravidarium adalah mengendalikan rasa mual dan muntah Anda agar tidak semakin parah dan membuat Anda dehidrasi atau kekurangan nutrisi.

Mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah, menurut Australian Family Physician, Anda hanya perlu memenuhi kebutuhan vitamin B6. Asupan harian yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang mengalami kondisi ini adalah 25 miligram vitamin B6 yang harus Anda dapatkan tiga  kali sehari.

Vitamin B6 memiliki peran penting dalam tubuh, vitamin ini membantu tubuh menggunakan makanan untuk dijadikan energi, membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan membentuk hemoglobin.

Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin B6 dari makanan seperti beras merah, gandum, ikan, daging ayam atau bebek, kacang-kacangan, dan sayuran yang berwarna hijau. Jika Anda ingin mengonsumsi vitamin B6 dari suplemen atau multivitamin, pastikan dulu Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

2. Konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat

Menurut Journal Obstetric & Gynecology, ibu hamil yang mengalami hiperemesis gravidarium harus mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan kaya protein dibandingkan mengonsumsi lemak atau asam lemak.

Makanan tinggi karbohidrat ini bisa Anda temui pada makanan seperti pasta, roti, beras, biskuit dan sereal. Makanlah sedikit demi sedikit atau buat dalam porsi yang kecil tapi sering seperti satu atau dua jam sekali. Jangan banyak minum supaya cairan tubuh tetap seimbang.

3. Pilih makanan tinggi energi

Hiperemesis gravidarium mungkin membuat Anda jadi sulit makan. Namun di satu sisi, Anda harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah tetap konsumsi makanan yang paling mudah Anda makan yang tidak menimbulkan rasa mual.

Pilihlah makanan yang tinggi energi dan protein, produk susu sangat disarankan untuk Anda yang mengalami kondisi ini.

Anda bisa memilih yogurt yang dicampurkan ke buah, melelehkan mentega di atas sayuran, mengoles mentega dan selai untuk roti bakar Anda, atau minum susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda di saat Anda mengonsumsi sedikit makanan.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Memasuki minggu ke-16, janin akan semakin aktif bergerak. Namun, menjelang persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Apa sebabnya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Detak jantung janin mulai berdegup di sekitar minggu keenam kehamilan, tapi kadang suaranya masih terlalu lemah untuk Anda bisa dengar. Kapan waktunya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

demam tanda hamil

Apakah Demam Dapat Berarti Salah Satu Tanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Jessica Yulianti
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit